Cara Mencegah Gigi Berlubang Buat Kamu si Pecinta Gula

Makanan manis telah digemari segala macam usia, tingkat pendidikan, dan latar belakang apapun. Mulai dari yang sangat simpel seperti permen, coklat, gulali, sampai dengan hidangan pencuci mulut tergolong mahal seperti kue bolu lapis emas, truffles, dan macaroons. Selain bentuknya yang menggoda, rasa manis memang patut bikin ketagihan lidah siapapun. Kamu bisa jadi, adalah salah satu dari penggemar makanan manis. Masalah umum yang tentu kita sering mendengar adalah, makanan manis berlebihan identik dengan gigi bolong. Kalau sudah kena, aduh, mau melakukan aktivitas apapun hawanya bete dan malas, rasa menusuk di dalam mulut tiada henti. Tenang saja, tetap ada cara mencegah gigi berlubang khusus untuk kamu yang gemar makanan manis.

Cara pertama akan terdengar sangat membosankan dan dasar sekali, tapi jadwal dan aktivitas padat seringkali membuat kamu lupa menyikat gigi seminimal mungkin. Solusi pertama kamu dapat membawa sikat gigi kemanapun kamu pergi. Sikat gigi kecil untuk berpergian mungkin adalah berkah tuhan untuk orang dewasa yang sibuk, seperti pebisnis, atau mungkin agen penjualan, yang menghabiskan waktu di berbagai tempat. Kamu dengan mudah dapat masuk kamar mandi usai memakan hidangan penutup atau cemilan manis kesukaan kamu, dan membasmi gula yang menempel. Banyak juga sikat gigi sekali pakai di pasaran.

Tapi kamu jangan sampai lupa mengganti sikat gigi yang sudah lama nangkring di kamar mandi. Kalau kamu pecinta makanan manis, akan meningkatkan resiko pembentukan lubang gigi dibanding orang biasa, karena bakteri menyukai energi dari segala sesuatu dengan banyak gula dan karbohidrat. Sikat gigi yang memiliki banyak sikat kecil dan bentuk seperti berlian didesain untuk membersihkan sela gigi yang sulit dicapai. Sikat gigi otomatis juga jauh lebih nyaman.

Untuk kamu yang merasa menggosok gigi setiap habis makan sedikit kurang nyaman, entah karena fakor ribet, tidak nyaman bersihin gigi di kamar mandi umum, atau alasan apapun, maka kamu bisa mencoba berkumur dengan menggunakan obat kumur untuk menghilangkan gula dan subtansi lengket lain semaksimal mungkin. Sama halnya dengan pasta gigi, sangat disarankan menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride, jika terpaksa air biasa bisa digunakan meski tidak akan semaksimal obat kumur.

Ada alternatif lain yaitu dengan mengkunyah permen karet bebas gula (sugar free) setelah makan jajanan manis untuk membantu membersihkan gigimu. Selain dapat membuat kamu lebih fokus, konsentrasi, Aktivitas kunyah mengkunyah dari permen karet mampu meningkatkan produksi air liur, mengurangi bahkan menghilangkan gula apapun yang menempel di mulut.

Jika cara cara diatas belum ampuh juga, mungkin kamu bisa mulai memilih jenis makanan atau cemilan yang mengandung gula lebih sedikit. Buah jelas lebih sehat dan dapat memuaskan rasa lapar kamu, tapi bagi kamu yang nggak mau ganti donat dengan pisang, masih ada kok pilihan lain untuk mengurangi resiko gigi berlubang. Contoh saja, sepotong kue tanpa krim tidak akan melapisi gigi kamu dengan sugar lengket untuk jangka waktu yang tidak selama bolu coklat atau kembang gulali.

Kunci cara mencegah gigi berlubang setelah konsumsi makanan bergula secara mudah adalah dengan mencegah mulut dari sisa gula yang menempel sebelum menyebabkan pembentukan asam dari gula dan karbohidrat lain yang terkadung dalam makanan manis. Terdengar mudah? Sebenarnya tidak sesulit itu asalkan kita mau mendipsiplikan diri sendiri agar gigi tetap sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *