Butuh Informasi Cara Mencegah Gigi Berlubang? Ini Dia..

Memiliki gigi dan mulut yang sehat merupakan dambaan setiap orang, tentu kamu juga menginginkannya bukan? Memang, menjadi hal yang sangat tidak mengenakkan apabila sudah mengalami masalah pada gigi, mulai dari gigi berlubang, plak hingga gigi menguning. Ya, tak hanya mengganggu kenyamanan saja, tentu penampilan juga menjadi tidak sempurna lagi.

Apalagi bila kamu adalah orang yang suka berbicara di depan banyak orang atau yang menjadi pusat perhatian, misalnya mengisi di depan saat forum, guru di kelas atau yang lain. Ketika ada masalah sedikit saja pada gigi dan kelihatan, tentu akan ada yang mengomentari masalah tersebut. Dan, kamu pasti akan menjadi malu untuk mengakui kebenaran tersebut.

Bagaimana jika ketahuan pacar atau orang yang paling kamu sayangi? Sangat memalukan tentunya apabila ia melihat adanya lubang pada gigimu. Dan jika sudah parah, lubang tersebut akan semakin membesar dan menghitam. Kamu mau nggak mengalaminya? Nah, agar hal-hal tidak menyenangkan tersebut tidak terjadi pada dirimu, pastikan melakukan tips cara mencegah gigi berlubang ini secara rutin. Dijamin, kamu akan terhindar dari masalah ini. Tidak percaya? Coba saja ya..

  1. Mengunyah Makanan

Yang perlu kamu tahu, gigi berlubang ini disebabkan oleh plak gigi, kuman dan bakteri yang dibiarkan tertimbun dalam mulut. Jika dibiarkan terlalu lama, akan semakin parah dan akhirnya menyebabkan lubang pada gigimu. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah dengan mengusir kuman dan bakteri jahat di dalam mulutmu serta menghilangkan plak yang ada. Caranya? Banyak-banyaklah mengunyah.

Yang harus kamu tahu adalah dengan mengunyah maka akan terciptanya air liur dalam mulut. Dan air liur inilah yang berperan untuk mengusir seluruh kuman dan bakteri jahat yang ada di dalam mulutmu. Tidak perlu biaya mahal bukan? Hanya membutuhkan sesuatu yang sebenarnya sudah ada dalam mulut kita.

Kamu dapat mengunyah makanan apapun yang kamu mau, mulai dari makanan kecil seperti permen, cemilan, buah, roti atau yang lain, hingga makanan pokok seperti nasi. Dengan mengunyah, maka kamu sudah menghindarkan mulutmu dari mulut kering sebagai tanda banyaknya kuman dan bakteri. Seringlah mengunyah dan jangan biarkan mulutmu menjadi kering ya.

  1. Makanan yang Manis? Kurangi ya.

Kamu pasti sering melihat anak kecil giginya sudah berlubang dan menghitam, hal tersebut disebabkan karena gaya hidupnya yang sangat suka mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula. Makanan bergula ini sangat mudah menempel di gigi dan dapat dengan cepat merusak lapisan gigi, yang akhirnya gigi berlubang tidak dapat terhindarkan.

Kamu boleh saja memakan makanan bergula ini sesekali saja, dan hanya sebagai pemenuhan nafsu saja ya. Jangan jadikan gaya hidup ini sebagai gaya hidup keseharianmu.

  1. Gosok Gigi dan Berkumur

Gosok gigi dan berkumur berguna untuk membersihkan seluruh kuman, bakteri serta sisa-sisa makanan yang ada dalam mulutmu. Dengan kandungan terbaik di dalamnya, akan membantu kamu memperkuat gigi serta menghindarkannya dari gigi berlubang lho. Jadi, lakukanlah dua kali sehari ya, tentu pada pagi, sore atau malam hari sebelum tidur. Untuk obat kumur, pakai saja LISTERINE, karena sangat ampuh membersihkan kuman dan bakteri dalam mulut.

Yang paling penting adalah konsultasi ke dokter, karena kamu dapat menanyakan segala hal apapun mengenai gigimu serta melakukan tindakan apabila terjadi indikasi gigi yang rusak. So, kamu tidak akan mengalami gigi berlubang nih. Jadi, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *