Candida si Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut

www.listerine.co.id

Tidak ada yang suka ketika terjangkit penyakit nafas naga. Selain mengurangi tingkat kepercayaan diri, juga membuat orang-orang di sekitar kita terganggu. Tapi kenyataan berkata bahwa nafas bau atau secara medis dikenal halitosis, adalah penyakit yang cukup umum. Dan kontras dengan kepercayaan umum, penyebab bau mulut bukan secara mendadak pada orang-orang tidak beruntung.

Ada banyak alasan kenapa seseorang bisa menderita halitosis. Banyak ragam alasan seseorang menderita halitosis. Beberapa diantaranya berhubungan dan mudah diatasi. Yang lain mungkin karena penyebab serius dan cukup menantang untuk disembuhkan.

Apa apa saja yang menimbulkan masalah pencernaan berpotensi memunculkan nafas bau.

Contoh pertama yang biasa diambil adalah minuman keras.

Minuman keras mengandung alkohol yang mana bisa menyebabkan masalah pencernaan. Alkohol juga mengurangi produksi air liur dalam mulut dan membuat mulut kering.

Tembakau (Biasa ditemukan pada rokok yang beredar di pasaran) memiliki efek yang sama di mulut, tembakau mempersulit produksi air liur serta menambahkan kimia yang biasanya melembabkan pori pori dalam mulut sehingga berujung aroma nafas kurang menyenangkan.

Jika seringkali bau mulut kamu tidak sedap, langkah pertama, kamu mungkin ingin memastikan kalau alkohol dan tembakau bukanlah alasan masalah kamu.

Dehidrasi atau kekurangan kadar air adalah alasan umum yang bisa menyebabkan kasus halitosis atau nafas bau.

Ketika kamu dehidrasi, kamu mungkin lesu dan menimbulkan masalah pencernaan.

Masalah emosional seperti stress. Stress adalah penyebab yang mungkin tidak terlihat jelas tapi bisa saja. Tahukah anda? Kadar stress mempengaruhi sistem pencernaan.

Jumlah persediaan enzim dalam pencernaan yang tidak perlu termasuk alasan nafas menjadi bau.

Selanjutnya, sumber nafas naga ada di dalam hidung dan tulang nasal, area diatas lidah. Dan terakhir, pola makan kamu. Termasuk jenis makanan yang kamu pilih.

Berdasarkan penjelasan diatas kamu sudah mendapat bayangan penyebab nafas naga umum. Apa yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak merokok, minum, dan kondisi sama sekali bebas stress? Periksa lagi sistem pencernaan. Ada tipe bakteri yang paling sering menjadi baing kerok nafas bau, dikenal dengan nama candida albican.

Candida menyukai lapak lembab, hangat, empuk, seperti organ dalam perut kamu.

Sayangnya, banyak makanan di luar sana memberi makan bakteri candida. Gula (krim kue, permen, coklat buatan), roti non gandum, soda, sirup, dan roti pandan adalah contoh makanan kesukaan candida.

Antibiotik juga disukai candida. Kenyataannya, banyak orang mengkonsumsi obat yang mempercepat pertumbuhan candida tanpa mereka sadari.

Jika kamu ingin menghentikan candida membuat ulah di dalam sistem pencernaan dan kualitas nafas kamu, ubah pola makan dengan menambahkan buah dan sayur segar, minyak zaitun.

Konsumsi yoghurt setiap hari. Yoghurt mengandung bakteri baik yang mampu mencegah pertumbuhan candida. Pastikan yoghurt yang kamu beli mengandung banyak acidophilus, bifidus, dan probiotik lain. Pilih yoghurt tanpa perisa tambahan. Taruh beberapa buah sebagai perasa manis. Sebuah penelitian di spanyol membuktikan probiotik bisa menyembuhkan nafas bau dalam jangka panjang.

Tim peneliti mempublikasikan penelitian mengenai efek probiotik terhadap area mulut. Ditemukan bahwa banyak peneliti sepakat bahwa probiotik bisa meningkatkan kesehatan mulut.

Apabila kamu termasuk orang kurang suka yogurt, kamu bisa mencoba wasabi. Wasabi mengandung banyak bakteri probiotik baik yang bisa menjauhkan candida dan menjaga nafas kamu tetap segar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *