Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan

cara mendisiplinkan anak

Universal Life Church Monastery

Cara mendisiplinkan Anak adalah tugas dari orang tua, dan mendidik anak bukanlah hal yang mudah, apalagi dalam mendidik anak untuk disiplin, banyak sekali orang tua yang dalam menanamkan disiplin kepada anak dilakukan dengan segala cara yang salah satunya dengan tindak kekerasan, seperti keplak, jewer (dalam bahasa jawa),  memukul dan lainsebagainya. Saat ini sudah bukan waktunya menyelesaikan permasalahan dengan kekerasan. Berikut ini beberapa cara agar anak bisa disiplin dalam segala hal;

  • Jangan Membentak Anak

Pada umumnya orangtua mudah membentak kasar, atau memukul apabila anaknya tidak mau mendengar perintah orangtuanya yang telah dikatakannya berkali-kali. Dalam situasi tersebut anda dapat berlutut agar sama tinggi dengan anak, pegang pundaknya, serta tatap matanya sambil secara halus tetapi tegas.

  • Jangan Libatkan Anak Ketika Marah

Jika anda sedang marah, ingin membentak dan memukul anak anda, tahan dan tarik nafas serta jangan mendekati anak Anda. Anda bisa melakukan apa saja yang bisa menenangkan diri. Setelah anda tenang, biasanya anda akan memiliki solusi yang lebih baik untuk menghadapi si kecil. Lalu bicarakan dengan anak anda mengapa perbuatannya salah, dan minta anak untuk menyadari bahwa dirinya telah melakukan kesalahan.

  • Jangan Biarkan Anak Menjadi Manja

Jika anak melanggar peraturan maka beritahu anak bahwa perbuatannya salah dan berikan tugas tambahan sebagai konsekuensinya. Contohnya saja dengan membersihkan kamar mandi, menyapu halaman, mencuci mobil dan lain sebagainya. Anak harus mengetahui bahwa segala perbuatan yang melanggar aturan, tentu ada konsekuensinya.

  • Jangan Membatasi Anak

Berikan anak pilihan sebagai konsekuensi perbuatannya salah yang ia lakukan. Jika anak terus membuat keributan dengan memukul kaleng dengan sendok, padahal anda sedang pusing atau sakit maka ajak anak bicara baik- baik. Jika anak terus memukul kaleng tersebut, maka dengan halus namuntegas, gandeng ia keluar rumah. Dengan begitu, anda tidak harus membentak atau memukul anak.

  • Jangan Mudah Emosi Dengan Anak

Ada beberapa kejadian orangtua mudah terpicu kemarahannya atau ingin memukul saat anaknya melawan, atau menjawab balik perkataan orangtuanya dengan kasar. Dalam situasi seperti ini sebaiknya orangtua segera pergi ke ruangan lain.  Jangan dekati anak sebelum ia  meminta maaf. Langkah  ini akan membuat anak berpikir ulang atas perbuatannya, dan membuat ia merasa bersalah serta mau untuk meminta maaf.

Tips Mendisiplinkan Anak Supaya Tidak Bandel

Disiplin memang harus dibiasakan sejak sedini mungkin pada anak. Disiplin pada dasarnya adalah perilaku kebiasaan, sehingga tanpa disuruh, secara otomatis anak masuk ke dalam pola kebiasaan tertentu. Penting untuk memudahkan hidup anak, karena hidup jadi ada teratur dan polanya dengan disiplin waktu. Seringkali orangtua menyuruh anak secara tiba-tiba padahal anak sedang asyik dengan kegiatannya. Biasanya anak akan menolak dan merengek ketika disuruh, yang dapat memicu kemarahan orangtuanya. Sebaiknya orangtua memberikan tenggat waktu, sehingga anak akan lebih siap menerima perintah.

Anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan senang mencoba hal-hal yang baru. Misal Andi berumur 3 tahun sedang melempar semua barang yang ada di atas meja, buku, pensil, kertas dll ke lantai. Ketika ibunya melihat, ia memukul tangannya dan mengatakan nakal. Andi bingung karena ia merasa mendapatkan ilmu baru bahwa benda yang ia lempar jatuhnya ke bawah. Maka ubahlah persepsi anda bahwa anak anda tersebut nakal tetapi sebaliknya anak kreatif yang rasa ingin tahunya besar.

Orangtua yang terlalu sibuk dan lelah, biasanya akan lebih mudah marah dan memukul anaknya. Para ibu yang habis waktunya untuk mengurus rumah tangga sering merasa lelah fisik dan mental. Oleh karena itu penting sekali mencari waktu untuk diri sendiri misalnya membaca, olah raga, menonton film atau berdoa.

Cara Mendisiplinkan Anak Menggunakan Strategi Jitu

Mendisiplinkan anak memang susah-susah gampang. Dengan strategi yang baik, anak bisa dilatih untuk disiplin tanpa orangtua harus memukulnya. Beberapa perilaku anak kadang membuat kita kesal, apalagi jika anak tidak mau mengikuti aturan disiplin yang sudah Anda terapkan di rumah. Mendisiplinkan anak memang sulit, tapi jangan cepat menyerah dengan amarah dan mengambil jalan pintas dengan memukulnya.

Memukul anak tidak akan membuat anak bertambah disiplin, hanya akan mendapatkan efek kepatuhan sesaat. Namun efek jangka panjang yang akan dialami sangatlah buruk, seperti trauma dan juga IQ yang rendah. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari pemukulan saat mendisiplinkan anak. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya si kecil berlaku disiplin;

  • Sabar Menghadapi Si Kecil

Saat anak mulai bandel dan membuat kesal, Anda pasti merasa gemas dan ingin memukulnya. Di sini pengendalian diri Anda sangat dibutuhkan. Jangan menyerah pada amarah yang hanya akan menyakiti anak. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut jika Anda merasa amarah sudah di ubun-ubun,seperti misalnya menjauhkan diri sejenak dari anak untuk beberapa menit dan sahakan diam selama beberapa menit dan mulai lakukan kegiatan lain yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari apa yang dilakukan oleh anak.

  • Memberi Hukuman Yang Mendidik

Memberi hukuman sebenarnya tidak harus melalui kekerasan fisik, Anda bisa menerapkan hukuman yang lebih rasional dan meningkatkan kedisiplinan pada anak. Misalnya, bila anak suka meloncat ke sana kemari dan tidak bisa diam, buat ia berdiri di pojok selama 10-15 menit. Atau sampai kemarahan Anda berkurang. Bila dia suka membuat kamarnya berantakan, buat ia membereskannya atau Anda akan mengurangi uang jajannya selama seminggu.

Banyak cara mendisiplinkan anak yang bisa Anda lakukan tanpa harus memukulnya. Menghindari memukul anak juga akan menghindari perasaan bersalah yang sering muncul pada orangtua setelah memukul anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *