Cara Si Kecil Merespons Suatu Benda Ketika Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Apabila pada usia 1 bulan bayi Anda belum begitu bisa merespons, maka beda halnya dengan perkembangan bayi usia 2 bulan. Di usia ini, bayi sudah mulai bisa tersenyum saat diajak bicara atau melihat sesuatu yang menurut ia cukup menarik. Otak dan pendengarannya makin berkembang sehingga ia bisa menikmati suara dan musik yang di dengarnya.

Pada saat usia 6 minggu, si kecil bisa merespons musik dengan kaki menendang-nendang dan bisa juga ia bersuara. Walau begitu, bayi Anda juga membutuhkan waktu untuk merasa tenang sehingga jangan memperdengarkan musik dalam waktu panjang untuknya.

Pada usia 7 minggu, si kecil akan mulai berusaha meraih dan menggenggam berbagai benda di sekelilingnya. Walau tidak selalu berhasil, akan tetapi bila sekali menggenggam sesuatu maka benda itu akan sulit dilepaskan dari genggaman bayi Anda. Jauhkan dri berbagai benda yang dianggap berbahaya dari jangkauannya,misalnya saja benda tajam atau botol air panas.  Pada usia 5 minggu, pergerakan si kecil sudah semakin teratur. Reflek terkejut yang biasa terjadi ketika baru lahir mulai tidak nampak lagi.

Selain itu, ia juga sudah bisa menenangkan diri sendiri dengan cara menghisap jari tangannya. Pada usia 7 minggu, bayi mulai suka dengan berbagai benda 3 dimensi berwarna menarik dan mainan yang dapat berbunyi. Disamping itu, pada usia 7 minggu matanya bisa mengikuti pergerakan benda kemana saja. Anda bisa membantunya dengan menggerakkan mainan di depan matanya. Kegiatan mandi juga bisa menjadi kesempatan bagi si kecil untuk belajar. Contohnya saja dengan menempatkan berbagai mainan yang bisa berbunyi bilaa ditekan.

Kemampuan Bicara Dan Sosial Pada Perkembangan Bayi Umur 2 Bulan

Bayi Anda sudah mampu membuat berbagai suara bayi dan ekspresi wajahnya mulai bisa berganti sesuai yang dirasakannya. Contohnya saja seperti meniup, menaikkan alis mata, atau mata melotot untuk memberi tahu bil ada sesuatu yang kurang nyaman,  misalnya saja popok yang basah, merasa lelah, atau merasa lapar. Bayi Anda mulai bisa berinteraksi dengan memberikan senyumannya pada Anda. Dengan membalas senyumannya, ia akan mengerti bahwa tindakannya ternyata memperoleh tanggapan.

Selain itu, ia bisa meniup dan mengeluarkan suara saat Anda sedang bicara padanya. Bahkaana bayi Anda mungkin bisa meniru ekspresi Anda. Pada usia 8 minggu, bayi Anda bisa mengenali suara dan makin dapat mendengar berbagai bunyi di sekelilingnya serta bisa mengenali dari jarak tertentu. Otak bayi Anda akan berkembang kurang lebih 6 cm pada tiga bulan awal masa perkembangannya. Meskipun si kecil belum dapat membalas ketika kita bicara, menyanyi, dan membacakan cerita kepadanya namun ia sedang mempelajarinya.

Hal yang juga sangat  penting adalah tidur yang cukup sebab  ini merupakan kunci utama yang akan mendukung perkembangan bayi Anda. Di usia 5 minggu,  biasanya bayi mulai tidur lebih lama saat malam hari dibandingkan ketika bayi baru lahir. Membacakan dongeng atau memijat dengan lembut bisa menjadi cara untuk pengantar tidur yang membuat bayi nyaman dan tenang menjelang tidur.

Masalah Yang Dikhawatirkan Saat Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan tiap anak itu berbeda-beda sehingga Anda tidak perlu terlalu cemas bila anak Anda belum menunjukkan berbagaai tanda kemajuan pada usia ini. Akan tetapi tidak ada salahnya bila memeriksakan bayi Anda ke dokter saat ada beberapa masalah yang dikhawatirkan, seperti yang dibawah ini;

-Tidak ada respon terhadap cahaya terang.

-Kurang bereaksi saat mendengar suara kencang.

-Penglihatannya kurang fokus pada benda yang bergerak.

-Tubuh nampak kaku atau justru terlalu terkulai.

-Tidak menyadari gerakan tangan sendiri.

-Tidak tersenyum saat Anda atau orang lain mengajak si kecil tersenyum.

-Tidak memasukkan tangannya ke mulut seperti bayi normal lainnya.

-Tidak bisa menegakkan kepala ketika dibaringkan tengkurap.

Setelah bayi Anda mencapai usia 2  bulan dan akan memasuki usia tiga bulan, maka waktu Anda yang mengalami kurang istirahat dan canggung akan sedikit teratasi. Pertumbuhan bayi akan menjadi lebih teratur sehingga Anda juga bisa lebih menata diri. Bayi Anda saat ini sudah berusia 2 bulan dan bukan merupakan bayi yang baru lahir lagi. Memasuki bulan kedua Anda mengasuh si kecil dan mengamati perkembangan bayi dari minggu ke minggu, Anda sudah bisa memahami kepribadian bayi anda. Anda harus belajar tentang apa yang disukai dan tidak disukai bayi serta apa yang membuat bayi Anda menangis, contohnya saja karena lapar, mengantuk atau popoknya basah.

Bayi usia 2 bulan biasanya sudah lebih kuat untuk menopang kepalanya meskipun masih terhuyung dan dapat mengangkat kepalanya sampai 45 derajat ketika ditengkurapkan atau ditegakkan badannya. Respon mengisap bayi akan berlanjut di bulan kedua pertumbuhannya. Si kecil juga suka mengisap jempol atau jari lainnya yang merupakan salah satu cara bayi Anda untuk menghibur diri.

Perkembangan pola tidur bayi saat berusia 2 bulan masih belum terbentuk seluruhnya dan akan terus berkembang. Biasanya bayi usia 2 bulan membutuhkan tidur sekitara 15 sampai 16 jam per hari yang terbagi dalam beberapa tahap tidur. Anda bisa menunggu beberapa minggu lagi untuk dapat beristirahat lebih banyak seiring dengan pertumbuhan bayi 2 bulan Anda. Anda bahkan mungkin dapat tidur sepanjang malam dengan membantu si kecil belajar tidur sendiri. Anda bisa menempatkan si kecil di tempat  tidurnya ketika ia terlihat mengantuk sebab pada perkembangan bayi usia 2 bulan, bayi Anda harus banyak tidur.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *