Apakah Anda Akan Melakukan Hal Aneh Ini Ketika Terjadi Fenomeno Equinox?

Fenomena Equinox

Pada bulan ini, tepatnya tanggal 21 Maret 2017, Indonesia akan mengalami fenomena Equinox. Mungkin Anda sudah mendapatkan pesan berantai melalui Whatsapp atau media sosial di mana Anda harus hati-hati menghadap kejadian tersebut.

Dari berbagai informasi yang datang dari beberapa sumber, kebanyakan bernada peringatan ketika terjadi Equinox beberapa hari lagi ini. Pada saat itu, temperature mencapai sangat tinggi, mencapai 40 derajat Celsius. Sementara itu, Indonesia rata-rata berada pada suhu 32 hingga 36 derajat Celsius. Maka udara akan sangat panas sekali ketika terjadi fenomena Equinox ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika langsung membuat konfirmasi mengenai fenomena yang terjadi dua kali setiap tahun ini. Kenaikan suhu hingga 40 derajat Celsius tersebut kemungkinan kecil terjadi di Indonesia. Jadi, masyarakat diharapkan tidak terlampau khawatir dengan adanya fenomena alam bernama Equinox ini.

Ini berbeda sekali dengan fenomena Heat Wave. Fenomena yang terjadi Afrika ini memang membuat belahan bumi bagian Afrika mengalami suhu panas dalam kurun waktu yang cukup lama. Namun, Equinox ini berbeda dengan Heat Wave.

Terlepas dari itu, ada beberapa masyarakat yang melakukan kegiatan aneh ketika Equniox ini terjadi. Contohnya saja masyarakat Mexico yang mempercayai bawasannya sinar matahari pertama kali yang mereka dapatkan ketika fenomena Equinox terjadi merupakan sinar yang bisa mengusir roh jahat. Maka dari itu, mereka akan pergi ke kuil ketika masih gelap dan segera berdoa agar sinar matahari muncul dan mengusir roh jahat.

Berbeda dengan masyarakat di Negeri Matahari Terbit Jepang. Bagi mereka, Equinox merupakan momen di mana perjalanan para leluhur mereka sudah sampai pada nirwana. Itulah mengapa di Jepang, biasanya Equinox ini dijadikan sebagai hari libur nasional. Ini menjadi tanda penghormatan masyarakat Jepang kepada leluhur.

Hal beda dilakukan oleh orang China. Apakah keturunan China yang ada di Indonesia juga melakukan hal ini? Tidak ada yang tahu. Mungkin saja ada. Yang pasti, orang China menganggap Equinox merupakan masa di mana bumi memiliki gaya gravitasi yang unik. Kabarnya, telur bisa berdiri tegak pada saat itu tanpa harus dipegang. Dan itu adalah masa di mana mereka bisa mendapatkan kesuksesan.

Tentu saja Anda bisa percaya atau tidak. Anda juga boleh melakukan hal tersebut. Akan tetapi, yang pasti, saat fenomena Equinox ini terjadi, sangat disarankan agar Anda membawa air putih kemanapun Anda berada. Meskipun suhu di Indonesia tidak sampai 40 derajat Celsius, namun ada kemungkinan Anda bisa dengan mudah mengalami dehidrasi.

Selain membawa air putih, ada baiknya Anda gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal. Ini juga bisa dijadikan salah satu cara agar Anda tidak mudah dehidrasi. Anda pun akan merasa lebih nyaman dengan pakaian tipis ketika fenomena alam tersebut terjadi.

Ada baiknya Anda siapkan beberapa buah-buahan yang segar di rumah. Ini bisa menjadi cemilan menyegarkan. Anda bisa jadikan jus buah atau Anda konsumsi buah tersebut secara langsung.

Bagi Anda yang sering melakukan kegiatan di luar rumah, mungkin Anda akan lebih cepat merasa haus. Akan tetapi, Anda perlu menghindari minuman bersoda dan minuman yang manis walaupun minuman tersebut terlihat sangat menyegarkan. Pada kenyataannya, minuman bersoda serta minuman yang terlalu manis justru membuat Anda lebih mudah mengalami dehindrasi. Semoga informasi ini bisa membuat kegiatan Anda tidak tergangga ketika terjadi fenomena Equinox.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *