Atasi Sakit Perut Pada Anak Murmer

sakit perut pada anak

Source: New Kids Center

Sakit perut para anak sudah biasa terjadi, bahkan topik satu ini sering jadi bahan obrolan hangat di kalangan orang tua. Perusahaan yang bergerak dalam bidang medis tak akan melewatkan kesempatan. Ahli kesehatan dan farmasi dikerahkan untuk temukan obat mengatasi sakit perut. jangan heran, bila masuk dalam apotek, sudah tersedia beragam ‘ramuan’ khusus untuk atasi sakit perut si kecil.

Tubuh anak tidak terlahir tanpa sistem hebat untuk membuat dirinya bertahan hidup. Layaknya istana, selalu ada penjaga di depan gerbang guna cegah penganggu yang hendak menyerang. Dalam konteks badan manusia, sistem imun merupakan penjaga terkuat dan pasukan perang terdepan dalam melawan anak.

Obat sering dianggap pemeran utama dalam kesembuhan si kecil. Padahal, kalau ditilik lebih lanjut, obat hanya ‘penasihat eksternal’ tubuh. Pengambilan keputusan dan pejuang utama melawan penyakit tetap tanggung jawab sistem imun. Terlalu mengandalkan bantuan dari luar, malah buat daya tahan tubuh merasa tak dianggap sehingga tak lagi berfungsi maksimal. Ambil nafas, letakkan kembali koleksi obat sakit perut ayah bunda.

Tidak mengatasi sakit perut anak bukan pilihan yang baik pula. Walaupun dikatakan bahwa badan punya kekebalan tubuh tersendiri, tidak selalu berarti bahwa orang tua lantas membiarkan anak berjuang sendiri. Gunakan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk selesaikan masalah sakit perut pada anak.

Kasih sayang dan cinta punya reputasi mengalahkan segala tantangan di muka bumi. Film layar lebar bahkan menyempatkan waktu untuk menunjukkan kekuatan dua rasa mendalam tersebut. Meskipun banyak orang meragukan keberadaan cinta, namun pada kenyataanya, perasaan tersebut justru bantu orang tua atasi penyakit, termasuk sakit perut pada anak.

Jaman sekarang, banyak sekali orang tua terjebak kesibukan. Mau bagaimana lagi, tuntutan hidup yang kian tinggi, buat penduduk dunia makin keras banting tulang. Karenanya, keberadaan orang tua di kala anak merasa kurang sehat secara psikologis membantu percepatan sembuh. Saat orang jarang ada, sekali kehadiran bisa berarti besar.

Pepatah mengatakan jalur kemenangan cinta adalah melalui perut. sebetulnya hal yang sama juga berlaku di kala sakit perut. bukan berarti orang tua harus memasak makanan padat kesukaan anak seperti hamburger, nasi goreng, atau bebek bakar. Sensitifitas perut di kala sakit buat konsumsi makanan berat hanya buat kondisi makin parah.

Sistem cerna si kecil memang keberatan bila diminta mengurus makanan berat. Alih-alih menyodorkan hidangan makanan berat untuk masuk dalam mulut, akan jauh lebih baik bila hidangan cair diberikan selama masa sakit. Tak perlu muluk, sup krim, atau mungkin teh panas saja sudah cukup meringankan beban penyakit buah hati ayah bunda saat ini.

Panas banyak dikenal akan kekuatan penghancurnya. Wajar saja, tidak ada orang yang tidak panik kalau api besar memangsa sekeliling, bahkan neraka saja terbuat dari api menurut sebagian besar agama. Namun jangan salah, panas tidak selalu berdampak buruk. Layaknya binatang buas, selama ada kendali yang baik, maka harusnya penggunaan tidak akan bermasalah, justru mendatangkan manfaat.

Jahe, dan beragam obat herbal lainnya mayoritas gunakan panas untuk meringankan sakit perut anak. Tidak perlu ribet, bahkan teh hangat saja bisa meredakan sakit perut. Tak dapat dipungkiri bahwa pada suhu yang pas, tubuh merasa lebih rileks sehingga rasa sakit akan berkurang jauh lebih banyak. Cukup masuk akal untuk dicoba.

Berhubung panas timbulkan perasaan rileks, maka jangan heran kalau langkah berikutnya anak akan merasakan kantuk. Jangan paksa si kecil terjaga, justru bersyukur bila anak ingin tidur di tengah sakit perut. Salah satu cara mengatasi sakit perut paling ampuh memang pergi ke alam mimpi dan biarkan sistem tubuh bekerja selayaknya. Pastikan anak minimal tidur selama tiga puluh menit, dan tanyakan bagaimana kondisi sekarang ketika bangun.

Mual kerap diasosiasikan dengan muntah. Ya, memang keduanya punya hubungan yang cukup erat. Sejatinya letak rasa sakit merupakan tanda tubuh mengenai apa yang sekiranya mengganjal. Mereka ulang makanan yang masuk hari ini dan kemarin bukan pekerjaan gampang. Apalagi mayoritas sakit perut sering tiba tanpa tanda yang jelas.

Pembuangan jauh lebih mudah dibanding memperbaiki sesuatu. Konsep serupa berlaku pada kondisi perut. dibanding rempong, pusing memikirkan makanan apa yang buat si kecil begitu menderita, kenapa tidak dikeluarkan saja semuanya. Ya, salah satu langkah cepat atasi sakit perut adalah muntah. Biarkan anak memuaskan hasrat mengeluarkan isi perut selama mungkin bila perlu.

Mengeluarkan isi perut alias muntah menguras banyak energi. Jangan heran bila anak langsung ingin makan. Tak perlu buru-buru menghidangkan ragam makanan. Kadangkala porsi minim bisa berdampak maksimal. Porsi terbaik untuk si kecil saat ini bukan makan besar melainkan sedikit namun sering. Pencernaan tidak langsung kaget dengan adanya makanan terbatas sehingga pekerjaan lebih mudah.

Sakit perut bukan masalah bila masih dalam batas normal. Beberapa saran yang telah diberikan pada paragraf sebelumnya sudah lebih dari cukup untuk menangani perut si kecil. Kalau anak masih saja merasa sakit, meski telah diberikan perawatan maksimal, perhatikan pula gejala pada perut.

Bengkak, mencret, hingga muntah terus menerus merupakan sinyal bahwa sudah saatnya ayah bunda berpikir ulang. Sakit perut para anak yang cukup parah kerap tak bisa diatasi sendiri, sehingga jangan malu untuk minta bantuan ahli kesehatan terdekat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *