Bagaimana Mengatasi Bau Mulut Jika Masih Salah dalam Menggosok Gigi?

Cara mengatasi bau mulut sebenarnya terdapat banyak sekali cara dan tips yang diberikan dari berbagai sumber, namun tahukah kamu bahwa sebenarnya sumber utama dari bau mulut itu adalah kebersihan dari gigi dan mulut itu sendiri. Apabila kamu sudah merasa cukup menggosok gigi untuk menghilangkan bau mulut namun ternyata bau tak sedap itu masih ada, kemungkinan besar itu dikarenakan oleh cara kamu dalam menggosoknya, sudah benar belum?

Banyak yang menyepelekan cara menggosok gigi yang benar karena merasa sudah cukup jika setelah menggosok gigi merasa segar dan enak mulutnya. Namun, sadarkah kamu bahwa ternyata masih banyak area mulut dan gigi yang belum kamu gosok sehingga berpotensi untuk mengembangkan kuman dan menyebabkan bau mulut? Maka dari itu, yuk ketahui bagaimana cara menggosok gigi yang benar sebagai suatu pencegahan dalam cara mengatasi bau mulut.

Sebelum mengetahui bagaimana cara yang benar dalam menggosok gigi, kamu harus tahu bahwa dalam cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, kamu minimal harus menggosok gigi 2 kali dalam sehari. Yaitu pada saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika kamu memiliki masalah gigi berlubang, maka sebaiknya setelah makan, kumurlah dengan air beberapa menit dan gosoklah gigi kamu sampai bersih dari sisa makanan yang ada. Untuk malam hari sebelum tidur bertujuan untuk mengatasi bau mulut di pagi hari saat bangun tidur.

Setelah mengetahui kapan saja kamu harus menyikat gigi, maka selanjutnya adalah bagaimana cara menyikat gigi yang benar sebagai cara mengatasi bau mulut.

  1. Ambillah sikat gigi yang nyaman bagi kamu. Jika gigi kamu cenderung sensitif, maka sebaiknya pilih sikat gigi yang memiliki bulu halus. Setelah memegang sikat gigi dengan benar dan nyaman, basahilah sikat gigi dengan air dan taruhlah pasta gigi yang kamu sukai diatasnya. Lagi, jika kamu memiliki gigi sensitif maka pilihlah pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif.
  2. Setelah siap dengan sikat gigi dan pasta gigi, posisikan sikat gigi kamu membentuk 45 derajat dan gosoklah secara lembut dan perlahan permukaan gigi depan kamu dengan cara memutar selama 5 menit.
  3. Berlanjut dari permukaan depan gigi, lakukan gerakan yang sama pada bagian dalam permukaan gigi.
  4. Kemudian, setelah bagian permukaan gigi sudah digosok dengan bersih dengan gerakan memutar, berlanjut ke bagian gigi yang digunakan untuk mengunyah yaitu gigi geraham. Gosoklah bagian gigi geraham baik sisi kanan dan kiri dengan ujung bulu sikat gigi dengan tekanan ringan sehingga bulu sikat tidak membengkok.
  5. Jangan sampai ketinggalan, gigi geraham bagian atas juga harus digosok secara perlahan. Untuk gigi tepi bagian atas dalam membersihkan sisi belakangnya, lakukan gerakan menurun secara perlahan. Sebaliknya, dalam membersihkan gigi tepi bawah di sisi belakang atau dalam nya, maka lakukan gerakan keatas secara perlahan.
  6. Selesai dengan bagian gigi, lanjutkan dengan menggosok langit-langit dan lidah mulut. Gosoklah secara perlahan dan jangan terlalu keras karena dapat melukai kulit langit-langit mulut kamu.
  7. Setelah semua bagian telah digosok, bersihkan semua busa dengan berkumur dengan air lalu meludahkannya sampai bersih.
  8. Untuk mendapatkan hasil optimal dari cara mengatasi bau mulut dengan menggosok gigi secara benar. Lanjutkanlah proses menggosok gigi dengan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau dental floss.
  9. Terakhir, sebagai penyempurna dalam mendapatkan hasil optimal mengatasi bau mulut, maka lakukan sentuhan terakhir pada gigi dan mulut kamu dengan berkumur menggunakan mouthwash terbaik pilihanmu! Karena dengan menggunakan mouthwash, dapat membantu kamu dalam membersihkan mulut secara keseluruhan. Kumurlah selama beberapa detik dan keluarkan kembali. Pastinya kamu akan merasakan sensasi napas yang segar dan sensasi sejuk di mulut.

Begitulah tahapan dalam menggosok gigi dengan benar sebagai cara mengatasi bau mulut yang simpel namun ampuh!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *