Belajar Diving? Pelajari 5 Teknik Wajib Dikuasai Ini!

belajar diving

sumber: http://www.aussiediversphuket.com

Laut adalah bagian dari kehidupan para traveler. Tanpa mengunjungi laut, traveling belum sepenuhnya bisa disebut traveling. Setuju? Nah, jika kamu hobi mengunjungi laut dan pantai, diving atau menyelam tentu tak boleh ketinggalan, bukan? Apalagi jika melihat air laut yang jernih hingga ikan-ikan di bawah sana tampak jelas. Mengagumkan!

Nah, sebelum turun langsung ke laut, sebaiknya kamu pelajari dulu 5 teknik dasar yang wajib dikuasai oleh penyelam. Well, setidaknya setelah mengantongi teori 5 teknik yang direkomendasikan Firman Adiyaksa, instruktur profesional dari Diving Ocean Adventures ini, kamu lebih mudah mempraktikannya saat diarahkan pelatih.

Teknik menjernihkan masker

Menjernihkan masker adalah salah satu teknik paling mendasar yang wajib dikuasai oleh semua penyelam. Teori dasar yang bisa kamu praktikkan untuk menjernihkan masker adalah dengan menghirup udara dalam-dalam lewat mulut. Nah, sesaat sebelum kamu menghembuskan napas lewat hidung, bukalah bagian bawah masker sedikit saja agar air yang terperangkap dapat terdorong keluar. Guna tekanan udara di dalam masker adalah untuk mencegah air masuk lebih banyak.

Regulator clearing

Regulator selang kadang juga mengalami kebocoran. Jika masalah ini menimpamu, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, tekan tombol purge untuk mengeluarkan air yang masuk secara otomatis dari regulator.

Namun, sayangnya tombol ini juga bisa bermasalah. Untuk mengatasi ini, lakukan cara manual yaitu meniup regulator sekuat mungkin hingga air keluar. Untuk mengetes apakah semua air sudah keluar, bernapaslah sewajarnya. Lakukan berulang hingga air benar-benar keluar dari regulator.

Regulator recovery

Salah satu kendala yang mungkin terjadi saat sedang menyelam adalah mouthpiece yang terlepas. Jangan panik jika ini terjadi pada kamu. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menolong diri sendiri. Pertama, lakukan sweeping. Caranya dengan mengulurkan tangan ke depan dan buat gerakan menyapu ke samping paha hingga ke belakang hingga Anda menemukan selang regulator.

Kedua, posisikan tangan ke depan lalu gerakkan menuju ke pundak belakang hingga kamu menemukan sambungan regulator dengan tabung. Dengan demikian kamu akan mudah menemukan mouthpiece yang telepas.

Teknik berenang

Tidak jauh beda dengan dengan snorkeling, swimming technique saat diving pun mengandalkan daya dorong kaki. Sedangkan, tangan hanya berfungsi untuk melakukan gerakan atau manuver di dalam air. Jangan terlalu kencang sangat mengayuhkan kaki, agar tidak mudah lelah dan kehabisan tenaga, ya!

Teknik naik ke permukaan

Naik ke permukaan setelah puas menyelam ada teknik khusus yang harus dilakukan. Teknik ini disertai prosedur yang cukup ketak untuk menghindari cedera. Kecepatan aman untuk naik ke permukaan adalah 9 meter per menit. Selama dalam perjalanan naik, bernapaslah secara wajar tanpa menahannya agar tidak terjadi emboli udara dalam paru-paru.

Kamu tidak diperbolehkan langsung naik ke atas. Di tengah jalan hendaknya kamu berhenti di safety stop, yang biasanya ada di kedalaman 5 meter selama 3 hingga 5 menit. Jangan lupa untuk memastikan keadaan di permukaan sudah aman sebelum kamu melanjutkan berenang ke atas. Nah, sesampainya di atas, segera isi udara Buoyancy Compensator Device (BCD) atau rompi apung yang kamu kenakan agar kamu bisa mengapung.

Itulah 5 teknik dasar diving yang sebaiknya kamu kuasai sebelum menyelam. Menyenangkan sekali kan, Gentlemen?

Sumber: http://www.menshealth.co.id/kesehatan/antar.kita/5.teknik.diving.wajib.dikuasai/004/004/57

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *