Beberapa Vitamin Untuk Anak Susah Makan Agar Menambah Nafsu Makan

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

pondokibu.com

Saat anak susah makan tentu para orang tua terutama ibu akan mulai khawatir tentang  kesehatan buah hatinya. Biasanya ibu akan memberikan vitamin untuk anak susah makan untuk mengatasi hal tersebut.

Rasa cemas akan mendorong berbagai usaha untuk mengatasi masalah anak tidak mau makan. Nafsu makan yang rendah pada anak-anak memang harus  benar-benar diperhatikan oleh para orang tua. Sebab anak-anak  tidak akan peduli dengan kesehatannya sendiri, namun sebagai orang tua tentu Anda perlu waspada jangan sampai karena anak susah makan akan menjadi masalah kesehatan di hari yang akan datang.

Padahal nutrisi dan asupan gizi sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, jika tidak terpenuhi tentu hal tersebut akan terganggu bahkan anak dapat mengalami gizi buruk. Para ahli menganjurkan bahwa orang tua yang mempunyai anak sulit makan, disarankan untuk berkonsultasi masalah tersebut dengan dokter anak. Hal ini penting untuk Anda ketahui masalah apa yang membuat anak tidak mau makan, contohnya ada penyakit tertentu yang menganggu kesehatan si kecil. Tentu hal ini perlu Anda tangani terlebih dahulu, bila dibutuhkan Anda juga bisa bertanya pada dokter. Usaha ini bisa diterapkan pada anak yang kekurangan asupan gizi seperti vitamin dan mineral.

Banyak ahli yang mengungkapkan bahwa salah satu alasan mengapa anak susah makan adalah saat anak-anak memasuki usia belajar maka mereka akan mengalami pertumbuhan yang lambat. Pengaruh laju pertumbuhan yang lambat ini umumnya menyebabkan penurunan selera makan. Hal ini merupakan proses alami yang tidak akan menimbulkan masalah berarti untuk kesehatan si kecil. Akan tetpai jika susah makan yang terjadi membuat anak menjadi tidak bersemangat dan cenderung lemas, maka hal ini dapat ditangani dengan suplemen vitamin untuk menambah selera makan anak.

Vitamin Untuk Anak Susah Makan Dari Bahan Alami  

Berikut ini beberapa nutrisi alami untuk mengatasi anak tidak mau makan;

  • Vitamin B

Vitamin B sudah terbukti secara nyata dapat meningkatkan selera makan. Khususnya vitamin B9 yang juga diketahui sebagai folacin. Folacin merupakan vitamin yang larut dalam air yang membantu tubuh untuk membagi protein dan mengganti protein baru. Vitamin bukan hanya meningkatkan seleran makan, namun juga membantu menstimulasi asam pencernaan dan membantu untuk membangun sel-sel darah merah pada anak. Untuk anak yang sulit makan tidak perlu mengonsumsi vitamin B9 dalam bentuk suplemen, Anda bisa memberikan sumber makanan alami, misalnya saja gandum, hati, buah jeruk, jus jeruk, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, unggas dan juga kerang.

  • Asam Folat

Kekurangan asam folat bisa menyebabkan hilangnya selera makan anak, sehingga dengan mengobati kekurangan asam folat dan meningkatan asupannya bisa membantu untuk meningkatkan selera makan kembali seperti semula. Hindarkan dalam mengonsumsi suplemen asam folat kecuali jika dokter menganjurkannya, sebab hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan dari vitamin B lainnya dan folat bisa berinteraksi dengan obat tertentu. Hendaknya Anda menggunakan sumber makanan alami yang mengandung banyak asam folat , misalnya saja sayuran berdaun hijau, buah jeruk, asparagus, brokoli, dan juga kacang-kacangan.

  • Vitamin K

Kekurangan vitamin K juga bisa menyebabkan berkurangnya selera makan pada anak maupun dewasa, dan pertumbuhan anak akan semakin lambat. Anak-anak berusia 1 sampai 3 tahun perlu untuk mengkonsumsi setidaknya 30 mikrogram vitamin K per hari guna menghindari gejala defisiensi. Anak Anda bisa terpenuhi asupan vitamin K dengan mengonsumsi makanan seperti plum, sayuran  dan juga kedelai.

  • Vitamin D

Bukan hanya kekurangan vitamin, kelebihan vitamin D juga dapat menyebabkan anak tidak mau makan. Contohnya saat  anak diberikan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup banyak, maka hal ini bisa menyebabkan gejala keracunan seperti kehilangan selera makan, lemah, diare, perubahan mental dan bisa juga anak akan muntah. Asupan gizi yang disarankan untuk vitamin D yaitu sekitar 600 unit internasional per hari untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Vitamin D tersedia dalam berbagai makanan, misalnya saja telur, tahu, jamur, daging dan ikan berminyak.

Vitamin Bagi Anak Sulit Makan Dari Anjuran Dokter

Berikut ini beberapa obat atau vitamin yang bisa disarankan dokter untuk mengatasi anak sulit makan;

  • Multivitamin B.

Kekurangan vitamin B kompleks bisa mempengaruhi seleran makan anak. Vitamin ini berguna untuk melancarkan proses pencernaan, mengatasi berbagai gangguan penyerapan dan penggunaan zat makanan, mempercepat proses penyembuhan, menunjang tumbuh kembang anak, gangguan pada saraf, mengatasi sariawan, dan juga sembelit.

  • Probiotik.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup seperti bakteri yang berguna untuk kesehatan tubuh. Berbagai bakteri baik tersebut dalam organ pencernaan akan membantu proses pencernaan. Dengan meningkatnya kesehatan sistem pencernaan, maka sudah pasti selera makan anak akan kembali normal lagi.

  • Cyproheptadine.

Cyproheptadine  ini sebenarnya merupakan obat anti alergi yang tergolong dalam antihistamin dan  biasa digunakan untuk mengobati terjadinya alergi seperti kemerahan, gatal-gatal, pembengkakan, dan lain-lainya. Akan tetapi ada efek lain dari obat ini, yakni bisa meningkatkan selera makan. Setelah diteliti, ternyata penyebab paling sering pada gangguan susah makan pada anak yaitu gangguan saluran pencernaan yang biasa terjadi pada penderita alergi.

  • Enzyplex.

Enzyplex adalah suplemen enzim pencernaan yang dibutuhkan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung, rasa begah, sering bersendawa, sering buang gas, perut terasa berat, dan lain-lainnya. Berbagai gejala tersebut membuat anak menjadi kurang nafsu makan, sehingga penggunaan Enzyplex terkadang dapat  membantu mengembalikan nafsu makan anak. Alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan vitamin untuk anak susah makan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *