4 Pertanyaan Wajib Konsultasi Tentang Kehamilan Saat Ke Dokter Kandungan

konsultasi tentang kehamilan

www.ibudanbalita.com

Konsultasi tentang kehamilan tidak bisa Anda naggap sepele. Bukan berarti ketika Anda sudah hamil beberapa kali lantas tidak menggap penting hal seperti ini. Banyak hal yang harus Anda konsultasikan dengan dokter kandungan, terutama terkait dengan kesehatan Bunda serta tumbuh kembang janin yang sedang Bunda kandung.

Namun sayangnya beberapa calon ibu kurang menyadari begitu pentingnya konsultasi masalah kehamilan dengan dokter kandungan atau bidan. Padahal ini bisa berpengaruh besar terutama pada janin yang ada di dalam kandungannya.

Dan meskipun Anda sebelumnya sudah memiliki pengalaman tentang kehamilan, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan konsultasi. Sebab apa yang Anda rasakan dulu saat hamil belum tentu sama dengan apa yang Anda rasakan saat ini.

Memang pengalaman yang dulu saat Anda hamil bisa sangat membantu, Namun tetap saja mengkonsultasikan tentang kehamilan Anda saat ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar bagi diri Anda dan calon bayi yang sedang Anda kandung.

 Urgensi Konsultasi Kehamilan

Memangnya sebera pentingkah melakukan konsultasi kehamilan selama masa kehamilan? Sangat disarankan para ibu hamil untuk lebih cerewet dengan dokter kandungannya atau dengan bidannya pada saat memeriksakan kandungannya.

Keluarkan semua keluh kesah yang Anda rasakan. Jangan hanya memendamnya sendiri. Namun tentunya harus yang berkaitan dengan topik kehamilan. Ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa membantu Anda dalam menjaga diri Anda sendiri dan janin yang sedang Anda kandung.

Jangan terlalu percaya dengan ‘katanya’, sebab terkadang solusi masalah kehamilan cocok untuk yang memberikan informasi tersebut namun belum tentu cocok untuk Anda dan janin yang sedang Anda kandung.

Banyak hal yang harus Anda  konsultasikan terkait dengan kandungan Anda. Terutama terkait dengan usia kandunga, menu makanan, kesehatan Anda dan janin, serta topik lain yang bisa mendukung tumbuh kembang janin yang sedang Anda kandung.

Untuk itulah kenapa konsultasi terkait kehamilan ini menjadi sangat urgen untuk selalu Anda lakukan selama masa kehamilan. Jangan pernah malu menanyakan apapun itu yang berhubungan dengan Anda dan janin.

4 Pertanyaan Wajib Saat ke Dokter Kandungan

Banyak para ibu hamil yang merasa bingung ingin bertanya soal apa saat tiba jadwal berkunjung ke dokter kandungan atau ke bidan. Supaya kunjungan ke dokter kandungan atau ke bidan benar-benar bermanfaat, Anda bisa mengajukan 4 pertanyaan penting saat ke dokter kandungan di bawah ini.

Berapakah usia kehamilan saya?

Pertanyaan ini sangat penting untuk selalu Anda ajukan. Meskipun sebelumnya Anda sudah tahu sekalipun. Kenapa demikian, ada beberapa hal berbeda yang harus ibu hamil lakukan selama fase kehamilan berlangsung.

Hal ini juga erat kaitannya dengan tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan Anda. Mendukung tumbuh kembang bayi pada trimester pertama tentu saja berbeda dengan pada saat usia kehamilan sudah berada di trimester kedua dan ketiga.

Untuk itulah kenapa menjadi sangat penting untuk selalu mengajukan pertanyaan yang satu ini saat tiba waktu Anda harus berkunjung ke dokter kandungan atau ke bidan. Sekali lagi jadilah crewet selama masa kehamilan Anda.

Pemeriksaan apa saja yang harus saya lakukan?

Terutama pada awal kehamilan, banyak sekali pemeriksaan yang harus ibu hamil lakukan. Setelah pemeriksaan selesai upayakan untuk melakukan konsultasi terkait kandungan juga. Siapa tahu ada hal yang menggaggu pikiran Anda.

Pada awal kehamilan, pemeriksaan darah sangat dianjurkan, meliputi komponen HB, lekosit, trombosit, dan juga hematokritnya. Hal seperti ini dimaksudkan untuk mengetahui keadaan dari ibu hamil di saat awal kehamilannya secara laboratorium.

Pemeriksaan secara ritun juga dibutuhakn oleh ibu hamil untuk mengetahu kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Sehingga pada saat ada sesuatu yang bisa mengancam ibu dan janin bisa langsung segera dicari solusinya.

Apakah kehamilan saya normal atakah ada kelainan?

Pada saat konsultasi tentang kandungna, jangan pernah merasa takut untuk bertanya tentang kondisi kehamilan. Apakah normal atau ada kelainan. Jika memang normal, tugas Anda tinggal menjaganya dan apabila ada kelainan tentunya bisa langsung dicarikan solusinya.

Jika memang ada kelainan atau ketidaknormalan, pastikan juga apakah sifat dari ketidaknormalan atau kelainan tersebut minor atau mayor. Dan jika diprediksi kondisi ini bakal memburuk, misalnya saja kelainan ini dapat menyebabkan kematian atau kelainan berat, selanjutnya bisa dipikirkan tindakan terminasi ataukah pengakhiran kehamilan.

Memang tampak sedikit menakutkan, namun meskipun seperti itu Anda tidak boleh mengabaikan hal-hal semacam ini. Setiap orang pasti ingin ibu dan beserta bayinya sehat dan tidak ada masalah, namun Anda juga harus ingat kondisi seperti ini bisa saja terjadi.

Bolehkah saya mengkonsumsi suplemen? Atau suplemen apa sajakah yang harus dikonsumsi?

Untuk memastikan kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan, biasanya dokter akan menganjurkan untuk mengkonsumsi suplemen kehamilan. Contohnya saja suplemen yang kaya akan asam folat saat usia kehamilan trimester pertama.

Hal ini tidak lain lantaran ibu  hamil pada trimester pertama ini kebutuhan asam folatnya sangat tinggi, sebab asam folat ini selain sangat dibutuhkan oleh tumbuh kembang janin juga bisa mencegah terjadinya cacat bawaan pada janin.

Selalu mengkonsultasikan masalah kehamilan dengan dokter kehamilan atau dengan bidan merupakan keharusan bagi ibu hamil selama masa kehamilannya. Maka dari itu jangan pernah malu dan ragu untuk konsultasi tentang kehamilan karena itu juga untuk diri Anda sendiri dan bayi yang sedang Anda kandung.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *