Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Dalam Hal Pembentukan Karakter

cara mendidik anak

Cara mendidik anak usia 3 tahun tentu saja berbeda dengan anak pada usia sebelumnya, karena  pada usia 3 tahun anak sudah lebih peka dan mulai mempunyai otonomi pada dirinya sendiri. Oleh sebab itu pada masa ini pula anak perlu mulai diajarkan untuk lebih mandiri.

Pada usia 3 tahun ini umumnya terdapat beberapa perubahan perilaku pada anak, misalnya saja anak menjadi mudah emosi, egois, sulit diatur, mudah marah, keras kepala, dan lain-lainnya. Hal ini adalah sesuatu yang normal karena pada tahapan ini anak mulai mengembangkan berbagai keinginan dalam dirinya yang pada umumnya keinginan tersebut tidak sesuai dengan apa yang orang tua inginkan. Dengan begitu tugas Anda sebagai orang tua yaitu mengarahkan supaya  berbagai keinginan anak tersebut sesuai pada hal yang benar dan memberikan bimbingan pada anak mengenai dasar kemandirian serta tanggung jawab.

Disamping itu, pada usia 3 tahun adalah masa yang tepat dalam  menanamkan nilai-nilai moral pada anak dan memberikan wawasan serta pengalaman baru. Pada tahap ini, anak  hendaknya mulai diajarkan untuk berfikir bahwa tidak semua yang diinginkannya bisa terpenuhi begitu saja. Sehingga anak bisa berlatih untuk bersabar dan mengendalikan emosi serta keinginannya. Anak sebaiknya juga mulai diajarkan berbagai dasar kedisiplinan sehingga saat mereka beranjak dewasa nanti, kedisiplinan bukan hanya menjadi suatu paksaan namun telah menjadi suatu kebiasaan yang sangat mudah  dan menyenangkan untuk dijalani. Peran orang tua tentu saja  sangat besar dalam menentukan keberhasilan anak  dalam melewati masa  ini. Oleh sebab itu orang tua perlu memiliki pengetahuan yang luas mengenai langkah untuk mendidik anak usia 3 tahun dengan baik.

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun dengan Tepat

Keluarga merupakan tempat belajar awal pada anak dalam mengetahui segala sesuatu yang ada di sekelilingnya dan sarana dalam mengembangkan kepribadian. Sehingga orang tua, pengasuh, ataupun seluruh anggota keluarga sebaiknya mempunyai satu pemahaman yang sama dalam hal mendidik dan membentuk anak supaya berkembang menjadi pribadi yang baik. Berikut ini beberapa hal untuk mendidik anak usia 3 tahun dengan tepat:

  • Mengajari untuk lebih mandiri

Hal yang dapat dilakukan untuk mendidik anak usia 3 tahun yang pertama adalah mengajarkan kepadanya untuk lebih mandiri. Mandiri itu berarti adalah suatu kegiatan yang dilakukan sendiri oleh anak, tentu saja sesuai dengan kemampuan sesuai usianya. Pada usia 3 tahun sebaiknya diajarkan untuk mulai menggunakan pakaiannya sendiri, misalnya saja memakai baju, celana, atau sepatu sendiri. Namun, jangan dipaksa untuk langsung mampu mandiri, Anda harus membimbing  dengan sabar sedikit demi sedikit.

Bisa mulai dari pakaian yang mudah dikenakan terlebih dahulu. Selain berpakaian, Anda juga bisa mengajarkan juga kepada anak untuk makan sendiri.  Pada mulanya mungkin makannya sangat berantakan, tidak apa-apa sebab hal itu merupakan hal yang normal. Bimbing anak Anda untuk memakai sendok atau garpu dengan benar serta minum dari gelas sendiri.

  • Ajaklah si kecil untuk membantu pekerjaan

Pada usia 3 tahun, hendaknya Anda mengajak anak untuk membantu pekerjaan sederhana supaya ia  mulai berlatih bertanggung jawab. Pekerjaan sederhana tersebut seperti menyuruh anak untuk membuang sampah di tempat sampah, membereskan mainannya jika sudah selesai bermain, menaruh piring di tempat cucian, atau menaruh pakaian kotornya ke dalam keranjang cucian. Arahkan anak Anda supaya pekerjaannya bisa dikerjakan dengan tepat. Jangan langsung memberikan pekerjaan yang susah kepada anak sebab bisa membuatnya frustasi dan kesal.

  • Mengembangkan kemampuan bahasa

Cara selanjutnya yaitu dengan mengembangkan kemampuan bahasa si kecil. Biasanya anak usia 3 tahun sangat aktif  untuk berbicara dan merekam apa saja yang ia dengar dan lalu ditirukannya atau diucapkan kembali. Oleh sebab itu bila berbicara di depan anak, sebagai orang tua perlu memberikan bahasa yang baik, jangan pernah Anda berbicara kasar atau hal yang kurang terpuji sebab akan terekam ke dalam memorinya. Dalam memilih acara TV hendaknya Anda lebih bijak dalam memilih acara yang sesuai dengan usianya sebab setiap percakapan yang ia dengar, umumnya akan ditirukannya.

Cara Melatih Anak Agar Mempunyai Kepribadian Yang Baik

Berikut ini beberapa cara untuk melatih agar anak berkepribadian baik:

  • Mengajarkan untuk bersosialisasi

Sejak usia 3 tahun sebaiknya si kecil sudah mulai diajarkan bersosialisasi. Caranya adalah dengan mengajaknya keluar rumah pada berbagai acara yang melibatkan orang di sekitarnya atau tetangga, contohnya saat ada acara arisan, resepsi atau hajatan, perlombaan, dan lain-lainnya. Dengan cara ini tentu anak mulai bisa memahami bahwa terdapat orang lain selain keluarganya, sehingga dia tidak takut saat bertemu dengan orang lain. Disamping itu biarkan anak untuk bermain dengan teman seusianya, tentu saja  dengan pengawasan yang lebih ketat.

  • Mengatur jadwal kegiatannya

Anak usia 3 tahun bila dibiarkan terlalu banyak bermain, umumnya menjadi lupa dengan kegiatan lainnya. Oleh sebab itu meskipun anak dibiarkan bermain, akan tetapi ingatkan kepadanya pula untuk tidak melupakan kegiatannya yang lain seperti makan, tidur siang, ataupun mandi. Berikan juga pengertian secara baik dan jangan memaksa , ajarkan kesadaran mengenai manfaat yang diperoleh bila dia mau menuruti apa yang disuruh oleh orang tua ataupun keluarganya. Ini tips supaya anak bisa belajar disiplin.

  • Membiasakan untuk selalu berbagi

Kebiasaan untuk berbagi dengan orang lain perlu diajarkan sejak dini, tentu saja mulai dari cara-cara yang sederhana. Contohnya saja saat anak sedang bermain, maka Anda harus membiasakan si kecil untuk meminjamkan mainannya kepada teman yang lain.  Kebiasaan berbagi ini merupakan cara mendidik anak yang sangat penting ditanamkan sejak kecil supaya saat dewasa nanti ia memiliki kepedulian sosial kepada sesama.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *