Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Cara mendidik anak 2 tahun

Cara mendidik anak 2 tahun tentunya sedikit berbeda dengan cara mendidik anak yang dilakukan dengan usia sebelum atau sesudahnya. Hal ini disebabkan karena ketika si kecil masih dalam usia 1 sampai 2 tahun, ia masih dalam masa perkembangan yang sangat cepat dalam berbagai macam hal.

Sejak lahir ke dunia ini, si kecil akan memperlihatkan perubahan yang perlahan tetapi pasti setiap harinya. Dan ketika ia mulai memasuki usia 2 tahun, berbagai perubahan besar mulai terjadi pada si kecil. Disamping dapat dilihat dari perubahan fisiknya yang mungkin bertambah berat badan dan bertambah tinggi, si kecil juga tentu akan memperlihatkan perubahan sikap yang sangat jelas.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ketika  anak menginjak usia 2 tahun, ia akan sangat banyak menerima dan merekam setiap informasi dari luar dan dari siapa saja serta nantinya di masa yang akan datang akan menjadi pedoman hidupnya. Oleh sebab itu sebagai orang tua, usahakan Anda untuk dapat menggunakan cara dalam mendidik anak usia 2 tahun yang tepat. Hal ini bertujuan agar putra maupun putri Anda dapat berkembang dengan baik dan tentu saja menjadi anak yang cerdas serta tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Cara Mengajari Anak  2 Tahun Menurut Perkembangannya

Pada saat anak sudah mulai memasuki usia 2 tahun, tidak dapat dipungkiri ia akan mulai mencari tahu mengenai segala hal yang ada di dekatnya. Pada usia ini Anda sebagai orang tua atau orang-orang yang ada di dekatnya juga akan mulai kewalahan dalam mengurus dan mendidiknya. Sebab semua fungsi inderanya sudah mulai bekerja secara baik. Ketika usia ini si kecil sudah mulai tau dan mengenali siapa saja orang-orang yang ada di sekelilingnya, terutama ibu dan ayahnya serta keluarganya, baik kakak, nenek, kakek, dan lain-lainnya. Oleh sebab itu tidak jarang bila anak berusia 2 tahun akan merengek saat ia digendong atau pertama kali berinteraksi dengan orang yang wajahnya masih asing baginya.

Dalam mengetahi bagaimana cara mendidik tersebut, Anda tidak harus terlalu banyak membaca buku yang berisi berbagai teori tentang cara mendidik anak, sebab  untuk mendidik seorang anak tidak hanya diperlukan teori, namun juga harus dipraktikkan. Sebagai orang tua, Anda mempunyai peranan yang sangat penting untuk  tumbuh kembang anak Anda. Dapat dibilang bagaimana karakter anak terbentuk ketika  ia tumbuh besar nanti yaitu akan sesuai dengan benih yang ditebar oleh Anda sebagai orang tuanya. Apabila Anda memberikan kaih sayang yang banyak dan Anda juga menggunakan cara mendidik anak yang benar dan tepat, maka anak Anda nantinya akan dapat  menjadi pribadi yang positif dan pandai.

Cara Mendidik Anak 2 Tahun Yang Bisa Dilakukan Ayah

Dalam mendidik seorang anak kecil ada berbagai hal dan faktor yang perlu Anda ketahui dan harus Anda punya di dalam diri Anda. Ada banyak cara yang dapat Anda coba dan bisa Anda praktikkan dalam mendidik anak  Anda yang sekarang ini mungkin masih  berusia 2 tahun.

  • Meluangkan Waktu Sejenak

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai orang tua yaitu berusaha meluangkan sedikit waktu Anda untuk si kecil agar  ia mempunyai waktu bermain dengan orang tuanya tertutama ibu. Sebagai orang tua, tentunya bukan hal yang salah bila Anda mempunyai  kesibukan tersendiri. Memang tidak ada salahnya jika orang tua sibuk dengan pekerjaannya, namun jangan sampai sibuk di luar rumah dan kurang mempunyai waktu di rumah bersama si kecil. Namun untuk melakukan cara mendidik anak yang benar, Anda perlu mengerti sepenuhnya mengenai tanggungjawab Anda sebagai orang tua yang juga perlu untuk mengurus buah hati Anda. Meluangkan waktu Anda untuk sekadar bicara atau bermain bersama anak Anda sangat dianjurkan. Walaupun sudah menjadi kewajiban sebagai orang tua yang perlu menafkahi anak dan keluarga dengan cara sibuk bekerja, namun hendaknya Anda menyeimbangkan antara menyayangi pekerjaan Anda dan juga menyayangi anak Anda.

  • Melatih Kebiasaan Baik

Usia 2 tahun merupakan usia di mana si kecil sangat mudah menerima, merekam dan juga menirukan informasi yang diperolehnya dari orang lain termasuk orang tua dan keluarga. Cara mendidik anak yang baik yaitu dengan mengajarkannya atau memberikan contoh kepadanya tentang kebiasaan baik mulai dari hal-hal yang sederhana. Tidak dapat dipungkiri bahwa anak usia 2 tahun memang masih sangat sulit untuk dimengerti apalagi saat diajari mengenai suatu hal. Oleh sebab itu, Anda harus mengajaknya berkomunikasi dan sedikit demi sedikit ajarkan ia untuk dapat melakukan berbagai hal positif yang bermanfaat untuk orang lain. Cara mendidik anak ini merupakan cara dalam memperkenalkan si  kecil tentang perbedaan antara hal yang baik dan hal  buruk. Misalnya saja Anda bisa mencontohkan ia untuk membelai dan memberikan kasih sayang  daripada membiarkan si kecil melihat Anda memukul seseorang.

  • Membiarkan Anak Berekspresi

Sebagi cara dalam mendidik anak berikutnya, Anda juga tidak  perlu terlalu mengekang anak Anda untuk melakukan suatu kegiatan. Mungkin menurut Anda itu hal wajar, namun  Anda sendiri mungkin tidak pernah dapat memahami apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh buah hati Anda. Sebagai cara mendidik anak 2 tahun yang baik, Anda harus membiarkan saja si kecil untuk melakukan segala hal yang ia sukai. Namun  dengan catatan bahwa kegiatan atau hal yang dilakukan oleh si kecil tetap dalam pengawasan Anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *