6 Cara Ampuh Menjaga Kebersihan Mulut

Wacana tentang cara menjaga kebersihan mulut sudah menjadi topik yang tidak pernah pudar. Mereka yang masih remaja hingga berusia lanjut tentu akan terus berusaha agar mulut tetap bersih dan wangi. Tentunya, dengan wangi yang tak sedap, kehidupan sosial seseorang akan terganggu. Tak hanya perkara sosial, tak menjaga kesehatan gigi dan mulut tentu menyebabkan beberapa penyakit bersarang di dalamnya.

Mulut merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat penting karena kita menggunakannya untuk berbicara, makan dan juga minum. Terlebih lagi, semua yang masuk ke dalam mulut akan menjadi bakteri. Oleh karena itu, agar terhindar dari isu pergaulan dan sakit gigi, kita bisa menyimak beberapa cara menjaga kebersihan mulut ini.

  1. Cara paling mudah dan sudah banyak diketahui khalayak adalah menyikat gigi 2x sehari setelah sarapan dan sebelum pergi tidur di malam hari. Untuk bayi, gunakan kain yang lembut dan gosokkan pada permukaan gigi juga gusi dengan perlahan. Cara menyikat gigi juga harus diperhatikan karena jika terlalu keras akan melukai gusi dan menyebabkan radang. Karenanya, pilihlah sikat gigi yang memiki bulu kombinasi lembut dan keras dan gosokkan 8x.
  1. Setelah menggosok gigi, gunakan juga floss untuk menjangkau area yang sulit seperti sela-sela gigi. Makanan yang tipis biasanya akan bersarang di antara gigi dan jika tidak dibersihkan tentu menyebabkan perkembangan bakteri sehingga bau mulut dan flek akan muncul. Potong benang floss sepanjang 2 inci dan pakai dengan cara menariknya ke bagian luar dan dalam mulut sambil membentuk gerakan huruf U.
  1. Gunakan pasta gigi dengan kandungan floride yang dapat membantu pembentukan email gigi dan mengurangi risiko pengeroposan. Floride bekerja dengan memasuki pori-pori permukaan gigi lalu mengeras.
  1. Jangan lupa untuk berkumur setelah menyikat dan membersihkan gigi menggunakan cara menjaga kebersihan mulut dengan berkumur memang lebih efektif karena cairan kumur memiliki komposisi pembunuh kuman sehingga tak hanya bakteri di area gigi dan sela-sela saja yang dibersihkan melainkan seluruh dinding mulut. Bayangkan jika seluruh bagian mulut bersih dari kuman, rasanya sangat melegakan, bukan?
  1. Kunyah permen karet tanpa kandungan gula di dalamnya agar mulut terus menghasilkan air liur yang dapat membantu membersihkan bakteri dari partikel makanan dan asam di dalam mulut. Mengurangi kandungan gula dalam makanan juga perlu dilakoni karena sebagian besar bakteri berasal dari glukosa makanan. Jika memang mengonsumsi makanan manis, segera hilangkan bakterinya dengan minum air putih dan menggosok gigi. Agar tak terus- menerus mengonsumsi makanan manis, lebih baik alihkan pilihan makanan menjadi buah-buahan dengan kandungan glukosa yang lebih sehat. Selain mengandung gula yang jelas lebih bermanfaat untuk tubuh, serat buah juga membantu membersihkan gigi.
  1. Gigi tak bisa hanya bergantung pada pasta gigi ber-fluoride sehingga diperlukan makanan dengan zat besi di dalamnya seperti susu, keju dan sayur-mayur.

Semua langkah di atas bisa dilakukan sedari dini sejak anak berusia 2 tahun agar giginya tumbuh dengan kuat dan sehat. Jangan lupa untuk terus melakukan keenam cara menjaga kebersihan mulut di atas karena mulut dan gigi yang sehat tentu membuat Anda lebih percaya diri. Dengan kepercayaan diri tentu membuat Anda bersemangat menjalani hari-hari dan bertemu dengan orang-orang tersayang. Selamat mencoba dan edukasi teman-teman juga, ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *