Apakah Diare Disebabkan Susu Bayi?

susu anak

Image Source: Baby Center

Sebenarnya terlalu dini untuk membuat kesimpulan bawasannya diare yang dialami oleh si kecil disebabkan oleh susu anak. Harus dipahami juga banyak sekali penyebab diare yang dialami oleh balita, tidak hanya susu.

Akan tetapi, harus diakui jika susu menjadi salah satu penyebabnya. Penanganan yang tepat akan bisa dilakukan jika ibu mencari tahu apa yang sebenarnya menjadi penyebab balita diare. Apakah benar karena susu atau karena yang lain.

Penyebab Utama Diare Pada Balita

Susu balita itu hanya sebagai media saja. Sama halnya dengan makanan. Keduanya hanya palantara di mana bakteri masuk ke dalam sistem pencernaan. Dan bakteri inilah yang sebenarnya menjadi penyebab utama diare yang dialami oleh balita. Jadi, sekarang ibu setidaknya sudah memiliki gambaran apa yang seharusnya ibu lakukan, bukan?

Jadi, kurang tepat jika anak mengalami diare dan akhirnya ibu menghentikan memberikan susu balita. Yang lebih tepat adalah ibu harus mengatasi bagaimana menghancurkan bakteri yang menjadi penyebab diare.

Di dalam tubuh balita, terdapat dua jenis bakteri. Yang pertama adalah bakteri baik dan yang kedua adalah bakteri jahat. Bakteri baik menguraikan sisa makanan sehingga dibuang melalui buang air besar. Sementara itu, bakteri jahat merusak sistem pencernaan sehingga makanan yang seharusnya diserap oleh tubuh dimakan oleh bakteri tersebut. sehingga, tubuh balita tidak mendapatkan nutrisi apapun. Apa saja nutrisi yang tepat untuk balita? Anda bisa simak di Awal Sehat Nestle.

Dan salah satu cara agar bakteri jahat bisa dibasmi adalah dengan memperkuat bakteri yang baik. Inilah yang seharusnya ibu lakukan untuk mengatasi masalah diare yang dialami oleh si kecil.

Kenapa Banyak Yang Menganggap Susu Penyebab Diare

Memang kebanyakan orang tua akan menyalahkan susu. Mereka menganggap susu untuk balita lah yang menjadi penyebab diare. Dan akhirnya pemberian susu mereka hentikan.

Tentu saja ada kemungkinan susu menjadi penyebab diare. Susu yang terkontaminasi bakteri bisa menyebabkan diare. Bakteri ini bisa mengkontaminasi susu dengan banyak cara. Bisa disebabkan ibu menaruh di tempat yang tidak higienis, di bawah terik sinar matahari, atau di tempat yang lembab. Atau ibu memilih susu balita yang kemasannya kurang bagus.

Sangat disarankan agar ibu memberikan susu anak terbaik, yaitu Lactogrow. Selain kaya akan nutrisi yang baik untuk perkembangan anak, susu juga terjamin kehigienisannya sehingga tidak akan ada bakteri jahat yang bisa mengkontaminasi susu tersebut.

Jadi, ibu harus memilih susu balita yang terbaik. Selain itu, pastikan susu tersebut disimpan di tempat yang higienis sehingga tidak terkontaminasi bakteri. Maka ibu tidak lagi akan mengatakan jika diare yang dialami oleh si kecil disebabkan oleh susu.

Membasmi Bakteri Jahat Di Dalam Sistem Pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bakteri jahat lah yang masuk ke dalam sistem pencernaan dan akhirnya mengakibatkan penyakit diare. Dan cara yang tepat untuk mengatasi diare adalah dengan membasmi bakteri jahat tersebut. Bagaimana caranya?

  • Mengkonsumsi Susu

Bukannya dihentikan tapi ibu harus memberikan lebih banyak susu untuk anak. Pasalnya, di dalam susu tersebut, terdapat probiotik yang dibutuhkan oleh bakteri baik di dalam sistem pencernaan agar lebih kuat. Dengan demikian, bakteri baik bisa dengan mudah membasmi bakteri jahat.

 

  • Mengkonsumsi Makanan Berserat

Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi diare pada balita adalah dengan memberikan makanan berserat. Beberapa masalah penceraan seperti susah buang air besar dan juga diare disebabkan balita kekurangan serat. Jadi, ibu bisa pertimbangkan untuk memberikan menu makanan yang mengandung serat.

Beruntung sekali karena ibu tinggai di Indonesia. Banyak sekali makanan yang mengandung serat. Berbagai jenis sayuran hijau mengandung serat yang sangat tinggi. Selain itu, ibu juga bisa memberikan bermacam-macam buah-buahan. Mudah sekali, bukan?

 

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sebenarnya, apapun masalah kesehatan yang dialami oleh balita lebih disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah. Oleh sebab itu, penyakit seperti diare bisa diatasi dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

Bahkan, ibu harus tahu, ini merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah masalah-masalah kesehatan yang sering dialami oleh balita. Sistem kekebalan tubuh akan diperkuat dengan cara memberikan menu makanan yang bergizi. Namun, yang tak kalah penting lagi adalah kadar nutrisi dalam tubuh harus seimbang.

Sekarnag ibu sudah tahu, kan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi diare?

Hati-Hati Dehidrasi

Diare akan menyebabkan balita mengalami dehidrasi. Pasalnya, banyak sekali cairan yang dikeluarkan melalui feses. Untuk itu, ibu harus pastikan si kecil tidak mengalami dehidrasi.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *