Cacar Air Pada Anak Tidak Menular Ke Orang Lain. Ini Penjelasannya

Ada banyak yang salah namun dipercayai oleh masyarakat terkait dengan cacar air pada anak. Salah satunya adalah ada anggapan jika cacar air merupakan penyakit satu kali seumur hidup. Anggapan inilah yang membuat mereka percaya jika anak terkena cacar air, maka ketika dewasa nanti ia tidak akan mengalaminya lagi.

Dan satu lagi yang banyak disalahpahami oleh masyarakat, yaitu keyakinan di mana cacar air anak itu bisa menular ke orang lain. Hal ini membuat anak yang terkena cacar air dijauhi oleh teman-temannya. Bahkan, tidak jarang juga orang tua yang khawatir jika mereka tertular.

Ternyata, apa yang mereka percayai tersebut merupakan salah besar. Sebenarnya, cacar air pada anak itu tidak menular. Agar ibu lebih yakin, ibu bisa baca penjelasan medis berikut ini.

Penyebab Utama Cacar Air

Memang ada penyakit yang dikatakan sebagai penyakit menular. Sayangnya, hal ini dipahami setengah-setengah. Karena disebut sebagia penyakit menular, maka setiap orang bisa beresiko terkena penyakit menular tersebut.

Padahal, ada faktor lain yang menyebabkan orang tertular penyakit. Ini pun berlaku pada penyakit cacar air. Orang tidak akan tertular cacar air jika kondisi tubuhnya sehat. Artinya, ia memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga virus yang menyebar dari anak yang terkena cacar tidak akan membuat orang tersebut terkena cacar.

Ini yang tidak banyak dipahami oleh masyarakat. Jadi, pada dasarnya, cacar air pada anak tidak perlu dikhawatirkan. Ibu tidak perlu menjaga jarak karena ibu takut tertular. Yang perlu ibu lakukan hanyalah menjaga kesehatan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika ibu memiliki beberapa anak dan salah satu anak ibu terkena cacar air, maka ibu hanya perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak lainnya agar mereka tidak tertular.

Dan untuk anak yang terkena cacar air, ada beberapa hal yang perlu ibu lakukan untuk mengobati cacar pada anak.

Mengatasi Cacar Air Pada Anak

Ada banyak sekali cara mengobati cacar air pada anak, Berikut beberapa cara yang aman untuk ibu terapkan jika anak mengalami cacar air.

  • Suntik Vaksinasi

Sebenarnya ini bukan langkah mengobati cacar air pada anak. Suntik vaksi lebih bersifat pencegahan. Dan ini sudah dilakukan oleh pemerintah dengan memberikan vaksinasi yang dilakukan secara bertahap melalui program imunisasi. Hal ini terkait dengan tingginya resiko bayi terkena cacar air.

  • Menggunakan Bedak

Bedak ini perlu ditaburkan pada kulit agar mengurangi rasa gatal yang dirasakan oleh anak. Ibu harus memastikan anak tidak menggaruk kulitnya yang terkena cacar. Menggaruk akan membuat cacar semakin melebar ke mana-mana dan cacar akan semakin sulit untuk disembuhkan.

Oleh sebab itu, ibu perlu menaburkan bedak agar mengurangi rasa gatal. Tidak harus bedak. Sekarang ini ada juga lotion yang bisa digunakan sama seperti bedak, yaitu mengurangi rasa gatal akibat cacar air pada anak.

  • Mandi Dengan Air Hangat

Ini perlu ibu lakukan agar infeksi kuman tidak terjadi. Akan lebih baik jika ibu memandikan si kecil dengan menggunakan sabun antiseptic.

Terlepas dari itu semua, yang paling penting adalah ibu harus meningkatkan kekebalan tubuh. Karena inilah cara yang paling tepat untuk menghancurkan kuman penyebab cacar air dari dalam dalam. Dengan menerapkan beberapa hal ini, semnoga cacar air pada anak ibu bisa segera terobati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *