Cara Memperbanyak ASI Supaya Lebih Lancar

manfaat asi eksklusif

www.awalsehat.nestle.co.id

Cara memperbanyak ASI itu sangat mudah lho Bun. Dimulai dari IMD atau Inisasi Menyusui Dini, bunda mulai menyusui dengan ASI eksklusif untuk si bayi. Namun, ternyata masalah ASI tidak mudah keluar bisa saja menghantui pikiran dan hati bunda. Akan tetapi bunda tidak perlu khawatir , sebab kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara supaya ASI keluar lebih banyak, lancar, dan berkualitas. Banyak bunda yang mungkin melupakan faktor dasar ini.

ASI tentu saja berbahan dasar air, jadi silakan bunda memperbanyak minum air agar ASI lancar terus, kental, berkualitas, dan melimpah saat melahirkan. Bunda bisa minum air putih secara rutin atau bunda bisa menyelinginya dengan jus buah atau sayur. Selain minum air, praktek dasar ini kadang banyak terlupakan oleh bunda: menyusui dengan frekuensi sering. Supaya ASI banyak dan kental setelah melahirkan, teorinya, payudara bunda sebagai pabrik ASI harus terus dirangsang agar ASI terus menerus diproduksi.

Prakteknya, bunda tidak perlu menjadwal pemberian ASI. Umumnya bayi akan minta ASI setiap 2-3 jam.  Agar ASI banyak pasca melahirkan, susuilah bayi bunda dengan sering. Pastikan bayi diberi ASI bergantian dari semua payudara. Susui bayi sampai payudara terasa kosong, lalu gantilah dengan payudara yang masih penuh.

Cara Memperbanyak ASI Dengan Cara Pijat

Berikut ini cara untuk memperbanyak ASI pada ibu menyusui dengan cara pijat , diantaranya adalah ;

– Lakukan pemanasan dengan menghangatkan payudara dengan handuk hangat selama 2 menit dengan pengulangan 4-5 kali.

– Mulai pijat puting bunda dengan perlahan dari atas dan ke bawah.

– Di bagian areola, pijat perlahan ke atas dan bawah dari kanan ke kiri, selama 5-6 kali setiap payudara.

– Terakhir, buah payudara dipijat melingkar mengikuti bentuk payudara selama 5-6 kali. Lalu, pijat melingkat dan spiral ke arah areola selama 3-4 kali. Lakukan pijatan tersebut untuk masing-masing payudara.

Untuk langkah pembersihan payudara, ingat untuk tidak menyabuni bagian puting dan areola untuk menghindari keadaan kering dan kaku. Posisi menyusui yang benar adalah posisi bayi menempel betul pada ibu. Mulut dan dagu bayi menempel pada payudara dan mulut bayi membuka lebar sehingga sebagian besar areola tertutup mulut bayi. Posisi puting dan lengan bayi sebaiknya pada satu garis lurus sehingga bayi leluasa mengisap ASI pelan-pelan tapi kuat.

Ketika bayi bunda dibiasakan menghisap dari dot, biasanya akan menolak ketika menyusui dari sumber aslinya, dari puting bunda. Harus dihindari karena penggunaan dot untuk mengeluarkan ASI dari botol cenderung lebih mudah daripada menyusui secara alami. Maka dari itu, teknik menyusui sebaiknya terus dilatih agar bayi terbiasa menyusui dari payudara bunda. Tips memperlancar ASI bagi ibu bekerja ini akan memudahkan bunda ketika bekerja. Kegiatan ini silakan dilakukan ketika bunda merasa payudara belum terasa kosong setelah menyusui bayi.

Bila bunda termasuk yang berkarir, coba pompa ASI 15 menit setiap beberapa jam sekali saat bekerja. Nah, ketika bunda mulai menyusui bayi, pilih sumber makanan pelancar ASI agar ASI keluar lancar dan banyak. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk jumlah makanannya, lebih baik jangan dibatasi. Bunda juga bisa menambah memakan daun katuk atau daun pepaya bila mau.  Jika memang betul-betul diperlukan, bunda bisa mencoba suplemen penambah ASI ini. Bentuknya bermacam-macam, bisa herbal, teh, lancar asi kaplet atau lainnya.

Pastikan mengonsultasikan jenis suplemen ASI yang mau bunda konsumsi ke dokter. Suasana hati bunda juga sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Kondisi yang tidak nyaman bisa menyebabkan produksi ASI berkurang bahkan tidak produksi sama sekali. Kondisi yang nyaman dan tenang ini tak hanya peran bunda, tapi juga peran di keluarga bunda. Suami yang paling paham kondisi bunda, sebaiknya ikut membantu bunda terhindar dari stres.

Cara Memperbanyak ASI Yang Aman Dan Nyaman

Ssuami atau dalam hal ini ayah dari sang bayi harus mendukung bunda untuk bisa nyaman ketika menyusui. Bila bunda atau ayah bingung mulai dari mana, bunda atau ayah bisa coba mencari informasi perihal Ayah ASI. Ayah ASI adalah sebuah gerakan komunitas untuk mengedukasi ayah atau suami untuk bisa memiliki pola pikir dan bertindak sebagai ayah yang mendukung proses menyusui bunda. Bunda tinggal merangsang ASI keluar deras dengan membayangkan seolah-olah ASI tersebut memang keluar dengan deras.

Motivasi melalui pikiran bawah sadar ini terbukti bisa memudahkan ASI lebih lancar. Jika Bunda salah satu penikmat rokok, alkohol atau kopi maka silakan berhenti sekarang juga. Dan semoga bisa memutuskan untuk tidak melanjutkannya. Sudah jadi rahasia umum bila zat-zat yang terkandung dalam  objek tadi  cenderung beracun atau berefek tidak baik bagi kualitas ASI. Pastikan bayi bunda menjadi bayi sehat tanpa terkontaminasi zat-zat beracun dari rokok, alkohol atau kopi.

Masih berkaitan kondisi sang bunda, dengan tidur cukup, tentunya tubuh bunda lebih siap untuk memproduksi ASI yang berkualitas. Lebih jauh, tidur cukup juga dapat mengurangi dan menghindarkan bunda dari stres yang tak perlu. Hubungan intim bunda dengan suami bisa membantu memperlancar produksi ASI bunda.

Hubungan intim ini sebaiknya dilakukan setelah 4-6 minggu kelahiran atau setelah nifas. Nah, ketika melakukan hubungan intim, nikmati hubungan tersebut bersama suami. Hormon oksitosin yang timbul ketika bercinta akan membantu produksi ASI bunda. Mungkin belum banyak yang tahu bila mengonsumsi buah manis ini merupakan cara memperbanyak ASI. Buah yang biasanya dicari-cari ketika bulan puasa ini punya fungsi khusus untuk merangsang produksi ASI bunda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *