Begini Nih Cara Yang Benar Menyimpan Susu Anak 4 Tahun

susu friso gold 4 untuk balita

mimipipi.net

Bukan bermaksud menakut-nakuti. Tapi memang ada susu anak 4 tahun yang bukannya menyehatkan tapi justru membuat anak mengalami masalah kesehatan. Meskipun itu adalah minuman yang baik untuk anak, susu bisa berubah menjadi racun.

Ini bukan bualan. Pada kenyatannya, ada beberapa kasus anak mengalami keracunan karena susu. Ini bukan disebabkan susu yang dipilih itu susu yang kurang bagus kualitasnya, melainkan susu sudah terkontaminasi bakteri.

Mengapa itu bisa terjadi? Ini pertanyaan yang menarik.

Banyak orang tua yang tidak sadar bahwasannya mereka lah yang menyebabkan susu terkontaminasi bakteri. Contohnya saja ketika mereka salah menentukan tempat penyimpanan. Maka dari itu, ibu harus tahu bagaimana cara menyimpan susu balita 4 tahun yang tepat. Penyimpanan yang benar akan memastikan kualitas susu terus terjaga. Dan ini bisa mencegah terjadinya anak keracunan susu.

Kriteria Tempat Yang Tepat Untuk Menyimpan Susu

Sebenarnya, tidak sulit untuk memastikan kualitas susu terjaga. Artinya, susu tidak terkontaminasi dengan bakteri. Hanya saja, terkadang orang tua tidak begitu memperhatikan hal kecil semacam ini. Akibatnya fatal. Susu yang mereka buatkan untuk si kecil justru membuatnya mengalami masalah kesehatan. Umumnya, keracunan ini ditunjukkan dengan sakit perut, muncul bintik merah pada kulit, pusing, demam, dan juga diare.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan ibu menyimpan susu di tempat yang seharusnya.

  • Tempat Tertutup

Agar bakteri tidak mudah masuk ke dalam susu, maka diperlukan sebuah tempat yang tertutup. Ibu bisa siapkan wadah susu yang bisa ditutup secara rapat.

Ibu tidak perlu mencarikan wadah seperti itu jika ibu memilih memberikan susu Friso Gold 4. Ini merupakan susu untuk balita 4 tahun yang tepat untuk ibu pilih lantaran sudah dilengkapi dengan wadah dengan tutup yang rapat. Hal ini membuat bakteri tidak mungkin masuk ke dalam susu.

Selain itu, disediakan juga sendok khusus. Sendok ini hanya digunakan untuk mengambil susu dari dalam kaleng sehingga tidak mungkin sendok terkena bakteri.

  • Tempat Yang Tidak Terkena Sinar Matahari

Tidak cukup dengan cara menyimpan susu di dalam wadah yang tertutup saja. Ibu juga harus simpan susu tersebut di dalam sebuah tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Pasalnya, sinar matahari membuat bakteri mudah sekali masuk ke dalam susu.

Namun, bukan berarti ibu harus menyimpan susu di dalam lemari es ya. Ibu cukup pilih saja lemari di kitchen set yang bisa ditutup sehingga tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  • Tempat Yang Kering

Ada daerah di Indonesia yang cuacanya sangat lembab. Ini juga bisa membuat bakteri mudah sekali mengkontiminasi susu balita usia 4 tahun. Jika ibu tinggal di daerah yang lembab, setidaknya ibu harus mencari tempat yang kering. Tempat itulah yang bisa ibu gunakan untuk menyimpan susu anak.

Usahakan agar suhu tempat di mana ibu menyimpan susu itu sekitar 13 – 24 derajat celsius. Ini merupakan tempat yang bagus karena bakteri tidak bisa berkembang di tempat yang kering. Bakteri lebih suka tinggal di tempat yang lembab.

Sekarang coba ibu ingat lagi apakah ibu sudah menyimpan susu di tempat yang sesuai dengan kriteria di atas? Jika belum, ibu segera ambil dan pilih tempat yang tepat sesuai dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Ciri-Ciri Susu Yang Sudah Terkontaminasi Bakteri

Meskipun ibu sudah menyimpan susu di dalam wadah yang tertutup dan menempatkan susu di lemari yang tidak lembab dan tidak terpapar sinar matahari, tentu masih ada kemungkinan susu terkontaminasi bakteri. Untuk itu, perhatikan dulu kondisi susu sebelum membuatkan susu tersebut untuk sang buah hati.

Susu yang sudah terkontaminasi itu bisa dilihat dari warnanya. Susu bubuk untuk anak balita biasanya berwarna putih bersih. Sementara itu, ketika sudah terkontaminasi, warnanya berubah agak kekuning-kuningan.

Tidak hanya berubah warna. Susu yang terkontaminasi itu menggumpal. Ini seperti ketika susu bubuk yang sedikit terkena air dingin. Susu menjadi menggumpal, kan? Inilah mengapa susu tidak boleh disimpan di dalam tempat yang lembab. Selain bisa terkontaminasi bakteri, susu juga bisa menggumpal. Dan itu artinya, kualitas susu sudah tidak bagus lagi.

Susu yang terkontaminasi itu juga berbau tidak enak. Sama halnya seperti makanan. Jika sudah basi, pasti keluar bau yang tidak sedap.

Jadi, jika ada tanda-tanda seperti itu, sebaiknya buang saja. Ganti dengan susu yang baru. Maka dari itu, penting juga bagi ibu untuk melihat tanggal kadaluarsa. Sebaiknya, ibu pilih susu balita 4 tahun yang tanggal kadaluarsanya masih sangat lama. Ini menunjukkan susu tidak lama diproduksi.

Ada beberapa toko yang menyimpan susu cukup lama sehingga tanggal kadaluarsanya tinggal beberapa bulan lagi. Sebaiknya ibu beri produk yang terbaru saja. Ibu bisa beli secara online di toko produsennya secara langsung di www.friso.co.id. Jadi, ibu tidak khawatir lagi. Sudah dipastikan susu masih berkualitas.

Itulah beberapa informasi sepele namun penting untuk ibu ketahui. Jangan sampai ibu sudah keluar uang banyak untuk membeli susu tapi ternyata susu sudah terkontaminasi lantaran salah memilih tempat penyimpan. Jadi, pastikan kualitas susu anak 4 tahun yang ibu pilih terjaga hingga ketika ibu menyajikan ke dalam gelas atau botol. Dengan demikian, sang buah hati mendapatkan semua manfaat dari mengkonsumsi susu tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *