Bayi Susah BAB Bisa Disebabkan Hipotiroid

mengapa si kecil susah bab

www.ibudanbalita.com

Rasanya tidak mungkin bayi susah BAB karena ia hanya mengkonsumsi ASI saja, belum makanan padat. Ini yang mungkin juga ada di kepala ibu saat ini. Ibu menganggap ASI itu makanan yang encer dan bisa dikatakan minuman yang tidak mungkin membuat bayi mengalami sembelit.

Ibu tidak mempertimbangkan hal lain. Ternyata, sembelit atau susah BAB pada bayi bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya. Salah satunya oleh hipotiroid. Ini semacam gangguan dari dalam yang membuat siapa saja, tak terkecuali bayi mengalami sembelit.

Apa Itu Hipotiroid?

Sedikit banyak ibu harus tahu tentang bahasa medis sekalipun ibu tidak memiliki background pendidikan kesehatan. Setidaknya, saat ibu memiliki bayi, ibu seharusnya mulai belajar tentang masalah medis yang berkaitan dengan bayi. Ibu bisa dapatkan dari berbagai sumber terpercaya seperti www.friso.co.id.

Lalu, apa itu hipotiroid? Ini merupakan istilah medis yang digunakan untuk sebuah masalah kesehatan di mana kelenjar tiroid kurang aktif. Ibu mungkin bertanya lagi apa itu kelenjar tiroid? Ini harus dijelaskan lebih lanjut.

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang bertanggungjawab atas baik buruknya proses metabolisme. Tentu tidak hanya kelenjar tiroid saja yang memiliki tanggungjawab yang satu ini. Ada juga hal lain yang juga memiliki peran yang sama. Hanya saja, kekurangan kelenjar tiroid sangat memungkinkan bayi ibu mengalami sembelit. Dan inilah yang sering menyebab utama bayi mengalami sembelit.

Jadi, sekarang sudah jelas kana pa itu hipotiroid? Ini merupakan keadaan di mana si kecil mengalami kekurangan kelenjar tiroid yang mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme dalam tubuhnya sehingga menyebabkan susah BAB.

Sayangnya, ini bukan satu-satunya gejala ketika kelenjar tiroid kurang. Menurut ahli kesehatan, kurang aktifnya kelenjar tiroid juga bisa berakibat pada masalah kesehatan lainnya seperti terganggunya perkembangan bayi serta bayi kurang aktif lantaran proses pengeluaran energi terhambat.

Itulah mengapa mengatasi masalah bayi susah buang air besar itu harus ibu lakukan sesegera mungkin. Apalagi jika ternyata faktor penyebabnya adalah hipotiroid. Ibu tidak ingin si kecil kekurangan energi dan mengalami masalah dalam perkembangannya, bukan?

Apakah Bayi Sembelit Karena Hipotiroid?

Ini pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab. Ibu tidak bisa benar-benar tahu apakah bayi ibu mengalami susah BAB disebabkan hipotiroid atau disebabkan faktor lainnya. Yang paling tahu adalah dokter bayi.

Meskipun demikian, ibu bisa mengetahui beberapa gejala yang disebabkan oleh kurangnya kelenjar tiroid ini. Apa saja itu?

  • Tidak Aktif

Bayi yang usianya sudah di atas 4 bulan biasanya sudah sangat aktif. Setidaknya ia terlihat ingin menggerakkan badannya, terutama tangan dan kakinya. Bahkan, ketika ia sudah mulai bisa mengangkat kepalanya, maka ia akan berusaha untuk berguling ke kanan dan ke kiri.

Akan tetapi, jika tanda-tanda ini tidak muncul, mungkin saja ia tidak memiliki energi yang cukup. Ia mudah lelah dan akhirnya tidak aktif layaknya bayi sehat lainnya.

Apakah ini tanda hipotiroid? Bisa jadi. Apalagi jika ternyata hal tersebut dibarengi dengan bayi sulit BAB, besar kemungkinan si kecil mengalami hipotiroid.

  • Berat Badan Tiba-Tiba Naik

Umumnya, bayi usia 4 sampai 6 bulan memiliki berat badan dengan kenaikan stabil. Dan justru ibu harus berhati-hati jika justru berat badan bayi tiba-tiba naik tanpa penyebab yang pasti. Mungkin ibu merasa bayi tidak banyak minum ASI tapi tiba-tiba berat badannya naik. Ibu wajib curiga. Bisa saja hal tersebut disebabkan oleh hipotiroid.

Setidaknya dua hal tersebut menjadi tanda bayi mengalami hipotiroid. Sebenarnya masih banyak lagi tanda-tandanya. Hanya saja, tanda-tanda yang lain sering dialami oleh orang dewasa, bukan bayi, seperti sulit konsentrasi, depresi, menstruasi berat, serta penurunan libido.

Lalu, yang menjadi pertanyaan terpenting adalah bagaimana mengatasi bayi sulit buang air besar yang disebabkan oleh hipotiroid ini?

Mengatasi Bayi Sulit BAB Karena Hipotiroid

Ibu pasti sudah jelas kan kenapa susah BAB bisa disebabkan oleh kekurangan kelenjar tiroid. Dan untuk mengatasi hal tersebut, dokter biasanya akan menambahkan hormon tersebut. Selain itu, dokter menyarankan agar penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium.

Sayangnya, bayi tidak bisa mendapatkan treatment semacam itu. Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Ini yang menjadi sangat penting untuk ibu ketahui.

Yang pertama, ibu harus bawa si kecil ke dokter anak terlebih dahulu untuk memastikan apakah masalah susah BAB yang dialami oleh bayi ibu disebabkan oleh hipotiroid atau tidak. Pasalnya, bisa saja ibu melakukan kesalahan seperti memberikan makanan padahal usianya belum menginjak 6 bulan. Jadi, ibu harus pastikan terlebih dahulu jika masalah susah BAB pada bayi ibu benar-benar disebabkan oleh hipotiroid.

Selanjutnya, jika memang hipotiroid yang menyebabkan bayi ibu mengalami BAB, ibu bisa memberikan lebih banyak ASI dari biasanya. Setidaknya, ASI ini akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menambahkan antibodi ke dalam tubuh si kecil. Selain itu, ASI yang bersifat cair akan membuat sistem pencernaan dan metabolisme lebih baik.

Jika hal tersebut sudah ibu lakukan namun susah BAB tidak kunjung berhenti juga, maka dokter akan memberikan treatment lainnya lagi. Ibu bisa konsultasi dulu tentang hal ini secara online bersama pakarnya langsung di situs Friso. Banyak juga para ibu yang mendiskusikan tentang bayi susah BAB ini di forum-forum online. Ibu bisa ikut ke dalam forum tersebut untuk memperkaya wawasan tentang kesehatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *