6 Cara Mencegah Bau Mulut

Cara mencegah bau mulut

www.listerine.co.id

Pada sebuah survei yang dilakukan lembaga wakefield. 71 persen koresponden mengatakan nafas bau menurunkan tingkat kepercayaan diri. Sedangkan persentase lebih tinggi menunjukkan aroma mulut mempengaruhi kelancaran atau keberlangsungan kencan pertama. Berita buruk bukan? Berita baiknya adalah jaman sekarang ada banyak cara mencegah bau mulut yang hanya normal bagi anjing.

1. Kunyah kunyah

Senjata terbaik kamu dalam perang melawan bau mulut adalah air liur. Air liur tidak hanya kaya oksigen (musuh terbesar bakteri anaerobic, penyebab bau mulut) air liur juga mencegah mulut dari kering dan membantu mengeluarkan partikel makanan yang terjebak di sela gigi. Untuk mendorong produksi air liur, sering seringlah mengkunyah buah atau sayur berserat tinggi seperti wortel, apel, dan seledri atau mengkunyah permen karet bebas gula terutama jika permen karet mengandung xylitol, sebuah substitusi gula yang tidak hanya meningkatkan produksi air liur namun juga mengurang pembentukan plak.

2. Sikat lidah

Menyikat dan flossing sama baiknya tapi keduanya hanya mampu membersihkan 25 % dari mulut. Lidah, terutama, memiliki banyak ruang untuk tempat tinggal bakteri bakteri penyebab bau (bahkan 80% kasus bau mulut disebabkan karena bakteri bakteri yang bersemayam dalam lidah) jadi menggunakan sikat lidah akan memaksa bakteri tersebut pergi.

3. Simpan kapulaga

Jika kamu mencari alternatif penyegar nafas efektif yang tidak merogoh kocek terlalu banyak, kenapa tidak mencoba membawa kapulaga di kantong kamu kemanapun kamu pergi? Dengan demikian ketika mulut kamu mulai mengeluarkan aroma tidak sedap, kamu bisa langsung mengkunyah kapulaga. Selain kapulaga memiliki aroma menenangkan ternyata kandungan minyak dalam kapulaga terkenal karena kemampuan antiseptik dan anti mikroba.

4. Pastikan kadar hidrasi kamu bagus

Tidak ada hal lain yang memperparah bau mulut selain mulut yang terlampau kering dank unci untuk mempertahankan tingkat kelembaban mulut tetap terjaga adalah kadar hidrasi yang baik. Daripada memaksakan diri meminum air putih tanpa akhir, ada

baiknya menjaga kadar hidrasi dengan memakan banyak buah atau sayur kaya air yang mampu melepaskan kelembaban dengan lebih stabil.

5. Berkumur

Obat kumur bekerja sangat baik dalam menyegarkan nafas dan mengeluarkan partikel kulit tapi karena alkohol bisa mengeringkan kondisi mulut, pastikan obat kumur pilihan kamu bebas alkohol. Atau jika masih ingin hasil lebih maksimal cobalah berkumur menggunakan beberapa tetes tea tree atau peppermint oil ke dalam gelas berisi air hangat. Berkumur minimal 2 kali sehari.

6. Kenali musuh kamu

Sangat umum diketahui jika bawang dan daun bawang bisa memperparah bau mulut (terima kasihlah pada kandungan komponen sulphurous dalam bawang), namun biang kerok yang tidak terlalu terlihat termasuk kopi, sampanye, permen atau makanan manis (bakteri mendapat energy dari gula), alkohol (membuat mulut kering), dan produk sapi sapian, karena tidak ada yang lebih parah dari mengubah protein berharga menjadi komponen penyebab nafas bau. Kurangi atau malah hindari sepenuhnya.

Itu tadi beberapa cara mudah yang bisa langsung di praktikan dalam kehidupan sehari hari. Memang segala sesuatu dengan hasil yang baik jarang sekali memakan waktu cepat, namun membutuhkan proses cukup panjang dan rutin. Jadi terus saja lakukan rutinitas pencegahan bau mulut kesukaan kamu sampai akhirnya nanti bakteri bakteri atau faktor lain penyebab bau mulut tidak lagi mendekat pada kamu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *