Batu loncatan perkembangan bayi 8 bulan

Perkembangan Bayi 8 Bulan

mybaby.co.id

Hidup bak ujian tanpa henti, setiap kali lulus akan datang yang baru dengan tingkat kesulitan berbeda demi berkembang jadi pribadi yang lebih baik lagi, seperti meloncati batu saat menyebrangi sungai anda bisa berhenti meloncat dan tidak akan pernah sampai di seberang atau anda bisa lanjut hingga akhir. Bahkan tanpa anda sadari ujian hidup sudah dimulai sejak anda kecil, yang sekarang anda bisa lihat lewat malaikat kecil anda.

Kecepatan perkembangan bayi 8 bulan tentu saja bergantung pada kemampuan masing-masing bayi, tapi bila dilihat secara umum setidaknya ada 3 kriteria besar yang menandakan bayi anda telah lulus satu tahap.

  1. Tata cara makan

Pada usia 6 bulan, bayi biasanya sudah mulai berkenalan dengan makanan pendamping asi (makanan padat sambil ibu tetap memberi susu pada bayi). Tanda perkembangan bayi 8 bulan tentu saja, bisa dilihat dari cara makannya. Bayi 8 bulan akan sering menolak air susu ibu karena baginya susu sudah tidak lagi menarik seleranya, Anda bisa jadi merasa sedikit rindu dengan menyusui pada tahap ini. Apabila anda sering mengadakan atau meluangkan waktu agar keluarga makan bersama, bayi cenderung ingin bergabung dan makan seperti anggota keluarganya. Hal inilah yang menyebabkan bayi lebih ‘jatuh hati’ pada makanan padat dibanding sodoran susu formula atau air susu ibu.

Alangkah lebih baik lagi jika bunda memanfaatkan kesempatan ini. Mulailah sering mengulik–ulik situs resep makanan bayi terutama makanan yang mudah digenggam dengan jari seperti wortel rebus, atau daging masak yang sudah dipotong kecil kecil (bite sized). Karena gigi bayi pada usia 8 bulan sudah lebih kuat, dan genggaman bayi makin mantap, seharusnya bayi tidak mengalami masalah ketika makan sendiri tanpa disuapi. Beberapa bayi menemukan makanan baru menyenangkan dan mendorong selera makannya. Harap diingat meski bayi terlihat baik baik saja, jangan lepaskan pengawasan anda. Bukan berarti anda berdiri di samping, menatap bayi dengan muka seram seperti interogasi kriminal, cukup lakukan kegiatan lain sambil diam diam memperhatikan bayi. Hal ini dilakukan untuk berjaga apabila bayi tersedak saat menyantap makanannya.

  1. Pilih main daripada Tidur

Selamat, jika anda senang bermain dengan anak anda, kini tiba saatnya anda mengeluarkan energi dan waktu sambil bersenang senang bersama malaikat kecil anda. Daftar Perkembangan bayi 8 bulan yang paling terlihat adalah jam tidur bayi makin berkurang dan tentu saja teratur. Tidak ada lagi bangun di tengah malam untuk menenangkan si kecil. Rata rata bayi 8 bulan memerlukan tidur setidaknya 13 sampai 14 jam dalam sehari yaitu pada pagi dan siang hari, dan waktu tidur siang dan paginya hanya berkisar 1 jam, meski ada bayi yang hanya perlu 20 menit. Tatkakala ia bangun, hal pertama yang ia cari adalah mainan dan kedua adalah anda.

Ya, ujian terberat bagi anda dan si kecil ketika usianya menginjak 8 bulan adalah rasa cemas berlebihan yang dirasakan bayi. Bukan karena bayi manja, hanya saja bayi akhirnya memiliki kemampuan untuk ‘sadar’ apa saja yang ada di sekitarnya. Bayi merasa takut akan ‘fitur tubuh’ baru, mungkin bisa diibaratkan dulu bayi hidup di kotak gelap, sekarang kotak tersebut terang dengan banyak benda asing dan hanya anda yang ia percaya. Menidurkan bayi akan terasa lebih menantang, terutama apabila bayi kerap menolak kepergian anda. Dari sisi anda sendiri, jangan langsung menghampiri bayi, meski bayi menangis sekalipun agar si kecil lebih mandiri dan sadar bahwa anda tidak akan selalu ada untuknya. Berat memang, tapi batu loncatan yang satu ini sangat penting.

  1. Komunikasi

Sedikit membawa-bawa penjelasan pada poin ‘Pilih main daripada Tidur’ yang menyebutkan bahwa bayi lebih sadar akan sekitarnya. Bayi sudah lebih cerdas untuk mengetahui pola perilaku orang orang di sekitarnya. Sebagai contoh bayi sudah bisa berpikir ‘bila aku melempar mainan maka bunda akan mengambilkannya untukku’ atau ‘kalau orang orang disekitarku tertawa berarti tindakan aku bagus’ karenanya anda harus berhati hati dalam mengambil sikap. Karena, jika bayi melakukan hal buruk, memukul mukul meja misalnya, anda jangan bereaksi tertawa atau marah secara verbal, cukup diam saja. Meski bayi mulai bisa melihat reaksi anda, si kecil tidak bisa membedakan mana yang baik dan yang benar, di benak bayi selama anda memberikan reaksi berarti ia diperbolehkan untuk lanjut. Ketika anda diam tanpa reaksi, anak anda akan merasa tidak diperhatikan dan ia akan mencari kegiatan lain yang bisa memancing reaksi anda.

Selain itu, bayi mulai memahami rutinitasnya. Bayi paham jika anda menaruhnya diatas kasur berarti ini waktunya tidur, sama hal dengan saat anda menaruh mangkuk di depan bayi, ia akan langsung menyantap hidangan tersebut. Berbicara tentang makan, bayi sudah memiliki selera sendiri meski belum dapat berbicara jelas. Anda bisa menyadari ini saat ia mengamuk kalau diberi, semisal, sayur brokoli  dan tertawa senang saat anda membawakan kentang manis. Dengan sedikit perhatian anda bisa mengerti apa yang bayi sukai dan tidak sukai, bahkan anda bisa mulai menanyakan pendapat seperti “adek mau makan kentang atau wortel?” sambil menunjukkan kedua bahan yang sudah dikupas tersebut. Usahakan berbicara dengan bayi setiap kali anda menawarkan sesuatu agar perkembangan bayi 8 bulan berdampak baik kedepan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *