Apa Saja Yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 11 Bulan? Simak Ulasan Berikut Ini !

Perkembangan bayi 11 bulan memang merupakan perkembangan yang lebih cepat dari bulan sebelumnya. Sebab, pada masa ini hanya perlu menunggu satu bulan lagi maka si kecil akan melewatkan tahun pertama sejak ia terlahir kedunia ini. Perkembangan dan pertumbuhannya juga akan menunjukkan bahwa bayi Anda sudah bertambah usianya. Pada bulan ini, bayi Anda akan mulai memperlihatkan sikap individu dan sosialnya. Si kecil juga akan mulai memerlukan teman untuk bermain dan mulai belajar berbagai hal.

Pada usia ini bayi Anda akan mulai paham terhadap lingkungan sekitarnya. Kemampuan motorik halus dan motorik kasarnya juga akan semakin berkembang. Selain itu, fisik dan emosionalnya juga semakin berkembang pada perkembangan ini. Disamping itu, pola makan dan cara komunikasinya juga semakin bertambah. Pada bayi yang normal sebenarnya pada usia ini ia mulai mampu berjalan walau masih belum terlalu kuat dan tidak jarang terjatuh.

Untuk Anda sebagai orang tua yang mempunyai bayi, tentu saja melihat tumbuh kembang anak merupakan hal yang sangat menyenangkan dan juga ditunggu-tunggu. Memperhatikan tiap tingkah menarik dan kejutan setiap hari karena perkembangannya yang pesat merupakan hal menyenangkan dan tidak pernah Anda peroleh tanpa kehadiaran si kecil. Setiap pertambahan usianya tentu saja si kecil selalu menikmati perkembangannya dan sebagai orang tua Anda harus selalu memantau perkembangan bayi Anda. Oleh karena itu, pengetahuan tentang perkembangan bayi sangat Anda perlukan untuk catatan Anda dalam menilai seberapa jauh bayi Anda tumbuh dan berkembang secara normal.

Disamping itu, mengetahui tahap perkembangan pada bayi juga berguna untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang biasa  terjadi padasi kecil. Dengan mengetahui perkembangannya, maka Anda juga bisa melihat apakan bayi Anda berkembang secara normal atau tidak. Dengan begitu ini merupakan solusi bila Anda menemukan masalah pada bayi Anda di usia tertentu. Anda juga bisa segera melakukan stimulasi atau konsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi Anda.

Perkembangan Bayi 11 Bulan Dalam Hal Kemampuan Motorik

Perkembangan kemampuan motorik halus adalah terjadinya berbagai gerakan kecil yang dibuat oleh si kecil menggunakan bagian-bagian tubuhnya. Perkembangan motorik halus pada bayi usia 11 bulan ini umumnya ia akan mulai suka memainkan mainan yang ia pegang di kedua tangannya. Selain itu, bayi Anda juga senang mengeluarkan dan memasukkan mainan dari tempatnya. Pada usia ini 11 bulan ini bayi Anda mulai dapat mengulurkan pergelangan tangannya dan memanipulasi mainannya saat bermain. Disamping itu, bayi yang akan mulai bisa memegang mainan menggunakan semua jarinya.

Untuk benda kecil ia sudah bisa memegang dengan ibu jari dan telunjuk. Selain itu , bayi Anda juga bisa merasakan perbedaan permukaan benda halus dan kasar dengan telapak tangannya sendiri. Stimulasi dalam perkembangan ini harus Anda lakukan untuk melatih dan mendidik serta merangsang perkembangan bayi Anda. Stimulasi yang bisa Anda lakukan pada usia bayi 11 bulan yaitu Anda bisa melatih keterampilan jari jemarinya dengan membiarkan ia makan sendiri tanpa bantuan dari Anda maupun orang lain. Disamping itu, latihan mengguling dan melempar mainan balok juga akan melatih kecepatan dan kekuatan tangannya.

Dalam melatih kecepatan jari jemarinya, Anda juga dapat memberikan mainan yang di masukan ke dalam wadah dan biarkan si kecil mengeluarkan semua isinya, lalu memasukanya kembali. Selain memberikan stimulasi, Anda juga perlu memastikan bahwa mainan yang diberikan kepada bayi Anda aman. Perkembangan kemampuan motorik kasar merupakan perkembangan berbagai gerakan besar yang dibuat oleh si kecil menggunakan kaki, tangan, atau semua bagian tubuhnya. Pada usia 11 bulan, bayi Anda akan semakin memperlihatkan kecerdasannya dalam perkembangan motorik kasar. Saat ini ia sudah bisa duduk dengan seimbang tanpa bantuan Anda maupun orang lain.

Bahkan saat ini ia dapat memutar posisi  tubuhnya ketika sedang duduk dan ini akan terlihat saat Anda mendudukan si kecil.  Dari belakang Anda bisa memanggil bayi Anda maka ia akan merespon dengan memutar balik tubuhnya. Kemampuan berjalannya masih harus dilatih lagi pada tahap ini, walau sudah lebih baik dari bulan sebelumnya akan tetapi keseimbangannya dalam berjalan masih belum baik. Disamping itu, pada usia ini bayi Anda sudah bisa membungkukkan badannya ke arah duduk ketika ia dalam posisi berdiri. Stimulasi yang bisa Anda berikan untuk perkembangannya pada usia iniyaitu dengan melatihnya berjalan secara benar.

Perkembangan Bayi 11 Bulan Dalam Hal Kemandirian

Perkembangan bahasa yang terjadi pada usia bayi 11 bulan akan semakin bertambah. Pada usia ini bayi mulai dapat meniru bahasa yang di ajarkan orang yang ada di sekelilingnya. Pada usia ini ia mulai mampu mengucapkan berbagai kata sederhana dan biasa didengarnya, misalnya saja  kata dada, papa, atau mama. Dari pengalaman maka ia  akan menyadari bahwa dengan berteriak maka bayi Anda akan mencuri perhatian orang yang ada di sekelilingnya. Disamping itu, pada usia ini ia akan mulai tau siapa namanya. Hal ini dapat dibuktikan saat Anda memanggil namanya maka ia akan tersenyum senang sebagai tanggapannya.

Semakin bertambah usia bayi Anda, maka kemampuan dalam dirinya juga  akan semakin berkembang. Dengan perkembangan tersebut, maka perkembangan kemandiriannya juga akan semakin bertambah pula. Pada usia ini, bayi Anda sudah dapat menggunakan kemampuan tangan dan jari jemarinya dengan maksimal. Sehingga bila terus dilatih ia akan bisa melakukan berbagai hal kecil dengan sendirinya, misalnya saja makan atau ganti baju. Ketika akan dipakaikan baju maka ia akan mulai mampu diajak kerjasama, tanpa dipaksa ia akan mengangkat tangannya saat dipakaikan baju dan mengangkat kakinya ketika akan dipakaikan celananya. Kemampuan ini merupakan perkembangan bayi 11 bulan yang paling menonjol.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *