Apa Makna Belajar Sambil Bermain?

Belajar sambil bermain

E-BookSkart

Belajar sambil bermain saat ini sudah sangat populer dan tidak jarang sebuah tempat belajar sudah menggunakan metode ini. Mulai dari golongan pelajar, mahasiswa, guru bahkan hingga dosen sudah menerapkan hal tersebut. Namun metode ini sangat jarang di terapkan di SD, SMP, SMA dan di universitas tertentu.

Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk mendapatkan suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Sedangkan bermain merupakan  tindakan atau sesuatu dengan alat untuk bersenang-senang. Belajar dengan cara ini disebut sebagai metode pembelajaran yang efektif. Sedangkan metode pembelajaran merupakan  salah satu dari beberapa unsur adanya efektivitas pendidikan dan pelatihan.

Metode ini umumnya digunakan sebagai pelengkap penerapan berbagai strategi atau jenis pembelajaran lain. Hal yang perlu diingat oleh anak didik yang ingin memainkan permainan dengan baik adalah  mempelajari permainan itu dengan sungguh-sungguh untuk  menambah kemungkinan dalam meraih sukses. Suatu permainan biasanya memperlihatkan penampilan yang sederhana dalam situasi kehidupan nyata yang kompleks dan permainan ini  merupakan ringkasan berbagai unsur pilihan dari kehidupan nyata dan oleh sebab itu memungkinkan pelajar menjalankan unsur-unsur pilihan ini satu-persatu  dengan mudah. Suatu permainan mencakup partisipasi aktif dan oleh sebab itu ia mungkin lebih efisien dibandingkan pengajaran yang diterima secara pasif.

Bermain Dan belajar Untuk Para Balita

Dunia balita merupakan  masa dimana anak-anak berusia 4 sampai 5 tahun yang  senang untuk bermain sambil belajar. Seiring dengan bertambahnya usia anak, maka rasa penasaran dan penasarannya akan semakin bertambah juga. Oleh sebab itu, anak-anak akan mulai belajar mengenal dan mengenal lingkungan sekitarnya melalui bermain. Walaupun di usia balita anak belum mengetahui berbagai hal yang berarti untuk kehidupannya. Hanya saja sebagai orangtua Anda tentu harus memberikan permainan yang bukan  hanya membuat anak terhibur, akan tetrapi juga sebuah permainan yang bisa membuat anak selalu aktif sehingga tubuhnya tetap sehat.

Hal  yang terpenting ialah permainan yang  bisa mendidik anak dan membuatnya menjadi cerdas. Ada berbagai macam permainan kreatif yang dapat  dilakukan bersama dengan anak-anak baik didalam rumah ataupun diluar rumah. Bermain bersama anak akan memberikan dampak yang positif untuk perkembangan mental anak dan melatih kecerdasan emosional anak karena bisa  mempererat ikatan kasih sayang antara orang tua dengan anaknya. Namun ada beberapa hal yang sebaiknya harus Anda perhatikan dalam bermain dengan anak, teruma anak balita.

Belajar Sembari Bermain Untuk Anak Usia 5 tahun Keatas

Berikut ini beberapa jenis permainan yang tepat untuk anak diusia 5 tahun lebih;

  • Bermain Puzzle Sederhana

    Belajar sambil bermain

    E-BookSkart

Para orangtua sebetulnya tidak harus selalu membelikan puzzle terlalu mahal untuk anak. Hanya saja terkadang anak-anak gampang bosan diberikan puzzle yang sama terus menerus. Sebenarnya, puzzle buatan sendiri yang sederhana juga dapat  menyenangkan untuk anak, apalagi bila anak terlibat dalam pembuatan puzzle tersebut. Untuk membuat puzzle sederhana orangtua dapat membuatnya dari gambar yang digunting dari majalah atau internet dengan gambar yang beragam lalu ditempel di kertas karton. Anda dapat menggunting kertas karton tersebut menjadi beberapa bagian besar dan ajarkan anak untuk menyatukan puzzle sederhana seperti contoh yang ada. Hal ini akan menguji kecerdasan anak dalam menyatukan bagian-bagian hilang supaya menjadi satu bentuk puzzle.

  • Menebak Berbagai Benda

Untuk melakukan permainan ini Anda akan memerlukan beberapa hal seperti kantong yang tidak tembus pandang dan benda-benda atau mainan anak-anak, misalnya saja mobil-mobilan, motor-motoran, gantungan kunci, penggaris, pensil dan lain sebagainya yang mana berbagai benda ini nantinya akan dimasukan pada kantong tersebut. Cara bermainnya Anda dapat mengacak kantong-kantong tersebut dan meminta anak untuk menutup matanya, lalu menebak apa yang ada dalam kantong tersebut dengan menginzinkan anak untuk meraba dan memegang benda tersebut setelah itu menebaknya. Permainan ini akan bisa  merangsang motorik halus anak lewat kegiatan meraba benda dan melatih indera penciuman anak.

  • Menggambar dan Mewarnai

Alat yang diperlukan untuk permaianan ini cukup buku gambar, pensil dan pensil warna. Setelah itu Anda dapat meminta anak untuk menggambar dan mewarnai sebuah objek pada si kecil dan biarkan mereka bereksplorasi dengan apa yang mereka lihat. meskipun gambar yang dibuat anak tidak akan digambar terlau bagus, akan tetapi  hal yang terpenting yaitu  usaha anak untuk mencoba.

  • Ular Tangga

Mainan yang sederhana dan mudah didapatkan namun mempunyai  nilai edukasi pada anak usia 4 sampai 5 tahun. Peranan media mainan seperti ular bisa menjadi mainan yang meningkatkan daya imajinasi dan juga belajar berhitung untuk  anak Anda. Bahkan dengan permainan ular tangga anak Anda bisa  mempertajam memori anak dan kemampuan visualisasi.

  • Monopoli

Permainan kedua yang bisa  mengasah memori dan kemampuan visualisasi yaitu permainan monopoli. Bahkan permainan yang dilakukan secara berkelompok ini bisa meningkatkan sosialisasi yang tinggi dengan teman sebaya. Anak anda bisa bermain berkelompok dan belajar bermain strategi. Walaupun sekarang permainan monopoli dan ular tangga sudah beralih oleh permainan game online.

  • Sepeda

Sepeda roda tiga merupakan salah satu mainan anak  yang menyenangkan. Selain bermain anak juga bisa sambil berolahraga. Dengan mainan sepeda akan mudsh dilatih keseimbangan bahkan saat anak sudah pandai dalam menjaga keseimbangan dan mengayuh sepeda maka anak Anda bisa  dilatih menggunakan sepeda roda dua. Dengan belajar sambil bermain menggunakan sepeda anak Anda akan dilatih menyempurnakan kemampuan keseimbangannya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *