Cara Pijat Bayi Yang Benar Menurut Para Ahli

cara pijat bayi

www.ibudanbalita.com

Pijat bayi ini merupakan salah satu terapi yang sangat baik bagi bayi di awal tumbuh kembangnya. Apalagi pijat pada bayi ini diketahui memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil menjadi lebih maksimal.

Namun lantaran kondisi bayi tidak sama dengan orang dewasa, kehati-hatian saat memijatnya mutlak harus Anda lakukan. Sebab jika salah pijit bukan tidak mungkin akan menimbulkan efek buruk bagi tumbuh kembang bayi itu sendiri.

Salah satu contohnya adalah soal kekuatan pemijatan. Umumnya akan disesuaikan bertahap sesuai dengan usia si kecil. Begitupun juga dengan bagian tubuh manan yang sebaiknya dipijat dan yang tidak.

Saat bayi baru lahir, pemijatan ini baru sebatas sentuhan lembut saja. Berbeda ketika usia bayi sudah mulai bertambah, penekanan saat proses pemijatan bisa ditambah sehingga si kecil akan benar-benar merasakan pijatan lembut dari Bunda.

Untuk mendukung tumbuh kembang bayi, pijat untuk bayi ini sebaiknya dimulai semenjak bayi baru dilahirkan. Jadi tidak perlu menunggu waktu lama, setelah bayi lahir, Anda sudah bisa memijatnya.

Persiapan Sebelum Memijat Bayi

Agar supaya tujuan dari pijat balita ini sesuai dengan yang diharapkan, yaitu untuk mengotimalkan tumbuh kembang si kecil, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai proses pemijatan.

Sebelum proses pemijatan dimulai, pastikan Bunda menyediakan ruangan yang memiliki suhu hangat dan yang memiliki suasanan tenang sehingga akan membuat si kecil merasa nyaman.

Selanjutnya persiapkan segala perangkat yang dibutuhkan saat proses pemijatan berlangsung. Misalnya seperti handuk atau tatakan untuk alas si kecil dan minyak untuk menggosok  (direkomendasikan untuk menggunakan baby oil atau minyak zaitun), pakaian yang bersih, dan popok.

Atau perispan-persiapan lain yang sekiranya nanti Bunda perlukan saat proses pijat batita berlangsung. Intinya buatlah si kecil serileks mungkin supaya saat proses pemijatan berlangsung si kecil menjadi nyaman sehingga potensi menjadi rewel bisa diminimalisir.

Setelah semua persiapan dianggap cukup, Bunda bisa memulainya dengan melakukan peregangan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan supaya otot bayi tidak kaget saat dipijat dan supaya bayi bisa lebih releks lagi saat proses pemijatan berlangsung.

Proses peregangan ini bisa Bunda mulai dengan menelantangkan si kecil terlebih dahulu. Saat si kecil sudah terlentang, pegang kedua kaki dan juga lututnya secara bersamaan lalu tempelkan lutut sampai ke perut,

Kemudian dilanjutkan dengan memegang kedua kaki beserta lutunya lalu putar dengan gerakan melingkar ke kiri dan kanan untuk melemaskan pinggul si kecil. Gerakan seperti ini juga efektif untuk menyembuhkan sakit perut.

Cara Pijat Kaki Bayi Yang Benar

Ketika Bunda ingin memijat kaki si kecil, bisa memulainya dengan memegang kedua kaki si kecil terlebih dahulu dengan satu tangan lalu tepuk-tepuk sepanjang tungkainya dengan menggunakan tangan Bunda yang satunya.

Kemudian usap turun naik dari jari-jari kakinya sampai ke pinggul lalu kembali lagi. Setelah itu lanjutkan dengan pijat pada telapak kakinya lalu tarik jari-jemarinya. Gunakan jempol Bunda untuk mengusap bagian bawah kaki si kecil, mulai dari tumit sampai ke kaki.

Setelah itu pijat di sekeliling pergelangan kaki bayi dengan pijatan-pijatan kecil melingkar. Jadi intinya pijat untuk batita ini tidak bisa dilakukan dengan cara yang asal-asalan, sebab berpotensi bisa membahayakannya.

Cara Pijat Perut Bayi Yang Benar

Pijatan pada perut bayi ini bisa Bunda mulai dengan pijatan-pijatan kecil melingkar pada perut si kecil menggunakan ujung jari tangan Bunda. Gunakan pijatan berbentuk I Love U. Sebaiknya bunda hanya menggunakan 2 atau 3 jari saja yang membentuk huruf I-L-U dari arah si kecil.

Jadi bila dari posisi bunda akan membentuk hurus I-L-U terbalik. Setelah itu seperti ini tahapan memijatnya:

  1. Urut dari arah kiri bayi dari bawah iga ke bawah (membentuk huruf I).
  2. Urut melintang dari arah kanan bayi ke arah kiri bayi, lalu turun ke bawah (membentuk huruf L).
  3. Dan yang terakhir urut dari arah kanan bayi, lalu naik ke arah kanan atas bayi, kemudian melengkung membentuk huruf U, setelah itu turun lagi ke arah kiri bayi (membentuk huruf U). Jadi semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

Cara Pijat Lengan Bayi Yang Benar

Untuk caranya, Bunda bisa memulainya dengan memegang pergelangan tangan bayi menggunakan satu tangan kemudian tepuk-tepuk di sepanjang lengannya dengan tangan Bunda yang satunya lagi.

Setelah itu pijat turun naik dimulai dari ujung sampai ke pangka lengan si kecil. Lanjutkan dengan memijat telapak tangannya dan tekan. Lalu akhiri dengan tarik setap jarinya. Ulangi langkah tersebut pada lengan bayi yang satunya.

Namun jika Bunda tidak begitu yakin untuk melakukan pijat pada anak yang baru lahir ini sebaiknya mintalah bantuan sama orang yang sudah terbiasa melakukannya. Sebab jika salah pijat ini bisa berbahaya.

Cara Pijat Punggung Bayi Yang Benar

Untuk langkah awalnya Bunda bisa memulainya dengan menelungkupkan si kecil di atas lantai atau di atas kedua kaki Bunda. Setelah itu Bunda lanjutkan dengan menggerak-gerakkan kedua tangan Bunda naik turun mulai dari atas punggung hingga ke pantatnya.

Lakukanlah pijatan dengan membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggung bayi. Lengkungkanlah jari jemari Bunda menyerupai sebuah garu kemudian garuk punggung si kecil ke arah bawah.

Cara Pijat Kepal dan Wajah Si Kecil Yang Benar

Mulailah dengan mengangkat pada bagian belakang kepala bayi dengan menggunakan kedua tangan Bunda lalu usap-usap kulit kepalanya dengan menggunakan ujung jari Bunda. Lanjutkan dengan menggosok-gosok daun telinganya lalu usap-usap alis matanya.

Lanjutkan dengan mengusap-usap kedua kelopak matanya yang tertutup kemudian mulai dari puncak tulang hidungnya menyebrang ke kedua pipi bayi. Setelah itu pijat dagunya dengan membentuk lingkaran-lingkaran kecil.

Seperti itulah cara pijat pada batita yang benar. Jadi Bunda tidak boleh asal-asalan saat ingin memijatnya. Semoga ulasan tips pijat bayi yang benar di atas bisa membantu Bunda di rumah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *