10 Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut dari berbagai masalah, sebaiknya kamu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dengan benar. Terdapat berbagai cara dalam membuat gigi kamu sehat dengan mudah dan murah pastinya. Maka dari itu, jika ingin memiliki senyum indah menawan, maka kamu harus tahu 10 cara menjaga kesehatan gigi berikut ini.

  1. Minumlah Kopi, Teh dan Alkohol Secukupnya

Segala yang berlebihan pasti tidak akan baik untuk kesehatan, maka kopi dan the boleh saja dikonsumsi dalam porsi yang secukupnya. Karena jika berlebihan, bukan hanya gigi yang kesehatannya terancam, namun juga bagian lambung dan bagian tubuh lainnya. Selain kedua hal tersebut, meminum alkohol berlebihan dapat membuat mulut kering dan berbau tidak sedap.

  1. Wajib Membersihkan Gigi dengan Rajin

Perawatan utama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah menyikat gigi dengan rutin dan benar sebanyak 2 kali sehari. Dengan menyikat gigi akan membuat mulut dan gigi kamu bersih dari kuman. Sempurnakanlah dengan berkumur menggunakan mouthwash terbaik sesuai kebutuhan kamu.

  1. Banyak Mengkonsumsi Buah-buahan

Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung serat serta vitamin dan mineral yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan da kekuatan gigi. Hal ini terjadi karena kandungan serat dalam buah-buahan dapat bertindak sebagai sikat gigi alami yang membersihkan sisa-sisa makanan sekaligus mengusir bakteri di mulut. Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C antara lain adalah jeruk, jambu biji, stroberi dan buah kiwi.

  1. Konsumsi Pula Banyak Sayuran

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga mengandung banyak serat alami yang dapat membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan plak. Selain serat, sayuran juga mengandung vitamin A yang membantu pembentukan lapisan email gigi. Contoh sayuran yang banyak mengandung vitamin A adalah wortel, brokoli dan labu.

  1. Memakan Biji Bunga Matahari dan Biji Wijen

Tahukah kamu bahwa biji bunga matahari dapat membantu mencegah bau mulut. Biji wijen juga dapat berguna untuk menghilangkan plak pada gigi, selain itu biji wijen juga dapat memperkuat tulang dan gigi karena mengandung kalsium.

  1. Meminum Susu dan Produk Olahan Lainnya

Meminum susu dapat membuat gigi dan tulang menjadi kuat karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Namun, ternyata olahan susu seperti yoghurt dan keju juga mengandung kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  1. Menyikat Gigi dengan Air Lemon

Dalam cara menjaga kesehatan gigi yang lainnya adalah dengan membuatnya terlihat putih berkilau. Air lemon mengandung asam sitrat yang dapat membuat gigi tampak lebih putih. Caranya adalah dengan rajin menyikat gigi menggunakan air lemon yang dicampur dengan garam.

  1. Rajin Flossing

Setelah menyikat gigi dan berkumur, alangkah baiknya untuk menyempurnakan proses menyikat gigi dengan melakukan flossing. Flossing dalam hal ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip diantara gigi dan gusi. Lakukan dengan benar agar gigi tidak terluka.

  1. Periksa Kebersihan Sikat Gigi

Sikat gigi sebagai alat pembersih gigi merupakan suatu aspek yang penting sehingga harus dijaga kebersihannya. Maka dari itu, janganlah menggunakan sikat gigi yang telah dipakai lebih dari 2 bulan. Gantilah secara rutin dan jauhkan dari toilet.

  1. Menggunakan Produk Pemutih Gigi

Jika kamu kurang puas dengan hasil memutihkan gigi dengan air lemon, maka tidak ada salahnya untuk mencoba produk pemutih gigi yang banyak dijual di pasaran. Namun, sebaiknya kamu konsultasi dulu ke dokter gigi untuk mengetahui produk pemutih gigi seperti apakah yang baik untuk kamu.

Nah, setelah mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dengan benar maka sebaiknya dipraktekkan secara langsung agar bisa langsung terasa manfaatnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *