Cara Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari

Cara mencegah bau mulut di pagi memang menjadi suatu pertanyaan besar. Bangun di pagi hari memang menimbulkan rasa segar, terutama usai tidur nyenyak dengan mimpi indah. Hawa begitu bersemangat menyambut sang surya.

Terlepas dari nyenyak atau tidak tidur tadi malam, akan ada satu sahabat dekat anda setiap pagi, menghantui indera penciuman, membuat seseorang malas menemui siapapun sebelum ia pergi. Siapa lagi jika bukan bau mulut di pagi hari ? Apapun kondisi tidur, pasti akan nada sambutan nafas naga setiap bangun, tidak mengenal siapakah pemilik tubuh tersebut.

Jika anda beranggapan bahwa bau mulut adalah bagian dari hidup, tidak ada yang bisa dilakukan, mustahil bau mulut di pagi hari tidak akan muncul, anda salah besar. Hanya karena bau mulut adalah masalah umum, bukan berarti anda tidak bisa melakukan usaha pencegahan bau mulut ini. Ilmu kedokteran modern telah menciptakan berbagai solusi untuk mencegah bau mulut, termasuk bau mulut usai bangun. Tentunya anda harus bertekad, karena anda akan membutuhkan beberapa menit untuk tetap terjaga sebelum tidur. Apa sajakah itu ?

1. Gosok gigi sebelum tidur

Coba diingat kembali apa saja konsumsi anda hari ini. Roti bawang? Coklat? Nasi goreng kambing? Durian? Jangan lupa, semua sisa makanan akan mengendap di sela sela gigi, menjadi modal bakteri untuk berpesta pora ketika anda tidur. Bayangkan berapa banyak sisa makanan yang akan dinikmati bakteri dalam mulut anda di malam hari.

Saran menyikat gigi sebelum tidur bukan dibuat tanpa alasan, justru menyikat gigi sebelum tidur akan sangat membantu mengangkat sisa sisa makanan di dalam mulut sehingga bakteri dan kuman tidak mendapat energi untuk bekerja di malam hari. Cukup sediakan waktu 2 menit saja sebelum tidur demi menyikat gigi, anda bisa menyalakan musik untuk mengusir rasa bosan selagi proses pembersihan gigi.

2. Pakai obat kumur

Terkadang menyikat gigi saja tidak cukup mengangkat sisa makanan di dalam mulut. Selalu ada bagian sela gigi tidak tersentuh bahkan dengan sikat gigi dengan bulu terkecil sekalipun. Berbeda dengan air, sikat gigi tidak mampu menyentuh bagian yang terlalu kecil karena ditakutkan sikat yang terlalu kecil malah melukai gigi, air malah mampu meniru bentuk apapun sehingga mudah memasuki sela sela gigi terkecil sekalipun.

Obat kumur di pasaran sebenarnya telah diformulasikan untuk hal ini. Carilah obat kumur dengan kandungan antiseptic dan anti bakteri. Obat kumur semacam ini tidak hanya membantu mengusir sisa sisa makanan di mulut namun juga membunuh bakteri dan kuman yang bersemayam di dalam mulut. Win win solution bukan ?

3. Bersihkan lidah kamu

Kalau kamu pernah iseng menggaruk lembut lidah kamu, pasti kamu pernah melihat gumpalan putih dari lidah. Nah, gumpalan lidah inilah yang patut disalahkan apabila mulut kamu berbau di pagi hari. Gambaran berapa banyak bakteri di dalam mulut

dicerminkan dari tebal tipisnya gumpalan putih yang ada di lidah. Jika dibiarkan maka akan semakin menumpuk dan menumpuk sampai menjadi bau mulut yang cukup akut.

Jika anda berjalan jalan di supermarket mungkin anda akan melihat produk tongue scraper atau sikat lidah. Ya produk sikat lidah memang dikhususkan untuk membersihkan tumpukan putih di atas lidah anda. Sesuai dengan nama produk, anda hanya perlu menyikat lidah sekali dalam sehari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *