Akibat Plak dan Cara Menghilangkan Plak pada Gigi

Plak gigi jika dibiarkan terjadi akan mengakibatkan radang gusi, yang membuat menderita dengan tingkat keperahan yang berbeda-beda. Dalam mengatasi plak tersebut ada berbagai cara menghilangkan plak pada gigi yang bisa dilakukan.

Tanda-tanda dari radang gusi adalah gusi berwarna merah mengkilat, licin, tidak rapi, nampak menggembung dan pada keadaan yang parah akan berdarah jika disentuh bahkan dapat terjadi pendarahan spontan jika dalam keadaan yang lebih parah. Maka, sebaiknya Anda mengetahui bagaiman cara membersihkan plak pada gigi agar tidak terjadi masalah yang telah disebutkan diatas.

Sebelumnya, mungkin kebanyakan orang belum tahu akan bahaya yang ditimbulkan dari plak pada gigi. Bau mulut dan radang gusi merupakan sebagian kecil bahaya karena efek bakteri yang berkembang biak dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Selain itu, plak pada gigi juga dapat menyebabkan gigi Anda sensitif atau linu. Hal ini terjadi karena karang gigi yang tertimbun pada leher gigi akan menyebabkan gusi mengecil yang mengakibatkan bagian leher gigi yang seharusnya tertutup gusi menjadi terbuka dan menjadi sangat sensitif terhadap suhu dan sentuhan.

Ketika masalah akibat plak gigi ini terjadi, efek selanjutnya adalah gangguan pencernaan serta pernapasan. Bau mulut dan radang pada gusi pasti akan membuat Anda malas untuk makan sehingga hal ini akan membuat pencernaan Anda terganggu. Untuk bentuk dari plak gigi tersebut, sebenarnya tidak akan jelas diketahui sampai plak tersebut mengeras. Pada awal terbentuknya plak gigi berwarna kuning yang menempel pada sela-sela gigi. Jika dibiarkan terlalu lama akan berubah menjadi warna coklat kehitaman. Plak gigi dapat diperburuk dengan kebiasaan merokok, minum kopi dan minum teh.

Setelah mengetahui akan akibat plak dan bagaimana pembentukan plak itu sendiri, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi berupa penanganan yang benar.

Maka hal pertama yang dilakukan adalah menyikat gigi secara teratur dan benar. Dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.

Kedua, biasakanlah pada diri Anda untuk berkumur air putih setelah makan. Hal ini dilakukan untuk menimalisir menempelnya sisa makanan pada gigi.

Ketiga, cobalah untuk membersihkan sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss agar sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dapat dibersihkan.

Keempat, berkumur dengan menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi. Ini dilakukan untuk menyempurnakan sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Kelima, makanlah buah dan sayur yang mengandung banyak serat. Buah dan sayur yang mengandung banyak serat dapat membantu proses pembersihan pada gigi.

Terakhir, usahakan untuk melakukan konsultasi rutin ke dokter gigi selama 6 bulan sekali untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda. Ketika muncul plak atau karies pada rongga mulut Anda juga dapat segera ditangani.

Nah, setelah mengetahui banyak akan bahaya plak gigi dan cara membersihkannya. Anda pasti akan berusaha untuk mencegah plak itu terjadi bukan? Karena sebaik-baiknya pengobatan adalah mencegahnya. Maka demikianlah akibat plak gigi dan cara menghilangkan plak pada gigi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda akan plak gigi yang terkadang sering diabaikan oleh masyarakat banyak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

One Comment

  1. You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be actually something that I think I would never understand.
    It seems too complicated and very broad for me. I
    am looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *