Cara Melatih Anak Berbicara Dengan Metode yang Menyenangkan

Cara melatih anak berbicaraCara melatih anak berbicara ada banyak metodenya. Memiliki anak-anak yang sedang masuk masa perkembangan akan menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk orang tua. Termasuk ketika anak mulai bisa diajak berbicara, mereka paham dengan apa yang Anda minta dan mereka juga bisa meminta apa yang mereka mau. Ini akan mendorong komunikasi yang sangat sehat antara orang tua dan anak.

Pada umumnya anak sudah mengeluarkan bunyi huruf vokal seperti A, I, U, E, O setelah berusia lebih dari 6 bulan.  Kemudian kemampuan mengoceh anak akan terus bertambah. Namun juga ada anak yang sudah berusia lebih dari 2 tahun dan selalu saja diam.  Meskipun mereka selalu bersikap mengerti apa yang dibicarakan oleh orang tua.

Cara Melatih Anak Berbicara Supaya Cepat Bisa

Untuk kali ini kami akan menyampaikan beberapa cara melatih anak supaya cepat berbicara dengan benar, diantaranya adalah ;

– Sering berbicara dengan anak

Otak anak memiliki masa perkembangan yang sangat luar biasa mulai dari usia o sampai 6 tahun. Ketika anak masih berusia kurang dari 2 tahun maka orang tua harus sering mengajak bicara pada anak untuk mencegah anak lambat bicara. Meskipun anak memperlihatkan sikap tidak acuh atau tidak mau tahu, namun mereka sebenarnya menyerap banyak kosa kata.

Karena itu ketika awal anak bisa berbicara mereka bisa mengeluarkan sebuah pertanyaan seperti apa, kenapa atau kata yang lain. Ketika orang dewasa berbicara maka bagian otak anak menyerap semua kalimat dengan baik. Karena itu meskipun mereka saat belum bisa berbicara, tapi mereka bisa melakukan apa yang Anda minta.

– Berbicara dengan diri sendiri di depan anak

Banyak anak yang sebenarnya sudah bisa berbicara namun mereka malas untuk mengeluarkan ucapan dari bibir mereka. Ada banyak faktor misalnya untuk anak yang terkena ciri ciri anak autis. Dunia anak terlihat sendiri dan berbeda dengan orang tua. Namun orang tua bisa menarik perhatian anak untuk memancing mereka agar mau berbicara.

Caranya dengan banyak berbicara dengan diri sendiri di depan anak. Anggap misalnya Anda bertanya pada diri Anda sendiri, dan Anda juga yang akan menjawab. Saat melihat seperti itu otak anak akan bekerja untuk melihat bagaimana sebuah percakapan di mulai.

– Mengulang cerita

Terus menerus mengulang cerita mungkin bisa membuat orang tua merasa bosan dan kurang termotivasi. Tapi tahap ini akan diterima anak dengan cara yang berbeda. Mereka akan membantu anak mendapatkan kosa kata yang semakin banyak. Anak juga akan menghafal berbagai alur cerita yang sebenarnya sudah mereka mengerti.

Ini akan memancing keseimbangan fungsi otak kanan dan otak kiri. Efeknya anak bisa menebak apa yang terjadi selanjutnya dan merasa senang ketika cerita itu benar. Dan kemudian anak bisa bicara pelan – pelan untuk menanggapi apa yang diceritakan orang tua. Cara ini bisa menjadi terapi anak terlambat bicara.

– Berbicara dengan beberapa bahasa

Tidak ada batasan usia khusus yang bisa membuat anak mempelajari bahasa asing. Mengenalkan bahasa asing sejak dini akan membantu kemampuan otak anak berkembang dengan baik. Ini juga mendorong anak agar paham ketika diajak berbicara. Jangan marah atau sedih jika anak belum mau bicara dengan satu bahasa, mungkin mereka tertarik dengan bahasa lain.

Anda bisa mulai dengan bahasa ibu yang menjadi bahasa asli, kemudian mulai pelan dengan bahasa lain. Ucapkan kata – kata itu ketika Anda mengerti apa yang dilakukan oleh anak agar mereka paham dan mengingat bahasa yang sesuai. Ini akan menjadi cara mendidik anak agar cerdas dan cara mendidik anak agar percaya diri.

– Ajak permainan dengan interaksi

Ketika anak sulit bicara maka itu tidak selalu kelainan psikologis. Ada beberapa hal yang membuat anak sulit bicara, misalnya tidak tahu cara berinteraksi dengan orang lain. Untuk melatih hal ini maka orang tua harus sering mengajak anak berbicara kemudian lakukan percakapan secara dekat. Ketika anak diam atau bermain sendiri, maka ajak anak untuk bermain bersama. Tunjukkan bahwa Anda tertarik dengan mainan itu dan membutuhkan teman. Cara ini sangat baik untuk mengajarkan cara berkomunikasi dengan orang lain dan juga cara agar anak cepat jalan jika ada masalah itu.

Cara Melatih Anak Berbicara Dengan Mengajarkan Bernyanyi

Anak-anak selalu merasa senang dengan lagu – lagu yang ceria. Beberapa lagu khusus untuk anak juga harus bersifat ringan dengan bahasa yang mudah dipahami. Karena itu Anda bisa mencoba untuk memutar kaset nyanyian lalu bernyanyilah di depan anak. Ajak anak untuk bernyanyi dan menarik bersama. Jika anak hanya mau menari maka itu sudah sangat baik, karena suatu saat mereka juga akan tertarik untuk mengucapkan kata-kata. Sebuah perubahan biasanya terjadi ketika anak mulai mengucapkan huruf akhir dari sebuah kata-kata dalam nyanyian.

Jika sudah seperti ini maka ajak anak untuk terus berbicara. Membaca buku cerita bersama dengan anak bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk menjalankan cara melatih anak berbicara. Ingat bahwa cara ini tidak hanya Anda yang bercerita dan anak mendengarkan, tapi anak juga harus diajak untuk berbicara. Misalnya Anda membacakan tentang buku yang berisi cerita hewan. Maka jelaskan tentang warna hewan itu, ciri khas hewan itu, bagaimana hewan itu makan dan minum, serta dimana hewan itu tinggal. Kemudian setelah Anda menjelaskan maka tanyakan kepada anak secara berulang-ulang.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *