Cara Menentukan Mouthwash Terbaik Melalui Komposisinya

Pemilihan terhadap mouthwash terbaik tentunya kita harus mempertimbangkan berbagai hal. Hal-hal tersebut antara lain seperti merek dari produk tersebut, popularitasnya di masyarakat, dan hal yang bisa dibilang sangat penting dibandingkan dengan hal lainnya adalah komposisi dari produk obat kumur atau mouthwash tersebut.

Komposisi ini menjadi hal yang sangat penting karena memang itulah yang ada dan menjadi kualitas yang diunggulkan oleh suatu produk. Suatu produk tidak mungkin bangga terhadap merek atau brand-nya yang sudah terkenal namun tidak memiliki komposisi yang baik bagi penggunanya. Pasti semuanya akan lebih bangga terhadap komposisi yang memiliki kualitas terjamin dan juga tidak membahayakan kesehatan masyarakat.

Tetapi penentuan komposisi yang cukup membingungkan adalah pada produk obat kumur atau mouthwash. Hal itu karena tidak semua mouthwash memiliki komposisi yang sama antara satu dengan yang lainnya. Bahkan kebanyakan dari beberapa produk mouthwash memiliki komposisi yang berbeda antara satu sama lain. Hal inilah yang sangat dipertanyakan oleh masyarakat yaitu tentang bagaimana cara menentukan mouthwash terbaik melalui komposisinya karena memang komposisi merupakan hal yang sangat penting di dalam suatu produk apapun itu.

Komposisi di dalam mouthwash ini yang terpenting harus memiliki komposisi yang jelas akan keberadaannya. Hindari produk obat kumur yang pada label di dalam botol atau apapun itu wadahnya tidak memiliki komposisi yang jelas. Karena jika anda gunakan maka dikhawatirkan akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi diri anda sendiri.

Mungkin walaupun disana memiliki komposisi yang jelas, kebanyakan orang tidak mengetahui apa kegunaan dari masing-masing zat atau kandungan yang terdapat dalam produk obat kumur atau mouthwash tersebut. Untuk itu, kami pada kesempatan kali ini akan membagikan beberapa arti dan kegunaan dari komposisi yang biasanya ada pada obat kumur atau mouthwash yang bisa anda lihat di bawah ini.

Alkohol

Alkohol ini tidak berfungsi sebagai apa yang diketahui oleh masyarakat yaitu dapat membunuh bakteri yang ada di dalam mulut, melainkan hanya digunakan sebagai melemahkan daya bakteri untuk melawan dan mempermudah bakteri untuk bercampur dengan air yang akan kita keluarkan setelah berkumur. Namun meskipun begitu, pastikan komposisi obat kumur anda memiliki alkohol dengan presentase yang standar yakni 25% hingga 27%. Karena jika presentase alkohol terlalu banyak maka akan berdampak pada keringnya mulut kita dan akan berakibat pada bau mulut.

Benzoic Acid

Benzoic Acid merupakan pengawet yang bisa digunakan untuk minuman beralkohol, minuman bersoda, dan juga obat-obatan dalam bentuk cairan seperti obat kumur. Dalam penentuan obat kumur yang baik bagi kesehatan, pastikan presentase dari benzoic acid ini sangat rendah bahkan jika ada pilihlah obat kumur yang tidak memiliki benzoic acid. Namun sepertinya hal itu mustahil untuk ditemukan.

Polaxomer 407

Polaxomer merupakan larutan pencuci yang digunakan untuk mencuci mulut. Sebenarnya larutan ini sering dipakai oleh sebagian pemilik kamera untuk mencuci lensa kameranya, namun nampaknya di dalam obat kumur larutan ini digunakan untuk mencuci mulut.

Eucalyptol, Thymol, dan Menthol

Ketiga larutan inilah yang penting ada di dalam komposisi obat kumur karena memang cairan inilah yang bisa menyingkirkan plak pada gigi. Cairan ini bisa dibilang sangat tajam karena bisa menembus lapisan gigi dan menyingkirkan plak atau karang gigi dengan sempurna.

Methyl Salicylate

Fungsi dari methyil salicylate ini adalah sebagai penghilang rasa nyeri yang ada pada mulut agar mulut anda menjadi tampak fresh dan pastinya juga tidak ada otot-otot yang kaku lagi.

Air (Water)

Di dalam obat kumur atau mouthwash, air ini juga digunakan sebagai pelarut dari berbagai cairan itu semua agar tercampur menjadi satu serta juga mengurangi kandungan yang sangat berbahaya dari zat tersebut apabila tidak dilarutkan.

Itulah komposisi obat kumur yang bisa anda gunakan sebagai patokan untuk memilih bagimana ciri-ciri obat kumur atau mouthwash terbaik. Dalam hal ini, pastikan obat kumur anda memiliki beberapa kandungan yang sudah kami sebutkan di atas, dan untuk presentase kandungannya lebih baik tidak terlalu banyak karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *