Anak 1 tahun Susah Makan, Apa Yang Harus Bunda Lakukan ?

Anak Susah Makan

parentinganak.com

Anak 1 tahun susah makan adalah suatu permasalahan yang biasa dikeluhkan oleh para orang tua. Berbagai cara yang dilakukan seakan tidak mampu dalam mengatasi anak tidak mau makan. Bahkan sering juga para ibu menjadi tertekan dan pusing dalam menghadapi si kecil. Para ibu selalu merasa khawatir tentang kecukupan gizi anaknya. Belum lagi bila anak sulit makan atau memilih makanan apa yang dia inginkan.

Saat anak berusia 1 tahun, Anda sudah bisa memberikan makanan padat untuk pendamping ASI. Pada waktu ini Anda harus lebih teliti dalam memperhatikan pola makan si kecil. Mulai dari memberi sari buah, bubur susu, kemudian bertahap ke tekstur makanan yang lebih padat misalnya saja nasi tim, dan lain sebagainya. Namun proses ini tidak selalu berjalan dengan baik, ada beberapa penyebab yang bisa membuat anak Anda susah makan. Pada umumnya hal ini terjadi saat usianya memasuki tahun pertama.

Masalah tersebut umumnya seperti menolak saat diberi makanan, tidak mau dengan sayur, hanya ingin makan yang hanya satu jenis saja, atau mengemut makanan dengan waktu yang lama. Keadaan ini tentu akan membuat ibu cemas tentang asupan kecukupan gizi si anak, sebab mereka masih dalam masa pertumbuhan. Penyebab si kecil susah makan biasanya karena faktor psikis  dan faktor fisik. Faktor fisik misalnya saja yaitu gangguan  pada organ pencernaan ataupun adanya infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis yaitu gangguan psikologis pada anak, misanya saja kondisi rumah tangga yang tidak harmonis, suasana makan yang tidak  menyenangkan, belum pernah makan bersama orangtua dan keluarga, ataupun si kecil dipaksa memakan makanan yang tidak dia inginkan.

Penyebab Anak 1 Tahun Sulit Makan

Berikut ini beberapa penyebab anak sulit makan;

  1. Mulut anak yang bermasalah

Hal ini memang sedikit sulit untuk diketahui oleh para orang tua sebab Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana cara anak Anda menelan dan mengunyah makanan mereka. Kondisi ini tidak berlaku untuk anak yang telah berusia 2 sampai 3 tahun, sebab pada usia tersebut si kecil sudah dapat makan makanan yang sama dengan orang dewasa. Berbagai tanda bahwa sk kecil mungkin tidak mengunyah dengan baik yaitu ia akan tersedak setelah makanan sudah di mulut mereka untuk beberapa waktu, menyemburkan makanan ketika sudah dikunyah, atau memuntahkan makanan yang telah dia makan. Mereka juga mungkin mempunyai kesulitan menyusu dan sulit beradaptasi dengan makanan yang lain. Beberapa anak akan mulai menolak untuk makan sebab mereka tidak tahu bagaimana cara untuk mengunyah atau merasa takut bila nanti muntah lagi ketika mereka makan.

2.Rutinitas Makan Yang Tidak Baik

Tentu semua orang mempunyai  kebiasaan makan yang baik  dan secara rutin. Jika Anda sering melakukan apa yang nyaman untuk Anda ,namun hal ini terkadang tidak berlaku pada si kecil dan justru rutinitas makan terganggu. Apabila waktu makan Anda sendiri tidak teratur, tentu waktu maka anak Anda semakin berantakan. Hindari makan didepan TV atau anak Anda akan mengikuti kebiasaan tersebut, jika ia makan didepan TV maka konsentrasinya untuk makan akan terganggu. Apabila mereka tidak makan dengan tepat  atau bersedia untuk mencoba makanan, sedikitnya rutinitas makan bisa menjadi alasan ia tidak mau makan.

  1. Tingkah Laku Si Kecil

Tingkah laku merupakan hal terakhir yang harus Anda ketahui sebagai orang tua. Bagi anak-anak yang mempunyai riwayat menjadi picky eaters, perilaku merupakan  bagian dari teka-teki, namun umumnya itu sudah berkembang dari salah satu alasan sulit makan pada anak. Perilaku anak-anak yang termasuk dalam picky eaters yaitu  menangis atau melempar  sesuatu untuk memperoleh makanan yang mereka inginkan.

Semua anak akan melewati berbagai tahap perkembangan yang berbeda, hal tersebut mereka lakukan hanya untukmenguji kesabaran Anda dan Anda dapat mengantisipasi mereka pada waktu makan. Setelah keadaan ini berakhir, akan tiba waktunya dimana mereka benar-benar mempunyai kontrol sendiri terhadap makan. Beberapa jenis tahap  ini merupakan masalah kecil dan terjadi hanya beberapa waktu saja.

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Bagaimana cara mengatasi anak tidak mau makan? Beberapa cara berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

-Menyajikan makanan dalam porsi sedikit.

Anda harus mengetahui bahwa lambung anak Anda belum bisa menampung makanan terlalu banyak, oleh karena itu Anda bisa memberikan makanan sedikit saja untuknya.

-Membuat variasi makanan.

Anda bisa membuat beberapa pilihan menu makanan, kemudian biarkan anak Anda memilih makanan yang ia inginkan dan ia sukai. Pada umumnya si kecil lebih suka dengan makanan pilihannya.

– Sajikan makanan semenarik mungkin

Setelah Anda menyajikan banyak menu pilihan makanan, Anda bisa menyajikan dengan tampilan yang lebih menarik. Contohnya, Anda bisa mencetak nasi goreng dalam cetakan bentuk binatang atau bentuk yang lainnya.

– Jadikan momen yang menyenangkan ketika makan

Anda harus menghindari dalam menghukum, mengancam, atau menakuti anak supaya ia bisa makan lebih banyak. Hal ini akan membuatnya merasa bahwa ketika makan adalah waktu  yang kurang menyenangkan. Selain itu, bisa juga menimbulkan trauma psikologis untuk si kecil.

– Makan secara teratur

Anda bisa mengatur waktu makan secara teratur, supaya anak Anda terbiasa dengan waktu makannya. Seperti halnya dengan waktu tidur, mandi dan lain-lainnya. Hal ini memang cukup bagus dalam mengatasi anak 1 tahun susah makan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *