Cara yang Tak Lazim Namun Patut Dicoba untuk Mengatasi Rasa Takut

Apakah orang hebat itu orang yang berhasil mengatasi rasa takut dalam arti mengalahkan perasaan tersebut? Salah besar jika kamu menganggap demikian.

Kebanyakan tips untuk mengatasi perasaan takut ini mengajarkan agar Anda melawan perasaan tersebut. Dan apa yang terjadi? Memang ada yang berhasil tapi banyak yang tidak.

Contohnya saja jika ada seseorang yang takut dengan kucing. Entah kenapa sampai dewasa pun orang tersebut tidak berani untuk berteman dengan seekor kucing.

Jelas bukan melawan rasa takut yang diperlukan.

Cara Aneh Mengatasi Rasa Takut

Ingat, bukan melawan yang dibutuhkan untuk menghilangkan rasa takut. Lalu bagaimana caranya?

  • Berkawan dengan Rasa Takut

Bagaimana caranya?

Layaknya jika kamu ingin berteman dengan seseorang, apa yang akan kamu lakukan? Pertama kali tentu saja mengenal orang tersebut. Begitu juga apa yang seharusnya kamu lakukan untuk menghilangkan perasaan takut.

Kenali rasa takut tersebut. Temukan apa yang menjadi penyebab rasa takut yang kamu alami.

Kemudian, akan lebih baik jika kamu lebih mengetahui rasa takut tersebut dengan mencari tahu hal yang tidak membuat kamu takut. Karena dengan memahami hal yang sebaliknya, kamu bisa lebih cepat memahami hal lain. Kamu takut dengan A namun kamu berani dengan B.

Jadi, pada intinya, kenali rasa takut tersebut layaknya kamu ingin mengenal orang yang ingin Anda jadikan seorang kawan atau sahabat.

  • Terima Rasa Takut Tersebut

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seharusnya Anda tidak melawan rasa takut tersebut. Berkebalikan dengan hal tersebut, kamu seharusnya menerima rasa takut tersebut.

Hal ini disebabkan rasa takut itu hal yang sangat manusiawi. Semua orang memiliki rasa takut terhadap hal tertentu. Dan yang harus kamu lakukan hanyalah menerima rasa takut tersebut.

Menerima rasa takut ini akan membuat kamu semakin waspada. Contoh sederhananya seperti ini. Jika kamu dengan gelap, kamu pasti akan sangat hat-hati jika harus mengendarai motor atau mobil di malam hari. Bukankah itu hal yang baik?

  • Membalikkan Keadaan

Kenapa kamu tidak coba menjadikan hal yang menakutnya menjadi hal yang lucu? Seperti contoh, jika kamu takut dengan hewan tertentu, kamu bisa menjadikan hal yang lucu seperti membuat pesta kecil-kecilan di mana tamu undangan menggunakan topeng bergambar hewan dan kamu menggunakan topeng dengan gambar hewan yang kamu takuti.

Jadi, dengan adanya pesta tersebut, kamu akan sedikit demi sedikit membuat otak berpikir sebaliknya. Kamu tidak lagi takut dengan hewan tertentu tapi menganggap hewan tersebut lucu sekali.

Rasa Takut dan Kepercayaan Diri

Ada katainnya antara rasa takut dengan kepercayaan diri. Kebanyakan orang takut menghadapi hal-hal baru seperti menghadapi tes wawancara kerja. Mereka pada yang sama kehilangan rasa percaya diri.

Itulah mengapa penting sekali membekali diri dengan hal-hal yang membuat kamu merasa percaya diri. Dengan demikian, rasa takut akan berkurang atau bahkan hilang.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri, kamu harus memastikan memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan atau kegiatan setiap hari kamu.

Namun, jangan sepelekan juga penampilan ya. Gunakan pakaian yang pas dan sesuai dengan kepribadian kamu. Pastikan juga mulut kamu terasa segar agar kamu bisa lebih PD ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Untuk memiliki nafas yang segar, menggosok gigi saja tidak cukup. Kamu juga harus berkumur-kumur dengan Listerine. Temukan kepercayaan dirimu yang seutuhnya sekarang juga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *