Cara Ampuh Hilangkan Plak Gigi

Cara Menghilangkan Plak pada Gigi – Plak yang menempel pada gigi tentu tidak begitu enak dilihat orang lain, apalagi hal ini membuat senyum Anda menjadi kurang menarik. Pada dasarnya plak adalah lapisan lunak bakteri dan sisa makanan yang melekat pada permukaan gigi. Saat makan pastinya gigi akan menjadi kotor, akan ada kotoran yang menempel pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi berkarang bila tidak segera di bersihkan. Maka dari itu sebaiknya Anda tahu kiat-kiat ampuh bersihkan plak gigi berikut ini.

Sikat Gigi dan kumur-kumur secara teratur

Bersihkan gigi Anda secara menyeluruh dari semua sisi. Gosokkan ke bawah dan ke atas. Jangan lupa untuk menggosok bagian dalam gigi, permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah, dan bagian dalam lainnya secara merata. Yang pasti gosok gigi secara rutin pada saat sebelum tidur dan bangun tidur. Sikat gigi membuat mulut Anda bersih dari plak dan sisa-sisa makanan, selain itu menyegarkan mulut Anda. Gunakan pasta gigi yang mengandung mouthwash, agar mulut anda segar. Akan lebih baik lagi jika Anda membawa obat kumur tersebut sekaligus membilas dan membersihkan plak yang masih tertinggal.

Baking Soda

            Baking soda atau biasa disebut natrium bikarbonat, merupakan obat alami untuk menghilangkan karang gigi. Baking soda menetralkan asam di mulut untuk mengurangi jumlah bakteri. Caranya: Oleskan sedikit baking soda pada sikat gigi yang basah dan sikat gigi anda untuk beberapa saat. Kumur mulut dan gigi secara menyeluruh dengan air hangat. Lakukan hal ini 1-2 kali dalam seminggu hingga karang gigi menghilang.

Flossing atau Benang Gigi

Flossing merupakan salah satu alternatif juga untuk menghilangkan karang gigi Anda. Karena terkadang hanya dengan menggosok gigi tidak akan cukup menjangkau ke bagian sela-sela gigi. Sehingga Anda membutuhkan bantuan benang gigi untuk membersihkannya. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di gigi serta bakteri pun akan secara menyeluruh dihilangkan.

Konsumsi Buah Apel dan Melon

            Buah apel memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Jika Anda ingin menggunakan buah apel untuk menghilangkan karang pada gigi, Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin. Selain itu buah melon juga sangat baik untuk memproduksi air liur Anda. Sehingga kebesihan mulut akan tetap terjaga.

Perbanyak minum air putih

Air putih akan membuat mulut Anda terjaga dari dehidrasi (kekurangan cairan). Berkurangnya air liur di dalam mulut dapat menimbulkan plak gigi yang banyak dan juga bau tak sedap. Oleh karena itu, dalam sehari usahakan agar mulut tidak kering, caranya dengan memperbanyak minum air putih. Hal ini baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda selain dapat Menghilangkan Plak pada Gigi.

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya sangat efektif mengatasi masalah penyakit pada gusi yang disebabkan oleh plak dan karang gigi. Lidah buaya membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan plak. Caranya: Kupas kulit lidah buaya, sisakan isi/gel nya saja. Lalu gosok perlahan pada gigi Anda. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menggunakan kulit lidah buaya bagian dalam untuk menggosok karang gigi. Lakukan hal ini rutin 1-2 kali dalam sehari hingga upaya Menghilangkan Plak pada Gigi berhasil dengan memuaskan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *