5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan di Muay Thai

Manfaat Muay Thai

sumber: http://muaythaieducation.com

Semua orang sepertinya sedang jatuh hati pada Muay Thai ya, Boys. Sanggar olahraga tinju asal Thailand tersebut selalu dipenuhi dengan banyak penggemar baru baik pria dan wanita yang ingin bertubuh bugar. Selain karena memang sedang populer, sebenarnya apa sih, manfaat Muay Thai yang bisa didapatkan untuk tubuh? Simak ulasannya berikut ini, ya.

Sebagai penyejuk kardiovaskular

Kardiovaskular adalah sistem peredaran dalam tubuh yang menyangkut organ-organ penting dan sangat vital. Karena itu, sangat diperlukan pendingin agar peredaran darah tetap berjalan dengan sebagaimana fungsinya. Nah, Muay Thai ini memiliki gerakan yang sangat baik sebagai penyejuk sistem kardiovaskular kamu. Dengan latihan lanjutan, tubuh kamu akan beradaptasi dengan segala jenis olahraga. Bonusnya, kinerja jantung kamu akan meningkat secara sehat.

Meningkatkan kekuatan kaki

Menendang dan footwork memainkan peran yang sangat besar dalam olahraga Muay Thai. Salah satu gerakan khas dalam Muay Thai adalah tendangan round house. Ternyata, gerakan ini sangat bagus untuk memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah, lho. Dengan berlatih berbagai tendangan dan gerak kaki yang ada dalam gerakan Muay Thai, setiap otot di tubuh bagian bawah kamu akan mendapatkan keuntungan dan peningkatan kekuatan.

Mengencangkan otot perut

Alasan kuat ikut Muay Thai selanjutnya adalah karena olahraga ini juga membantu menguatkan dan mengencangkan otot inti kamu. Otot inti terletak pada bagian perut. Well, semua orang ingin memiliki perut yang kencang, rata dan datar, bukan? Jadi, tak peduli apakah kamu sebelumnya memiliki perut six pack atau tidak, rajin berlatih Muay Thai akan menguatkan otot inti dalam tubuh kamu.

Meningkatkan pergerakan pinggul

Ini memang tidak akan kamu dapatkan hanya dalam beberapa latihan saja. Namun, gerakan dalam Muay Thai dapat membantu meningkatkan mobilitas pinggul kamu. Jangan underestimate. Hanya dengan memiliki pinggul yang sehat saja kamu akan terselamatkan dari rasa sakit serius dan kondisi-kondisi medis lain yang mengerikan di kemudian hari, lho. Namun ingat, harus sesekali diselingi dengan gerakan peregangan agar otot pinggul tak semakin kaku dan mudah lelah.

Mengurangi stres

Mungkin ini adalah manfaat Muay Thai yang paling penting. Beberapa dari kamu mungkin sedang mengalami stres yang menumpuk akibat urusan pekerjaan dan lainnya hingga rasanya ingin menghajar orang. Ok, lakukanlah, Boys. Tapi dengan cara yang positif dan bermanfaat seperti di Muay Thai. Lampiaskan pukulan dan tendangan sekeras mungkin saat berlatih Muay Thai. Percayalah, perasaan kamu akan membaik dan pikiran juga lebih jernih.

Kendati alasan kuat ikut Muay Thai di atas cukup menggiurkan, kamu tetap harus beradaptasi dan menyesuaikan dengan tingkat kebugaran kamu saat kamu memutuskan untuk memulai. Dan ingat, berlatih olahraga apapun selalu ada risiko cedera. Jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan personal trainer kamu ketika memulai setiap latihan fisik baru. Selamat mencoba, Boys!

Source: http://breakingmuscle.com/kickboxing-boxing/the-top-5-benefits-of-muay-thai

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *