3 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Layak Coba

makanan untuk ibu menyusui

www.awalsehat.nestle.co.id

Prioritas hidup ketika ada manusia kecil berkembang dalam rahim bunda adalah kesehatan perempuan itu sendiri. Mengingat keduanya saling bergantung dalam menjalani hidup sembilan bulan kedepan, tentu perhatian lebih sangat diperlukan. Ada banyak cara menjaga kesehatan, mulai dari olahraga hingga konsultasi dokter. Namun, secara mendasar satu hal yang benar-benar diperlukan bunda adalah makanan sehat untuk ibu hamil.

Sayangnya, banyak pasangan kebingungan memilih bahan makanan untuk ibu hamil. Mungkin ketiga jenis bahan dibawah ini bisa jadi inspirasi:

  1. Salmon
    Penduduk laut telah dikenal dengan reputasi makanan sehat. Rasanya, keberkahan dunia terpendam di tengah lautan luas. Wajar saja, sebagin besar isi planet bumi tidak dihiasi dengan daratan melainkan birunya air. Bahkan, anggota laut yang tidak bergerak seperti rumput laut saja terbukti memberikan kesehatan.

    Terlepas dari reputasi bintang lima yang disandang penduduk laut, banyak orang tidak menyarankan perempuan hamil untuk konsumsi seafood atau makanan yang berasal dari laut. Argumen yang sering diberikan adalah tingginya kadar merkuri yang ditemukan pada ikan, terutama kategori Hiu, pedang, dan banyak lagi.

    Daratan punya oksigen sedangkan laut punya merkuri. Umumnya, merkuri dikenal sebagai bahan utama dalam kosmetik illegal. Sebetulnya merkuri justru sering ditemukan pada ikan. Tidak hanya laut, bahkan ikan pada danau, dan sungai sekalipun bisa saja mengandung merkuri. Bahaya dimulai ketika tubuh manusia terutama perempuan mengolah merkuri yang bisa menghambat pertumbuhan sel.

    Ada satu anggota keluarga laut yang mendapat hak istimewa yakni salmon.Ikan berwarna merah ke-oranye ini justru disarankan masuk dalam menu sehat ibu hamil. Layaknya tipe ikan yang lain, salmon tidak lepas dari merkuri. Kendati demikian penelitian membuktikkan fungsi salmon jauh lebih berarti dibanding resiko merkuri yang ditanggungnya. Kandungan salmon berupa Omega 3, merupakan nutrisi yang bertanggung jawab pada fungsi otak.

Ingin anak terlahir cerdas? Mungkin ini saatnya mempertimbangkan hidangan ikan salmon untuk makan sehari-hari.

  1. Keluarga kacang tanah
    Apa yang tersembunyi jauh lebih hebat dari apa yang terlihat, mungkin gambaran tepat untuk anggota kacang. Selain laut, bahan makanan yang patut mendapat pertimbangan adalah tumbuhan yang memilih bersembunyi dalam tanah. Bagaikan pertapa yang meninggalkan gemerlap tampilan dunia, kacang sepertinya berhasil menyerap ilmu kehidupan, atau dalam konteks ini, memberikan kesehatan bagi pengkonsumsinya.

    Alasan utama mengapa kacang sangat bagus untuk kehamilan adalah asam folate atau vitamin B, kalsium, dan serat yang tinggi.

    Tidak banyak orang membahas mengenai asam folat, kecuali pada produk yang berkaitan dengan perkembangan janin. Hal ini dikarenakan fungsi asam folat tak lain dan tak bukan adalah membantu perkembangan sel janin. Terlebih pada trimester pertama dimana ‘mekanisme janin’ sedang sibuk-sibuknya membangun organ dalam dan fondasi tubuh utama.

    Demi memperkuat kenapa seorang bunda sebaiknya mengkonsumsi asam folat, penelitian disenggelarakan. Hasilnya, memang, asam folat punya hubungan dengan normal atau tidaknya bayi. Resiko down syndrome, cacat pada tali pusar, sangat mungkin diminimalisir bunda yang gemar memberi asupan vitamin B.

    Kalsium tidak perlu ditanya lagi akan kegunaannya. Iklan produk, kuliah umum, atau mungkin gambar yang berhubungan dengan tengkorak seringkali menjelaskan siapa dan apa itu kalsium, baik tersurat maupun tersirat. Ya, kalsium merupakan mineral yang bertanggung jawab atas pertumbuhan tulang.

    Tulang ibarat kerangka pada sketsa. Kalau tubuh sampai punya tulang lembek, atau mungkin bengkok, bisa dibayangkan sendiri betapa sulit pengobatan yang harus dilakukan, dan tantangan hidup yang harus dijalani. Bagi janin yang masih dalam perkembangan, jelas, sadar bahwa kalsium satu-satunya sumber utama dalam pembangunan tulang. Jangan heran, bila janin secara gamblang mengambil porsi kalsium bunda tanpa peduli apakah tubuh bunda sedang butuh atau tidak.

    Diare menjadi masalah yang cukup meresahkan bagi perempuan hamil. Longgarnya tulang pinggul, membuat frekuensi pembuangan kotoran tubuh meningkat pesat. Harapannya tentu saja, bunda tidak kesulitan dalam proses pembuangan, meskipun pada banyak kasus tetap saja tekstur ‘pup’ yang keras tidak terhindarkan.

    Serat sangatlah berguna dalam mencegah pembentukan kotoran manusia yang terlalu keras. Orang yang menyenangi makanan berserat tinggi cenderung sejahtera dalam fase buang air besar. Tentunya serat tersebut dapat ditemukan dalam keluarga kacang. Jangan remehkan, walau bentuknya kecil, kacang mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan.

  2. Sayur mayur hijau
    Salah satu warna yang kurang mengundang selera terletak pada warna hijau pekat. Berbeda dengan warna terang nan kontras atau warna yang sangat gelap, hijau tua terletak di antara keduanya. Terlebih, makanan warna hijau identik dengan rasa pahit maupun hambar, membuat impresi pertama cukup buruk.

    Terlepas dari warna yang kurang menarik di mata, manfaat tersembunyi dalam sayur mayur sangat layak dipertimbangkan. Dari semua bahan makanan, sayur berwarna hijau pekat tergolong makanan yang sangat kaya akan mineral dan vitamin. Mulai dari vitamin A, C, kalsium, zat besi, dan potassium.

    Mineral dan vitamin dibutuhkan tubuh bagaikan mobil membutuhkan kerangka dan mesin. Vitamin bertanggung jawab menjaga kinerja tubuh sedangkan mineral memegang peranan pembangunan tubuh. Bila asupan keduanya seimbang maka dipastikan tubuh mampu bekerja dengan baik.

    Kelebihan sayuran tidak jauh berbeda dengan kacang. Sayuran terkenal dengan seratnya yang tinggi sehingga mampu meningkatkan metabolisme dengan baik. Terlebih lagi sayur mayur berasa hambar, sangat cocok dipadukan dengan jenis makanan sehat untuk ibu hamil.(HN)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *