Bermanfaat Untuk Perkembangan Anak, Inilah Mainan Anak Yang Populer Dari Masa Ke Masa!

permainan anak tradisional

www.friso.co.id

Mainan anak cukup banyak jenisnya. Entah itu mainan tradisional sampai modern. Namun yang harus diingat, mainan harusnya membantu anak dalam meningkatkan kemampuannya. Lalu, apa jenis mainan yang bisa membantu kemampuan dasar anak?

Bermain adalah bagian dari kehidupan anak-anak. Aktifitas hariannya hanyalah bermain. Dan di dalam bermain, anak-anak akan belajar sesuatu.

Pelajaran ini akan sangat positif bagi perkembangan si kecil. Hal inilah yang mendorong banyak pakar kesehatan anak supaya ibu memberikan si kecil dengan mainan yang positif. Lalu, apa jenis mainan yang baik untuk perkembangan anak?

Jenis Permainan Anak Yang Populer Dimainkan Oleh Anak-Anak

Seperti yang dikatakan sebelumnya jika jenis mainan anak begitu banyak ragamnya. Mainan diberikan agar anak bisa lebih aktif. Contohnya aktif dalam bergerak sampai belajar.

Memberikan permainan tidak boleh sembarangan. Ibu perlu memperhatikan keamanan dari sebuah mainan. Atau mainan yang bukan hanya dipandang menjadi kesenangan anak saja.

Bicara mengenai sebuah mainan, ibu sebenarnya bisa mendapatkan banyak ide. Ibu bisa menengok permainan masa lampau yang sejauh ini masih sangat digemari. Salah satunya adalah laying-layang.

Kenapa Memilih Laying-Layang Sebagai Mainan Utama Anak?

Laying-layang atau biasa dikenal dengan sebutan layangan atau wau adalah sejenis mainan yang mengandalkan tiupan angin. Sebuah benda terbuat dari kerangka bambu yang dibalut dengan kertas menjadi berbagai bentuk akan diikatkan dengan benang. Di sini, pemainnya hanya tinggal menerbangkan dan mengendalikannya.

Mainan tradisional anak ini sangatlah menarik hati. Bukan hanya bagi anak-anak saja, tetapi juga bagi orang dewasa. Apalagi mainan ini sudah banyak dibuatkan sebuah event, atau festival layangan.

Berbagai jenis bentuk layangan dipertandingkan. Layangan dengan model terbaik dan stabil di atas udara bisa menjadi pemenang. Kemudian si pemegang kendali layangan juga menjadi pemeran utama dalam memainkan layangan tersebut.

Sebagai orang tua, anak-anak bisa diajarkan untuk bermain layangan. Ini bukan tanpa alasan. Alasan pertama adalah layangan menjadi permainan legendaris yang masih eksis sampai saat ini.

Selain itu, mainan ini juga sangat digemari oleh anak-anak. Bahkan, anak-anak bisa memainkannya sampai dewasa nanti. Ini akan menjadi hobi yang menarik ketimbang memainkan mainan lain yang kadang habis masanya.

Alasan lainnya adalah mainan ini lebih murah. Ibu tidak perlu khawatir dengan biaya bulanan. Kalau memungkinkan, anak-anak bisa diajari cara membuatnya.

Anak-anak bisa membuat layangan yang sederhana terlebih dahulu. Kalau sudah mulai terasah kemampuannya, anak-anak bisa belajar lagi dengan membuat layangan dengan variasi berbeda. Pastinya, layangan ini akan menjadi mainan yang sangat menarik.

Manfaat Yang Didapatkan Anak Dari Mainan Tradisional Layangan

Manfaat mainan anak cukup banyak. Selain melatih kemampuan ototnya, mainan juga ampuh sebagai media pembelajaran. Ini tidak lain dikarenakan oleh banyak pembelajaran yang ada di dalamnya.

Itu hanya garis besar dari manfaat sebuah mainan. Untuk mainan layangan sendiri, mainan ini punya manfaat khusus untuk anak-anak. Apa saja manfaatnya?

  • Membuat anak lebih aktif

Dalam permainan laying-layang, anak akan cenderung melakukan gerakan. Entah itu berlari ataupun berjalan. Tentu tujuannya adalah supaya laying-layang bisa diterbangkan di udara.

Dengan adanya gerakan ini, tubuh anak akan semakin sehat. Keaktifannya akan membuat jantung lebih terjaga, aliran darah lebih lancar dan otot menjadi kuat. Inilah manfaat yang sebenarnya bila anak-anak lebih aktif.

  • Kemampuan penglihatan anak terasah

Cara bermain layang layang cukuplah mudah. Pemainnya  hanya tinggal tarik ulur benang yang terkait pada layangan. Ketika ada angin, layangan bisa diterbangkan dengan cara tarik ulur tersebut.

Bagi anak, ini menjadi pengalaman yang menarik. Khususnya jika tujuan menerbangkan layangan bisa dilakukannya. Bahkan bila sudah berada di atas, kebanyakan anak akan menghabiskan gulungan benang sampai titik terakhir.

Kebiasaan ini cukuplah baik untuk penglihatan anak. Kebiasaan melihat benda yang jauh akan membuat syaraf penglihatan lebih terlatih. Manfaatnya adalah membuat mata tidak mudah lelah, serta bisa mencegah masalah rabun jauh.

  • Menyehatkan leher anak

Mainan layang layang tidak hanya menyenangkan tetapi juga menyehatkan. Keceriaan akan muncul di raut wajah anak yang berbinar-binar. Kemudian kesehatan anak juga akan lebih terjaga.

Permainan ini pastinya akan membuat anak lebih cenderung melihat pada bagian atas. Layangan akan menjadi obyek utama untuk dilihat, bahkan dikendalikan dari benang pengendali. Ini akan bermanfaat juga bagi kesehatan leher.

Kebiasaan tersebut memungkinkan otot leher lebih terlatih. Tak hanya itu saja, ligamen dan tulang belakang juga akan dibiasakan dengan hal tersebut. Hal inilah yang kemudian membuat tulang dan leher menjadi lebih kuat dan sehat.

  • Menghilangkan stress

Bukan hanya orang dewasa yang mengalami stress, kadang anak juga mengalami hal yang sama. Secara suasana hatinya sangat mudah berubah. Ini membuat anak mudah cemberut, juga mudah untuk marah dan enggan makan.

Permainan tradisional anak seperti layangan ini akan mengembalikan keceriaan anak. Anak yang tadinya merasakan suasana hati tidak enak akan kembali distabilkan. Terbukti dengan lebih cerianya anak.

Bahkan, bermain bisa sedikitnya melupakan apa yang telah dialami. Ini tidak hanya berlaku pada anak-anak, tapi juga orang dewasa. Jadi, tidak salah jika mainan ini bagus untuk menenangkan suasana hati yang lagi tidak menentu.

Banyaknya manfaat dari mainan tradisional ini, tentu tidak salah bila ibu memberikan permainan tersebut pada anak. Tapi perlu diperhatikan, ajarkan anak untuk memainkannya di tempat yang aman dan terbuka. Jadi, jika mainan anak ini sudah sangat bagus, masihkah ibu mencari mainan lainnya?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *