Cara mengatasi bau mulut dengan 3 rutinitas berikut

Cara mengatasi bau mulut itu sebenarnya gampang gampang susah. Sama halnya dengan anggota tubuh yang lain, mulut juga perlu dirawat setiap hari supaya nafas tetap segar, tak berbau ‘mematikan’. Percuma saja, kalau kamu berusaha keras sampai mau mati rasanya dalam satu waktu, akan lebih baik dan tentunya tidak menguras banyak tenaga apabila dilakukan terus menerus. Nah, ini dia 3 rutinitas mudah yang dapat kamu praktekkan setiap hari.

  1. Minum air putih

Pertama tama, ayo kita ingat lagi, biasanya kalau bangun apa yang pertama kali kita lakukan? Apa yang pertama kali kita masukkan ke dalam mulut kita?

Hmmm.. Bisa jadi selama ini kamu lupa meminum air putih, malah melakukan aktivitas lain yang mungkin kamu anggap lebih berarti. Eits, tunggu dulu, air putih itu tidak kalah penting dibanding yang lain.

Tahukah kamu? Ginjal yang jarang mendapatkan asupan air putih akan cenderung membuat nafas berbau tidak sedap, sangat disarankan jika kamu langsung minum air putih ketika pertama kali bangun.

  1. Kumur

Kedengarannya sangat sepele? Hanya berkumur? Memang tidak terdengar sulit, tapi efek yang diberikan cukup berpengaruh. Kalau tadi sudah membahas mengenai pentingnya meminum air putih, sekarang kita membahas pentingnya berkumur.

Bahan untuk berkumur juga cukup mudah, minimal kamu sedia air bersih saja, pastikan air yang gunakan berkumur tidak terasa aneh di lidah, percuma dong kalau berkumur menggunakan air yang kurang bersih. Akan lebih baik jika wadah air untuk berkumur menggunakan wadah tersendiri (bukan dengan gayung yang dipakai untuk mandi), karena bakteri atau jamur dari badan akan menempel pada gayung yang kalau kamu buat berkumur, maka bakteri bisa kontak langsung dengan mulut.

Untuk mendapatkan rasa segar di mulut usai bangun tidur akan lebih baik jika kamu berkumur dengan air dingin dan bukan dengan air hangat. Cara berkumur yang benar juga perlu kamu perhatikan, yaitu dengan mengadahkan kepala lantas mengocok air di kerongokan tapi jangan sampai ditelan.

Kamu juga dapat menambahkan obat kumur favorit kamu agar hasil akhir yang diberikan lebih maksimal.

  1. Sikat gigi dengan baik dan benar

“Sudah sikat gigi belum?”

Hayoo… siapa yang suka ditanya begini waktu kecil? Atau malah sampai sekarang masih ada yang perhatian soal kebersihan gigi kamu?

Kalau iya, berarti bagus karena ini memang salah satu faktor untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau mulut tidak sedap.

Idealnya, menyikat gigi setidaknya sehari dua kali. Bahkan apabila kamu suka makanan berbau menyengat, seperti telur setengah matang, pete, atau durian bakal lebih bagus lagi kalau kamu langsung menyikat gigi atau berkumur untuk menghilang efek bau yang ditinggalkan.

Peralatan menyikat gigi juga perlu diperhatikan. Coba perhatikan, kapan terakhir kali kamu mengganti sikat gigi mu dengan yang baru?

Sikat gigi hanya bertahan paling lama dua sampai tiga bulan. Sejatinya, sikat gigi sudah tidak layak pakai jika berusia lebih lama dari itu, apalagi jika dipakai terus menerus atau malah bulu sikatnya sudah jabrik kemana mana. Alasan secara medis sama dengan wadah kumur, bakteri dari gigi kita akan menempel di sikat dan tidak ada jaminan bakteri hilang seutuhnya saat dicuci dengan air.

Demikian 3 rutinitas yang bisa kamu lakukan setiap hari guna menghilangkan bau mulut. Selamat mencoba!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *