Bahaya Jika Senam Hamil Tidak Di Bawah Arahan Instruktur

senam hamil

www.ibudanbalita.com

Mungkin ibu sudah memiliki CD video tutorial senam hamil. Akan tetapi, apakah ibu yakin bisa mempraktekkannya dengan baik?

Yang dikhawatirkan adalah bagaimana jika terjadi cidera. Seperti halnya olahraga atau senam biasa, risiko cidera itu pasti ada. Dan ini menjadi sangat berbahaya mengingat cidera yang ibu alami bisa berimbas pada janin yang ada di dalam kandungan.

Jika ibu melihat gerakan-gerakan senam ibu hamil, ibu pasti tahu ada gerakan-gerakan yang sedikit berbeda dan terlihat berbahaya jika tidak mendapatkan arahan langsung dari instruktur profesional.

Risiko terjadi cidera pasti ada. Apalagi jika melihat gerakan-gerakan senam ibu hamil yang terlihat sulit, terutama bagi ibu yang ukuran perut semakin membesar.

Mengikuti Program Senam Ibu Hamil Bersama

Sebenarnya, tidak sulit lho menemukan kelas program senam ibu hamil. Biasanya, program senam bersama untuk ibu hamil ini dilakukan di rumah sakit atau klinik bersalin. Pihak rumah sakit atau klinik biasanya membuat jadwal senam ibu hamil bersama dengan mendatangkan instruktur senam profesional.

Jadi, ibu bisa menghubungi beberapa rumah sakit atau klinik bersalin yang dekat dengan tempat tinggal ibu di mana klinik tersebut menyelenggarakan kelas senam ibu hamil.

Selain itu, ada juga opsi lain, yaitu mengumpulkan ibu-ibu hamil dan mendatangkan instruktur. Ini cara yang bisa ibu lakukan jika tidak ada kelas senam kehamilan yang diselenggarakan oleh klinik atau pihak tertentu.

Sebenarnya, sekarang ini semakin banyak instruktur senam kehamilan yang menawarkan diri sebagai instruktur private. Jadi, instruktur bisa dipanggil untuk melatih ibu di rumah. Ini menjadi sangat penting karena instruktur bisa memantau bagaimana melakukan senam ibu hamil dan bagaimana melakukan gerakan-gerakan senam yang tepat. Dengan demikian, risiko terjadi cidera bisa diminimalisir dan bahkan ditiadakan.

Dan yang pasti, jika ibu melakukan senam kehamilan dengan tepat, maka manfaat dari senam bisa benar-benar ibu rasakan. Dalam hal ini, ibu harus tahu ada gerakan yang berbeda dilakukan sesuai dengan usia kehamilan. Dan tentunya gerakan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya, gerakan untuk ibu hamil trimester ditujukan untuk menjaga kebugaran. Sementara itu, gerakan senam ibu hamil trimester ketiga ditujukan untuk melatih otot tertentu dan melatih bernafasan mengingat masa persalinan hampir tiba.

Jadi, inilah mengapa senam ibu hamil tidak boleh dianggap enteng. Ini benar-benar memerlukan bantuan dari instruktur terutama jika ibu belum pernah sama sekali melakukan senam kehamilan.

Untuk Meminimalisir Cidera Saat Senam Ibu Hamil

Instruktur saja tidak cukup. Ada beberapa hal yang harus ibu lakukan agar tidak terjadi cidera.

  • Makan Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan senam hamil, alangkah baiknya jika ibu makan terlebih dahulu. Ibu harus mendapatkan energi agar bisa melakukan senam dengan baik. Konsumsilah makanan yang mengandung kalori.

Akan tetapi, ada satu catatan. Sebaiknya ada jeda antara makan dan juga senam ibu hamil. Setidaknya jeda sekitar 30 menit antara makan dengan senam agar tidak terjadi kram pada perut.

Kurang energi saat senam tidak hanya akan membuat ibu lemas. Lebih dari itu, ibu akan mengalami kelaparan yang berimbas pada kurangnya nutrisi yang didapatkan bayi di dalam kandungan.

  • Memilih Pakaian Yang Tepat

Lupakan memakai pakaian yang ketat layaknya ibu akan mengikuti aerobik. Ini bukan aerobik dan ibu harus ingat bawasannya ibu sedang hamil.

Sebaiknya ibu memilih untuk memakai pakaian yang kainnya lembut dan lentur. Selain itu, pakai juga bra yang tepat. Biasanya, seorang ibu hamil yang melakukan senam kehamilan memakai bra yang pas, tidak terlalu ketat tapi juga tidak terlalu longgar. Ibu bisa lihat maternity bra. Ini merupakan bra khusus untuk ibu hamil.

  • Jangan Lupa Warming Up

Warming up atau pemanasan ini juga tak kalah penting agar otot siap untuk melakukan gerakan-gerakan senam ibu hamil.

Pemanasan biasanya dilakukan dengan cara merengganggkan otot tangan dan kaki. Dengan demikian, risiko cidera bisa diantisipasi.

  • Mengetahui Batasan

Sebenarnya instruktur senam ibu hamil yang mengetahui hal ini. Instruktur tahu batasan gerakan seperti apa yang bisa dilakukan oleh seorang ibu hamil sesuai dengan usia kehamilan.

Pada intinya, ada dua manfaat utama dari melakukan kegiatan senam ibu hamil ini. Yang pertama, senam kehamilan ini penting agar stamina terjaga. Seorang ibu hamil seharusnya memiliki stamina yang prima agar bisa beraktivitas seperti sebelum hamil. Dan harus dipahami seorang ibu hamil lebih mudah merasa lemas dan tidak bertenaga. Dengan melakukan senam, diharapkan stamina terus terjaga selama masa kehamilan.

Tujuan yang kedua adalah untuk mempersiapkan tubuh menghadap persalinan. Ada banyak hal yang harus disiapkan ketika melakukan persalinan mulai dari stamina, otot yang kuat, pernafasan yang baik, posisi janin yang sudah mapan, dan lain sebagainya. Dan melakukan senam hamil merupakan upaya yang tepat untuk memastikan ibu siap melakukan persalinan secara normal.

Untuk mencukupi kebutuhan energi harian dan juga memastikan nutrisi bayi di dalam kandungan terpenuhi, ada baiknya ibu mengkonsumsi susu ibu hamil. Susu Frisian Flag Mama bisa ibu pilih karena ini merupakan susu ibu hamil terbaik. Dengan mengkonsumsi susu ini, maka bayi di dalam kandungan berkembang dengan baik dan ibu pun akan mendapatkan energi sehingga bisa terus beraktivitas dengan penuh energi. Susu ini bisa menjadi pelengkap kegiatan senam ibu hamil agar ibu tetap bugar selama masa kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *