Aplikasi Kalkulator Kesuburan Online

kalkulator kesuburan

caracepathamil.biz

Tidak boleh pesimis jika sampai sekarang Anda belum dikaruniai keturunan. Coba gunakan kalkulator kesuburan. Pada intinya, yang perlu Anda lakukan adalah mengenai kapan masa subur Anda sehingga pada saat itulah Anda sebaiknya melakukan hubungan suami istri. Dengan harapan, saat Anda melakukan hubungan pada masa subur, maka kemungkinan untuk hamil tinggi.

Menggunakan Kalkulator Kesuburan

Sebenarnya, hal ini bisa Anda pelajari di buku-buku kebidanan. Atau Anda bisa tanya langsung ke bidan bagaimana cara menentukan masa subur.

Namun, sekarang ini sudah ada aplikasi kalkulator kesuburan yang tersedia di banyak situs online salah satunya Ibu dan Balita. Cari kategori aplikasi dan Anda akan menemukan kalkulator online untuk menghitung masa subur Anda.

Apa yang harus Anda persiapkan? Ada dua data yang diminta untuk Anda masukkan ke dalam aplikasi tersebut; yaitu hari pertama haid terakhir dan lama siklus haid. Sayangnya, hasilnya kurang valid jika masa haid Anda tidak teratur. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk Anda coba. Anda perlu memasukkan lama siklus haid rata-rata saja.

Sangat mudah sekali untuk menggunakan aplikasi kalkulator kesuburan ini. Silakan Anda coba.

Bagian Dari Ikhtiar

Tentu saja Anda tidak mengandalkan kalkulator ini saja. Anda harus ingat bahwasannya ini hanya bagian dari ikhtiar atau usaha saja agar Anda bisa segera hamil. Pada prinsipnya, kalkulator ini akan menunjukkan kepada Anda kapan masa puncak subur Anda.

Namun, Anda juga harus tahu kehamilan itu tidak hanya dipengaruhi oleh masa subur saja. Kualitas hormon juga tak kalah penting.

Itulah mengapa pasangan suami istri yang harus menjaga kesehatan. Makanan harus dijaga agar kualitas hormon baik dan mereka segera mendapatkan momongan. Usahakan Anda tidak minum minuman beralkohol dan merokok. Sedikit demi sedikit kurangi juga mengkonsumsi fast food. Nutrisinya sangat rendah sehingga secara tidak langsung akan mengurangi kualitas hormon.

Selain kualitas hormon, ada juga faktor lainnya. Terkadang, seorang wanita yang susah hamil mengalami masalah pada rahim. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mencari tahu apakah ada masalah yang menghalangi sperma membuahi sel telur atau tidak. Jika ternyata ada seperti contoh kista, maka Anda harus segera menghilangkan penghalang tersebut.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter kandungan. Anda bisa konsultasi secara secara langsung atau silakan tanya jawab dengan pakar secara online di situs Ibu dan Balita.

Tips Meningkatkan Kesuburan

Sebenarnya, meningkatkan kesuburan itu bukan hanya dari sisi wanita saja, tapi laki-laki juga. Akan tetapi, memang yang lebih penting adalah kesuburan dari pihak wanita.

Setelah Anda mengetahui masa kesuburan dengan menggunakan kalkulator kesuburan online, ikhtiar harus berlanjut, yaitu dengan meningkatkan kesuburan. Bagaimana caranya?

  • Mengkosumsi Makanan Yang Kandungan Asam Folat dan Vitamin E nya Tinggi

Sebenarnya, bukan hanya asam folat dan vitamin E saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Hanya saja, dua nutrisi tersebut memang sangat berhubungan langsung dengan kesuburan.

Menurut pakar kesehatan, asam folat berfungsi untuk melancarkan proses ovulasi. Sementara itu, vitamin E menjaga kualitas sel telur. Mulai sekarang, Anda harus mengkonsumsi makanan yang kandungan asam folat dan vitamin E nya tinggi.

  • Menghindari 5 Hal

Apa saja itu? Rokok, narkoba, alkohol, minuman yang mengandung kafein, dan junk food. Diperlukan komitmen yang tinggi untuk mengindari hal tersebut jika selama ini Anda terbiasa dengan lima hal tersebut.

  • Diet

Tips yang satu ini lebih ditujukan bagi wanita yang memiliki berat badan tidak ideal. Menurut penelitian, wanita dengan berat badan di atas rata-rata lebih sulit mendapatkan keturunan. Hal ini disebabkan lemak berhubungan dengan produksi hormon estrogen.

Diet dalam hal ini bukan berarti menerapkan program untuk menurunkan berat badan saja. Lebih dari itu, yang dimaksud dengan diet ini adalah usaha untuk memiliki berat badan yang ideal.

Tiga hal tersebut di atas sudah cukup untuk Anda lakukan demi bisa segera mendapatkan momongan.

Saran Dari Dokter Kandungan Diperlukan

Sebenarnya tidak ada cara yang paling efektif selain mencoba dan terus mencoba. Ketika bulan ini belum hamil, maka Anda perlu mencoba lagi bulan depan.

Tentu saja Anda harus menggunakan cara yang lebih efektif. Ketahui masa kesuburan dengan cara menggunakan kalkulator kesuburan online dan tingkatkan juga kesuburan Anda.

Jika hal tersebut sudah Anda lakukan namun tidak membuahkan hasil, Anda bisa juga meminta saran dari dokter kandungan secara langsung. Sebenarnya, saran dari dokter kandungan akan sama, yaitu memberitahu jadwal berhubungan suami istri pada masa subur. Akan tetapi, biasanya dokter akan mengobservasi barangkali ada masalah dengan Anda atau suami Anda. Dengan melakukan observasi tersebut, maka masalah akan ditemukan dan solusi akan diberikan.

Selain itu, dokter kandungan juga bisa memberikan resep obat yang tepat untuk Anda. Sebenarnya yang diberikan biasanya bukan obat tapi multivitamin agar kesehatan semakin baik dan kesuburan suami istri semakin meningkat.

Saran dari dokter ini bisa Anda jadikan alternatif terakhir. Selanjutnya Anda bisa mengkonsumsi obat herbal seperti madu kesuburan. Yang pasti, Anda tidak boleh pesimis. Justru perasaan pesimis yang membuat Anda semakin sulit mendapatkan keturunan. Ada baiknya Anda harus menjaga semangat dan optimisme sehingga Anda bisa lebih mudah cepat mendapatkan momongan.

Demikian informasi singkat mengenai kesuburan yang dimulai dari menghitung kesuburan dengan kalkulator kesuburan hingga cara untuk meningkatkan kesuburan. Semoga bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *