Cara mengatasi bau mulut saat berciuman

Cara mengatasi bau mulut

www.listerine.co.id

Realistis saja, tidak ada yang suka bau mulut, apalagi jika momen romatis sudah terbangun dan kamu sudah bertatap mata, siap mencium bibir pasangan.

Bau mulut bisa disebabkan banyak faktor, yang paling umum adalah bakteri dalam mulut dan gigi, yang mana biasa menjadi suatu masalah yang cukup mudah untuk diselesaikan. Makanan juga dapat menjadi biang kerok, merokok, dan masalah pencernaan lain. Tentunya kamu ingin memastikan bau mulut tidak akan membuat kamu terjebak dalam situasi memalukan seperti momen ciuman romantis berakhir, ikuti cara mengatasi bau mulut dibawah ini.

1. Gosok gigi dan lidah kamu 2 kali sehari

Bakteri busuk bisa berkembang di lidah, sama halnya dengan gigi, jadi jangan lupa untuk membersihkan lidah, terutama lidah bagian belakang, kapanpun kamu menggosok gigi. Pada satu penelitian ditemukan bahwa menggosok lidah, mengurangi bau mulut sampai dengan 70%. Ingatlah bahwa kamu arus menggosok gigi dua kali sehari, setiap hari.

2. Periksa gigi secara rutin ke dokter

Bau mulut bisa disebabkan oleh pengikisan gigi, jadi sangatlah penting untuk tetap menjadwalkan pertemuan dengan dokter gigi. Dokter gigi akan memberi rekomendasi berapa kali kamu harus cek kondisi gigi berdasarkan kondisi gigi dan gusi. Selama pemeriksaan, kamu juga bisa mendapatkan pembersihan gigi menyeluruh dari seorang ahli dan hal ini akan membantu menjauhkan bau mulut.

3. Hindari makanan penyebab bau mulut

Beberapa jenis makanan sangat mampu menyebabkan bau mulut, seperti bawang, bombay, dan kopi. Makanan berasam bisa menyebabkan bau mulut pula, karena mereka merubah kadar PH dalam mulut, yang mana bakteri bisa berkembang lebih cepat. Hindari makanan seperti tomat, nanas, jeruk bali merah, dan jeruk lalu lihat hasilnya.

4. Jangan lupa flossing

Potongan makanan kecil dalam mulut bisa saja nyelip di antara gigi kamu dan menggosok gigi saja tidak cukup mendorong makanan ini keluar. Jika sisa makanan dibiarkan di dalam sana, bakteri dalam mulut akan memangsa makanan tersebut dan menimbulkan nafas bau. Floss sehari hari adalah salah satu jalan untuk memastikan tidak ada sisa makanan nyelip lagi di gigi.

5. Gunakan obat kumur anti bakteri

Obat kumur anti bakteri akan membunuh bakteri yang tidak terbunuh saat menggosok gigi dan membuat mulut kamu lebih segar untuk waktu yang lama. Gunakan obat kumur setelah menggosok gigi dan cari obat kumur yang mengandung chlorhexidine, atau cetylpyridinium chloride, karena 2 zat tersebut sangat ampuh melawan bakteri penyebab bau mulut.

6. Rajin minum air

Tiap kali mulut kamu terasa kering, maka bau mulut akan bertambah parah, jadi pastikan kamu minum air putih yang cukup banyak dalam sehari untuk membantu mengatasi bau mulut. Kamu harus meminum air putih yang cukup agar kesehatan kamu tetap terjaga, jadi menambah kadar air putih yang diminum dalam sehari tentu menjadi hal baik.

7. Siapkan permen karet bebas gula

Jika memang sudah mendekati detik detik romansa dengan pasangan dan mulut bau masih saja ada, maka permen karet bebas gula bisa menjadi penyelamat kamu. Pastikan kamu menyimpan setidaknya satu di dalam tas atau kantong kamu. Bukan hanya rasa mint dari permen karet menyegarkna mulut, namun mengkunyah permen karet mendorong produksi saliva yang bisa membuang bakteri penyebab bau mulut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *