Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut memang menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Bau mulut ini ditandai ketika orang meniupkan atau menghembuskan napas ke tangan, kemudian napas tersebut akan tercium oleh diri kita sendiri. Sebenarnya cara ini tidak cukup efektif untuk mengetahui bau mulut Anda, bahkan sama sekali tidak bekerja. Salah satu cara mengetahui bau mulut adalah dengan menjilat telapak tangan, diamkan sampai air liur kering dan cium apakah bau atau tidak. Apabila baunya menyengat, berarti tandanya Anda memiliki masalah bau mulut. Selain itu, gigi berlubang juga dapat memicu terjadinya bau mulut. Mengapa demikian? Karena terjadi penumpukan sisa makanan, yang nantinya dapat membusuk dan menyebabkan bau mulut kurang sedap. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Menggosok Gigi Secara Rutin

Hal paling utama yang harus Anda lakukan adalah menggosok gigi secara rutin. Anda disarankan sebaiknya menggosok gigi sebanyak 3 kali dalam sehari, yaitu pada saat mandi di pagi hari, mandi di sore hari, dan malam hari ketika ingin tidur. Dengan rutin menggosok gigi, keadaan gigi Anda akan bersih dan terhindar dari sisa-sisa makanan yang menempel pada celah gigi, sehingga bau mulut tidak akan menyerang Anda. Namun, ada baiknya jangan menggosok gigi terlalu keras dan kencang, karena dapat menyebabkan enamel hancur serta gigi mudah berlubang dan rusak.

2. Berkumur Menggunakan Garam

Berkumur dengan menggunakan garam adalah salah satu cara mengatasi bau mulut. Terkadang, menggosok gigi saja tidak cukup. Ketika Anda menggunakan sembarangan obat kumur sehabis Anda menyikat gigipun juga tidak terlalu baik, karena hal tersebut dapat mengurang produktivitas air liur. Maka dari itu, solusinya Anda dapat berkumur dengan menggunakan air garam. Selain harganya yang terjangkau, air garam juga salah satu bahan alami yang tak mungkin membahayakan mulut. Anda dapat melakukannya setelah menggosok gigi.

3. Menggunakan Teh Hijau atau Daun Sirih

Cara mengatasi bau mulut yang ketiga adalah dengan menggunakan teh hijau atau daun sirih. Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau pada pagi hari, bau mulut akan cepat hilang. Mengapa demikian? Karena teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membunuh kuman atau zat-zat asing pada tubuh. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan daun sirih sebagai mouth wash ketika Anda mengalami masalah bau mulut. Tak ada salahnya, Anda mencoba cara ini karena sudah teruji sejak zaman dahulu.

4. Mengkonsumsi Permen Karet

Permen karet ternyata dapat Anda gunakan sebagai cara mengatasi bau mulut. Dengan Anda rajin mengunyah permen karet, maka mulut akan terus memproduksi air liur. Permen karet ini juga dapat Anda gunakan untuk menguatkan gigi Anda. Jadi, banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika mengonsumsi permen karet. Tidak hanya bau mulut saja yang hilang tetapi gigi Anda juga tampak lebih putih dan sehat.

5. Berhenti Merokok

Jika anda adalah seorang perokok, maka sebaiknya Anda mengurangi intensitas merokok dengan cara mengonsumsi permen dan juga berbagai peppermint lainnya. Apabila tidak melakukan cara itu, merokok akan sangat sulit dihentikan dan bau mulut tetap mengganggu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *