Artikel Kesehatan Bayi! Bayi Mogok Minum ASI? Kenali Penyebabnya Dan Cari Solusinya

manfaat asi eksklusif

www.awalsehat.nestle.co.id

Artikel kesehatan bayi kali ini mungkin saja akan sangat membantu bagi para ibu yang saat ini baru merasa kebingungan lantaran buah hatinya tiba-tiba mogok minum ASI.

Tentunya akan sangat berbahaya jika sampai si kecil tidak mau lagi minum ASI. Padahal dalam hal ini ibu sedang memberikan ASI ekslusif untuk si kecil. Dengan demikian sudah pasti jika ASI ini adalah sumber makanan satu-satunya bagi si kecil.

Sebelum mengambil langkah selanjutnya, ibu harus tahu dulu apa penyebabnya si kecil menjadi aneh seperti ini. Barulah nantinya ibu baru bisa mengambil langkah selanjutnya supaya si kecil tidak mogok minum ASI lagi.

Dan bagi Anda yang saat ini sedang mengalami situasi berat seperti ini, Anda sangat beruntung. Sebab artikel kesehatan pada bayi kali ini akan mengulas secara details tentang penyebab bayi tidak mau lagi minum ASI dan bagaimana solusinya.

Penyebab Bayi Mogok Minum ASI

Yang perlu ibu katahui terlebih dahulu adalah tidak selamanya bayi bisa dengan mudah menerima ASI. Bahkan pada beberapa kasus menunjukkan jika ada bayi yang menolak untuk disusui dalam jangka waktu lama (satu bulan) disebabkan berbagai macam alasan yang terkadang sulit dipahami.

Untuk itulah sebagai orang tua menjadi sangat penting untuk sering membaca artikel kesehatan anak seperti ini. Sebab dengan melakukan hal seperti ini, ibu akan tahu langkah seperti apa yang harus diambil.

Pada saat bayi menolak disusui ASI, tanpa ibu sadari ternyata sebenarnya si kecil sedang mencoba memberitahu bahwa ada sesuatu yang berbeda. Memang benar situasi seperti ini tidak selalu mudah. Terlebih lagi untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Berikut ini merupakan beberapa alasan yang mungkin bisa menjadi penyebab mengapa bayi menolak untuk minum ASI.

  1. Nyeri atau tidak nyaman

Perlu ibu ketahui bahwa saat tumbuh gigi, sariawan maupun sakit pilek akan menyebabkan nyeri mulut selama menyusui. Selain itu, adanya infeksi telinga pada bayi juga bisa menjadi penyebab rasa sakit selama mengisap.

Tidak hanya itu saja, kondisi lain seperti halnya cidera ataupun nyeri yang diakibatkan imunisasi juga bisa menjadi penyebab ketidaknyaman pada posisi menyusui tertentu.

Pertaanyaannya adalah bagaimana cara mengatasinya? Pada artikel untuk kesehatan bayi ini nantinya juga akan di bahas seperti apa sikap yang harus dilakukan oleh ibu. Jadi sabar dulu.

  1. Penyakit

Ternyata hidung tersumbat atau pilek akan membuat bayi sulit bernapas selama minum ASI. Sehingga pada akhirnya bayi akan enggan minum ASI lagi.

  1. Stress

Sering tertunda ketika ingin menyusu ataun lama berpisah dari Anda kemungkinan besar juga bisa menjadi penyebab kerewelan dan keengganan bayi untuk menyusu ASI lagi.

Dan bagi Anda yang membaca artikel kesehatan balita seperti ini akan sangat beruntung. Sebab kebanyakan para orang tua tidak menyadari jika hal semacam ini bisa membuat bayi enggan minum ASI lagi.

  1. Aroma Berbeda

Ternyata perubahan bau pada tubuh ibu lantaran parfum, sabun, lotion, ataupun deodoran bisa menyebabkan bayi kehilangan minat lagi untuk menyusu. Selain itu perubahan rasa ASI yang umumnya disebabkan oleh makanan yang ibu makan juga bisa menjadi pemicu bayi enggan minum ASI.

Solusi Untuk Bayi Yang Enggan Minum ASI

Bagi para orang tua memang sangat penting untuk selalu membaca artikel kesehatan untuk anak seperti ini. Apa lagi bagi para ibu yang mengalami kondisi si kecil mogok minum ASI.

Selama si kecil mogok minum ASI, bayi cendering menjauhi payudara ibu dan setelah itu akan diikuti dengan tangisan. Kondisi seperti ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan juga bisa terjadi secara bertahap.

Yang perlu ibu tahu adalah biasanya kondisi seperti ini dalam beberapa hari akan kembali normal lagi. Jadi bayi akan kembali lagi tertarik untuk menyusu ASI dan pada akhirnya akan kembali ke pola menyusu yang normal.

Tetapi terkadang kondisi seperti ini akan terus berlanjut selama beberapa minggu. Jika kondisi seperti ini terus berlanjut, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips mengatasi bayi yang tidak mau minum ASI di bawah ini.

  1. Terus mencoba

Upayakan untuk terus mencoba menyusui si kecil. Terutama pada saat mengantuk. Tetapi jika bayi terus menolak, berhenti dulu lalu cobalah beberapa saat kemudian.

  1. Ubahlah posisi

Dengan membaca artikel kesehatan untuk balita seperti ini ibu jadi tahu dengan mengubah posisi saat menyusui si kecil ternyata bisa membuat kondisi bayi yang mogok minum ASI bisa tertarik dengan ASI lagi. Jadi dalam hal ini ibu caba saja berbagai posisi menyusui. Dan ketika bayi merasa sesak maka coba tempatkan si kecil dam posisi tegak selama ibu menyusuinya.

  1. Berdamai dengan gangguan

Cobalah ibu menyusui si kecil di dalam ruangan yang gelap, tenang tanpa adanya gangguan. Selain itu jangan berbicara ataupun menoonton TV sambil menyusuinya.

  1. Atas masalah gigi bayi

Banyak yang tidak tahu jika kondisi seperti ini bisa membuat bayi mogok mimum ASI. Dan beruntunglah bagi Anda yang selalu membaca artikel kesehatan batita seperti ini. Sebab ibu sekarang menjadi tahu jika kondisi ini bisa membuat si kecil enggan menyusu lagi.

Pada saat bayi mulai tumbuh gigi, sebaiknya ibu menggosok gusinya dengan menggunakan handuk dingin atau dengan jari ibu sebelum menyusuinya. Dan ketika si kecil menggigit ibu selama menyusui, maka slipkan jari ibu ke dalam mulutnya untuk mengistirahatkan sejenak memberikan ASI.

Bagi para orang tua, selalu membaca artikel kesehatan untuk batita seperti ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab terkadang banyak informasi penting yang ternyata belum ibu ketahui. Dan semoga artikel kesehatan bayi ini bisa bermanfaat.

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *