7 Cara Cegah dan Atasi Gigi Berlubang Tanpa ke Dokter

Banyak cara mencegah gigi berlubang yang bisa kamu lakukan. Salah satu cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter gigi. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk menemui dokter gigi, kan?

Nah, ternyata cara mencegah gigi berlubang agar tidak membesar ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus pergi ke dokter, lho! Caranya pun tidak susah dan bahkan cenderung mudah untuk dilakukan. Daripada penasaran, langsung saja, yuk!

Vitamin A, D, E dan K

Cara mencegah gigi berlubang agar tidak sakit adalah dengan memperbanyak konsumsi vitamin A, D, E dan K. Vitamin-vitamin tersebut merupakan sumber kalsium, magnesium dan mineral penting yang ampuh mengurangi rasa sakit jika gigimu sudah berlubang. Ingat juga, jangan mengunyah di bagian gigi yang berlubang agar saraf tidak tersenggol, ya.

Konsumsi Keju

Sudah bukan rahasia lagi bahwa keju mengandung banyak vitamin dan nutrisi terutama untuk kebutuhan kalsium yang bagus untuk tulang dan gigi. Ini bisa menjadi salah satu cara mencegah gigi berlubang yang mungkin bisa menyerang gigi kamu. Jadi, pastikan untuk memasukkan keju ke dalam menu makanan sehatmu, ya!

Minum Kaldu Tulang

Kaldu tulang memiliki sejumlah manfaat yang bagus untuk gigi karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Mengonsumsi kaldu tulang ayam, kambing maupun sapi secara rutin merupakan cara mencegah gigi berlubang agar tidak membesar. Selain itu, kaldu tulang juga mengandung anti peradangan sehingga tidak membuat gigi yang sudah berlubang terasa sakit.

Mengoleskan Minyak Kelapa

Tidak hanya buah kelapa yang kaya manfaat, minyak kelapa ternyata juga berperan bagus untuk merawat gigi berlubang, lho. Dengan mengoleskan minyak kelapa di bagian gigi yang berlubang, itu bisa menjadi cara mencegah gigi berlubang agar tidak sakit. Minyak kelapa membantu menenangkan saraf dan meredakan nyeri. Jadi, oleskan setiap pagi di gigi berlubang, ya!

Stop Gula Halus

Cara mencegah gigi berlubang selanjutnya adalah dengan berhenti mengonsumsi gula halus. Gula halus seperti yang terdapat pada donat atau dessert lainnya dapat menimbulkan plak yang kemudian menjadi karang gigi dan akhirnya melubangi gigi kamu. Boleh makan manis, namun yang cermat dalam memilih makanan, ya!

Pasta Gigi dengan Kandungan Re-mineralisasi

Pasta gigi dengan kandungan re-mineralisasi memang tidak enak rasanya, seperti berkapur dan berpasir. Namun pasta gigi ini jauh lebih baik dibanding pasta gigi lainnya yang mengandung banyak deterjen yang bisa saja memperparah nyeri gigi berlubang kamu.

Obat Kumur Anti Bakteri

Obat kumur anti bakteri seperti LISTERINE mengandung bahan-bahan terbaik yang dikenal bagus untuk cara mencegah gigi berlubang. Jika gigimu sudah berlubang, obat kumur gigi anti bakteri berguna untuk menyingkirkan kuman jahat penyebab rasa nyeri, plus untuk membuat napasmu lebih segar.

Terlepas dari 7 tips di atas, kamu juga tetap harus menemui dokter gigi untuk mengetahui apakah gigimu sehat dan bebas lubang. Cara-cara di atas hanya untuk membantu kamu mencegah dan mengatasi sakit dan ngilu akibat gigi berlubang. Nah, semoga informasi cara mencegah gigi berlubang di atas bermanfaat untuk kamu dan membuat kamu semakin peduli kesehatan gigi dan mulut, ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *