Bubur Kentang Bayi Pilihan Makanan Sebagai Pendamping ASI

bubur kentang bayi

CBC

Bubur kentang bayi sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI. Bayi dianjurkan untuk mengkonsumsi asi ekslusif selama 6 bulan pertama di kehidupannya dan tidak dianjurkan diberi makanan padat lainnya meski orang tua jaman dahulu membenarkan pemberian makanan padat dan beralasan tidak akan terjadi apapun. Namun, pencernaan bayi yang belum sempurna tidak selalu dapat tahan dengan serangan makanan padat yang diberikan sebelum bulan ke 6 sehingga menyebabkan sembelit dan perut kembung.

Maka sebaiknya hanya berikan ASI pada bayi yang belum berumur 6 bulan setelah itu makanan pendamping asi atau MPASI dapat diberikan. Ada kalanya bayi menyemburkan makanan pada saat disuapkan, hal ini diartikan sebagian orang bahwa bayi tidak menyukai makanan padat yang diberikan. Hal ini tentu salah, MPASI harus tetap diberikan karena kebutuhan gizi anak berumur 6 bulan tidak bisa lagi hanya ditopang dengan ASI. Adapula yang beranggapan karena sudah bisa mengkonsumsi makanan padat makan ASI bisa dihentikan. Kenyataannya, ASI sebaiknya dihentikan ketika anak berusia 2 tahun.

Membuat Bubur Kentang Bayi Sendiri

Makanan pendamping asi untuk bayi berusia 6 bulan sebaiknya bertekstur cair, encer dan lembut dan hindari menambahkan perasa seperti gula atau garam. Makanan bisa didapatkan dari buah atau sayur yang dihaluskan dan jangan lupa menambahkan air yang bisa berupa susu, ASI atau kaldu agar teksturnya lebih cair dan lebih mudah dicerna bayi. Itu tadi adalah beberapa informasi mengenai makanan pendamping asi untuk anak berusia 6 bulan.

Berikut ini akan kami berikan resep yang dapatditerapkan untuk bayi berusia 6 bulan. Resep bubur susu kentang kali ini diusahakan menggunakan kentang manis sehingga bayi tidak bosan dengan rasanya. Namun, jika tidak memungkinkan dapat juga digunakan kentang biasa. Kentang yang tidak dikupas kulitnya sebenarnya lebih tinggi kandungan gizinya namun ini tidak diperkenankan untuk bayi. Kentang sebaiknya dikupas dahulu sebelum dimasak jika dibuat bubur.

Berikut ini cara membuat makanan bayi 6 bulan berupa bubur kentang, pertama kupas 1 buah kentang lalu kukus hingga matang dan empuk. Hancurkan kentang dengan blender lalu campur dengan 100 mL susu formula. Tambahkan 1 sdm tepung beras halus lalu tambhakan sekitar 50 mL air matang. aduk rata hingga tidak ada bahan yang menggumpal. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga bubur matang dan kental. Angkat, lalu tunggu hingga suhunya turun. Terakhir tuang ke dalam mangkuk bayi, hidangkan

Manfaat Kentang Dalam Pembuatan Bubur Kentang Bayi

Saat bayi merupakan saat yang paling tepat dalam memperhatikan menu yang akan diberikannya. Nutrisi yang diberikan untuk bayi seharusnya memiliki kandungan yang penting untuk tumbuh kembangnya. Salah satu yang paling penting diperhatikan dalam pertumbuhan bayi adalah perkembangan otak. Bayi harus diberi makanan yang baik untuk perkembangan otaknya agar nantinya tumbuh menjadi bayi yang cerdas. Setiap orang tua pastinya menginginkan pertumbuhan anak yang sehat dan cerdas. Memberikan nutrisi pada bayi seharusnya dimulai sejak bayi mulai diperbolehkan untuk mencerna makanan, yaitu antara umur 6 bulan.

Kentang merupakan salah satu sumber energi pengganti nasi. Ini sangat cocok diberikan untuk nutrisi penting pada bayi. Kentang memiliki kandungan yang luar biasa sehingga akan lebih baik baik jika diberikan sejak usia dini. Ada beberapa manfaat kentang bagi bayi sangat baik diberikan saat bayi yang sudah mulai mencerna makanan. Ibu yang sedang memiliki bayi harus rajin memberikan kentang kepada sang buah hati. Hal ini nantinya juga akan berdampak baik bagi kesehatan anak saat dewasa nanti.

Beberapa anak yang tidak diberi kentang sejak kecil tentunya sangat berbeda dengan sistem imun anak yang sejak kecil sudah diberi kentang oleh orang tuanya. Berikut ini beberapa manfaat kentang yang baik untuk si kecil ;

  • Menyediakan sumber energi untuk si kecil

Kentang merupakan salah satu sumber energi yang  bagi siapa saja. Ini juga penting untuk bayi yang telah memasuki usia 6 bulan, khususnya yang sudah bisa mencerna makanan. Kentang memiliki tekstur yang sangat lembut ketika sudah dimasak, sehingga ini sangat aman untuk dimakan oleh sang buah hati. Selain ASI, bayi yang sudah diperbolehkan mencerna harus diberi makan yang mengantung karbohidrat seperti kentang. Pemberian ASI memang dianjurkan untuk bayi sampai berusia 1 tahun, namun juga harus diimbangi oleh makanan yang mengandung sumber energi yang baik agar bayi lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

  • Dapat mencegah fermentasi usus

Bayi mempunyai alat pencernaan yang masih rawan sehingga harus memberikan makanan yang mudah di cerna. Alat pencernaan pada bayi memang masih rawan sehingga bakteri lebih mudah menyerang dan mengakibatkan fermentasi pada usus. Tapi jangan khawatir, hal ini bisa dicegah dengan memberikan kentang pada bayi. Kentang memimilki kandungan yang sangat penting untuk melindungi usus dari bakteri jahat yang akan merusak sistem pencernaan.

  • Dapat mencerahkan kulit si kecil

Tidak semua bayi lahir memiliki kulit mulus. Banyak yang menganjurkan Ibu hamil agar mengonsumsi kelapa muda agar bayi lahir mulus. Namun hal ini tidak akan bertahan lama jika tidak diberi makanan yang membantu membuat kulit bayi menjadi lebih cerah.

Beberapa orangtua mungkin banyak yang belum mengetahui jika kentang memilki kandungan vitamin C dan enzim yang efektif untuk melawan kulit mati. Kulit bayi sangatlah sensitive sehingga harus dirawat dengan memberikan makanan yang baik untuk kesehatan kulitnya, salah satunya adalah bubur kentang bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *