Ciri Ciri Awal Kehamilan Semua Pria Wajib Tahu

ciri-ciri awal kehamilan

Source: Etsy

Program kehamilan memang sangat populer di kalangan pasangan yang memang mengharapkan kehadiran buah hati dalam hidupnya. Sayangnya, usaha keras dan harapan tinggi tak disertai pengetahuan seputar ciri ciri awal kehamilan. Ibarat petualangan, sudah capek jalan jauh padahal tidak tahu apa tanda tujuan telah tercapai.

Namanya target sudah pasti ada beberapa langkah yang harus dilalui sebelum sampai. Dalam konteks kehamilan, langkah pertama tentu saja pertanda hamil muda yang nampak. Usut punya usut, sebetulnya belum ada yang benar – benar mampu memprediksi usia kehamilan secara akurat. Ya, kehamilan bisa diketahui hanya saja perhitungan momen sperma berhasil ‘kencan pertama’ dengan indung telur sangat sulit diprediksi.

Manusia diberi akal lebih besar dibanding mahluk mamalia lainnya, tentu akan sangat bagus bila dipergunakan dengan baik. Walaupun teknologi masa kini belum mampu memberi seberapa jauh kandungan bunda dengan pasti, setidaknya beberapa tanda hamil dibawah ini bisa memberi pencerahan baik bagi bunda maupun ayah.

1. Aerola gelap
Perempuan biasanya lebih sadar dengan perubahan tubuh kecil terutama pada area yang tidak jarang dilihat seperti aerola. Beberapa kaum hawa terlahir dengan aerola atau puting gelap sehingga pertanda satu ini kadang kurang dianggap.

Aerola menggelap bukan karena tubuh lagi iseng, melainkan punya fungsi tersendiri untuk janin. Seperti yang semua orang tahu, namanya membesarkan bayi otomatis butuh air susu ibu. Produksi ASI (air susu ibu) tak lain dan tak bukan ada pada kelenjar susu dalam payudara, dimana sedang dalam masa pembentukan di awal kehamilan kini.


Kala berbagi kasih di ranjang, ayah bisa saja sadar aerola bunda berubah gelap dan benjol. Jangan keburu panik, benjolan payudara sangat wajar dialami. Malahan, justru keberadaan benjolan tersebut menandakan proses pembangunan jalur air susu ibu sedang berjalan dengan baik dalam payudara.

2. Pusing kepala
Pria yang menikahi perempuan yang jarang sekali sakit, bahkan cenderung perkasa biasanya tidak sadar akan tanda satu ini. Ya, ketika perempuan hamil, kepala bisa terasa berputar – putar. Dalam banyak kasus, pusing karena kehamilan awal sampai membuat bunda harus mengambil waktu istirahat, saking tidak mampunya turun dari kasur.

Gangguan pada kepala di masa kehamilan awal sangat wajar. Seperti halnya aerola, tubuh butuh persiapan matang guna menghadapi 9 bulan kedepan. Hormon tubuh benar – benar di produksi dengan sangat cepat, sampai kemungkinan besar tubuh bunda belum siap. Kepala terasa pening umumnya disebabkan karena tubuh masih butuh waktu beradaptapsi dengan serangan hormon yang ada.

Obat penurun sakit kepala biasanya kurang direkomendasikan untuk kandungan. Pasalnya, beberapa kandungan seperti kafein mungkin kurang baik bagi perkembangan janin. Ayah sebagai seorang suami, bisa membantu bunda dengan memberi perhatian lebih. Usahakan untuk tidak terlalu memaksa bunda tahu apa yang dibutuhkan karena pada tahap ini sakit kepala saja sudah cukup.

3. Sering ke kamar mandi
Rasa buang air kecil mendadak datang terus ? hati – hati ! bisa saja bunda sedang hamil.

Gejala yang berhubungan dengan buang air kecil kadang memang sulit dipercaya. Pasalnya, beberapa orang hanya menganggap bunda terlalu banyak minum air putih sehingga hawanya ingin buang air kecil melulu. Bahkan perempuan cenderung mengidahkan fakta bahwa jumlah buang air kecil hari ini sudah melampaui batas normal.

Kenapa ?

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa tubuh harus produksi hormon lebih banyak dari biasanya, ternyata tidak berhenti sampai disitu saja. Ginjal tubuh juga musti berusaha berkali – kali lipat lebih keras. Tekanan pada pembuluh darah kian mendorong produksi air seni dalam tubuh, dan hasil akhir hawa ingin ke kamar mandi terus menerus.

4. Mual muntah
Adegan film, sinetron, dan cerita paling klasik di seantero kehamilan terletak pada mual dan muntah. Pasti ada yang namanya adegan muntah dan mual sebelum bunda dilarikan ke ruang dokter atau minimal mencoba tes kehamilan sendiri. Pasangan yang menanti buah hati umumnya akan sangat senang bila tanda satu ini muncul.

Berita kurang baiknya, mual dan muntah biasa dialami pada kehamilan kurang lebih 6 minggu. Artinya, bila ayah bunda baru mau melakukan tes kehamilan sekarang, sedikit terlambat. Pasalnya, bunda sudah hamil sejak lama dan baru sadar sekarang. Persiapan minum vitamin, dan suplemen yang seharusnya bisa membantu janin tumbuh sedikit telat.

5. Makan mulu

“Sayang kok makan terus”
Kalau sampai kalimat satu ini terlontar dari mulut ayah, mungkin bunda harus berhenti makan, dan cerna sebentar. Laki – laki biasanya tidak keberatan dengan kebiasaan makan bunda. Malahan kalimat terus terang dari pasangan biasa memberi sinyal kalau belakangan ini bunda memang makan super banyak.

“Bunda mengandung makan untuk dua orang” kalimat ini sangat tepat untuk menggambarkan gejala makan di awal kehamilan. Bahkan, lidah bunda berfungsi berbeda hingga kombinasi makanan aneh bin ajaib bisa terasa begitu nikmat. Ada baiknya, bunda tidak larut terbawa emosi dan mulai memilih bahan makanan sehat demi pertumbuhan janin.

5 tanda yang telah dijabarkan diatas sebetulnya masih dalam tahap umum. Beberapa bunda mungkin punya pengalaman berbeda. Manapun itu, sekali dinyatakan hamil, hal terpenting untuk diingat adalah bahagia boleh tapi jangan ceroboh. Janin sangat membutuhkan bunda dan ayah tak hanya usai ciri ciri awal kehamilan namun hingga hari persalinan, jadi pertahankan kerja samanya. Ayah ingin tahu lebih lanjut mengenai cara menghitung usia kehamilan. Coba cek di sini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *