Aktivitas Seru Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Hamil Muda

aktivitas untuk ibu hamil muda

infobunda.platechno.com

Mumpung sedang hamil muda, sebaiknya Anda melakukan aktivitas yang menyenangkan. Ketika perut sudah membesar, gerakan semakin terbatas dan tidak semua aktivitas bisa Anda lakukan lagi.

Beberapa kegiatan berikut ini sangat disarankan untuk dilakukan ketika kehamilan baru menginjak usia muda. Tentu saja bukan tanpa alasan. Kegiatan tersebut tidak hanya menyenangkan tetapi juga sangat baik untuk ibu hamil muda.

Kegiatan Yang Disarankan Saat Hamil Muda

Secara fisik, belum ada yang berubah saat kehamilan muda. Jadi, bisa dikatakan masih banyak kegiatan yang masih bisa Anda lakukan. Meskipun demikian, Anda harus hati-hati. Anda harus ingat ada janin di dalam rahim. Sementara rahim belum begitu kuat, maka beberapa kegiatan yang melibatkan gerakan fisik tidak disarankan untuk Anda lakukan.

Berikut ini kegiatan yang baik untuk dilakukan saat hamil muda.

  • Jalan-Jalan Di Mall

Tiga atau empat bulan lagi mungkin Anda sudah bisa melakukan hal ini. Kalaupun Anda melakukannya, Anda akan cepat merasakan lelah mengingat kondisi perut yang semakin membesar.

Ketika kehamilan baru memasuki trimester pertama, maka tidak salah jika Anda meluangkan waktu untuk jalan-jalan di mall. Anda bisa ajak suami atau teman untuk menemani. Jangan sampai Anda sendirian ya. Karena jika terjadi sesuatu, ada orang lain yang bisa membantu.

Jalan-jalan di mall ini sama seperti jalan sehat. Ini kegiatan yang baik untuk menjaga kebugaran. Banyak sekali ibu hamil muda yang merasa malas. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor hormonal. Padahal, mulai awal kehamilan, kebugaran harus selalu dijaga. Oleh sebab itu, cara yang mudah dan menyenangkan untuk menjaga kebugaran adalah jalan-jalan di mall.

  • Relaksasi

Massage memang tidak disarankan. Dikhawatirkan ada bagian tubuh tertentu yang dipijat yang ternyata berpengaruh terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.

Namun, tidak dengan relaksasi. Biasanya, relaksasi ini satu paket dengan massage. Anda bisa pilih relaksasi saja dan tidak perlu meminta untuk di massage.

Relaksasi ini akan menghindarkan Anda dari stres. Banyak wanita hamil muda yang stres. Ini dipengaruhi oleh produksi hormon progesterone dan estrogen yang naik selama masa kehamilan. Dan untuk meredakan stres, Anda bisa pergi ke tempat relaksasi. Pilih aroma terapi yang menenangkan.

  • Yoga

Bolehkah ibu hamil muda ikut yoga? Sebenarnya ada yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Jadi, yoga seperti ini tidak hanya aman tapi justru disarankan untuk Anda ikuti.

Biasanya, gerakan yoga untuk ibu hamil muda sangat terbatas mengingat kondisi janin yang belum sempurna dan rahim yang belum benar-benar kuat. Dengan mengikuti kelas yoga, Anda bisa melewati masa kehamilan muda dengan lebih baik dan lancar.

  • Membaca Buku

Ada kebiasan baik yang dilakukan oleh orang Yahudi yang bisa Anda tiru. Selama masa kehamilan, kebanyakan ibu hamil Yahudi membaca buku. Apapun buku ia baca. Bahkan, ada juga yang mengerjakan matematika dasar. Kegiatan ini ternyata mempengaruhi perkembangan otak janin yang masih ada di dalam kandungan.  Jadi, siapkan buku-buku favorit Anda dan biasakan untuk membaca buku khususnya ketika masa kehamilan muda.

Lalu, mana kegiatan yang akan Anda lakukan?

Tanda-Tanda Keguguran Saat Hamil Muda

Tidak sedikit wanita yang sedang hamil muda membatasi kegiatan setiap hari. Mereka khawatir bayi yang mereka kandungan mengalami keguguran. Mereka sering mendengar berita di mana bayi mengalami keguguran ketika sedang dikandung baru beberapa hari.

Anda harus waspada. Namun, kewaspadaan Anda tidak lantas membuat Anda merasa terkekang dan terbatasi. Kegiatan tersebut di atas jelas bukan penyebab keguguran.

Yang perlu Anda ketahui adalah tanda-tanda ternyata keguguran saat hamil muda. Berikut ini beberapa tanda-tanda yang perlu Anda waspadai.

  • Munculnya Flek

Keluarnya bercak darah pada celana dalam saat hamil muda merupakan hal yang wajar. Hal tersebut bisa disebabkan proses janin yang mulai menempel pada rahim sehingga membuat rahim mengeluarkan darah. Akan tetapi, keluarnya darah ini menjadi berbahaya jika terjadi terus menerus. Ini yang sering disebut dengan flek. Flek inilah salah satu tanda bayi mengalami keguguran.

  • Kram Pada Perut

Kehadiran janin di dalam rahim biasanya menyebabkan otot pada perut merenggang. Ibu hamil muda biasanya merasakan kram pada perut. Jika kram ini hanya sesekali terjadi, maka itu tidak masalah. Namun, apabila kram terjadi begitu hebat dan sering terjadi, maka itu kemungkinan tanda-tanda keguguran.

  • Tidak Merasa Mual

Umumnya, wanita yang sedang hamil muda mengalami mual atau yang disebut dengan morning sickness. Mual ini disebabkan oleh naiknya produksi hormon progesterone. Hanya saja, level mualnya berbeda-beda. Ada yang biasa tapi ada juga yang parah. Yang dikhawatirkan adalah ketika Anda tidak merasa mual. Kemungkinan produksi hormon tidak meningkat padahal hormon tersebut diperlukan oleh janin untuk berkembang. Jika janin kekurangan hormon, bukan tidak mungkin janin gagal berkembang dan akhirnya keguguran. Ini bisa ditandai dengan tidak adanya rasa mual yang biasanya dialami oleh ibu hamil muda.

Tentu semua itu hanya tanda atau gejala saja. Untuk memastikan apakah kondisi janin berkembang atau tidak, pemeriksaan USG diperlukan. Anda bisa datang ke dokter anak atau bidan yang bisa melakukan pemeriksaan menggunakan alat USG. Anda juga bisa mendengarkan pengalaman para ibu di forum ibu dan balita tentang bagaimana rasanya ketika sedang hamil muda. Mungkin juga ada ibu yang bisa menceritakan ketika bayi yang mereka kandung mengalami keguguran.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *