Ciri Gizi Balita Kurang Terpenuhi

gizi balita

Image Source: Bestchinanews

Memenuhi gizi balita memang menjadi kewajiban orang tua. Kekurangan gizi pada balita bisa menimbulkan efek jangka panjang. Tubuh balita masih lemah karena masih dalam tahap ‘kontruksi’. Tidak ada orang lain yang bisa membantu balita tumbuh besar dan sehat selain dari dukungan orang tua.

Salah langkah tentu bukan hal yang diharapkan orang tua manapun baik dari segi tanggung jawab maupun rasa sayang. Ilmu pengetahuan sangat diperlukan guna mengindetifikasi bahaya sebelum hal yang terburuk memang benar terjadi. Memang setiap balita menunjukkan hal berbeda satu sama lain akan tetapi bila digeneralisir ada beberapa ciri utama pada tubuh balita yang menyalakan sinyal SOS kekurangan gizi.

 

Kemampuan bicara tidak kunjung lancar

Cedal berbeda dengan ketidak mampuan untuk bicara dengan lancar. Balita umumnya sudah mampu berkomunikasi meski masih sedikit keserempet alias kurang jelas. Tapi balita yang sepertinya benar – benar kesusahan walau sekedar mengungkapkan hanya 1 sampai 2 kata saja patut menjadi pusat perhatian. Tidak ada identifikasi bisu bisa berarti balita kekurangan vitamin B12, suatu vitamin yang menjaga kinerja otak dan saraf agar tetap baik. Suplemen vitamin B12 sebenarnya tidak dijual dengan bebas atau diberikan sembarangan tanpa ijin dokter. Beberapa makanan seperti ikan, susu, telur, dan kerang kaya akan vitamin B12, layak dicoba sebelum membawa si kecil ke jalur medis formal.

 

Kulit kering rambut pecah pecah

Standar kecantikan berupa kulit cerah nan mulus dengan rambut indah tergerai indah ternyata menyimpan faktor kesehatan tersendiri. Kulit kering bahkan pecah – pecah tidak hanya merusak penampilan anak namun juga menjadi tanda kekurangan gizi.  Vitamin A, D, E, dan K2 merupakan penanggung jawab keindahan rambut sampai dengan kulit. Tentu saja ayah atau bunda bisa mengecek apakah hanya kondisi alami anak atau disebabkan kekurangan vitamin dengan mencoba perawatan terlebih dahulu. Masker rambut misalnya, konsultasikan dengan dokter apakah aman menggunakan perawatan dengan merek tertentu. Tidak adanya perubahan menandakan bahwa memang rambut cerminan kekurangan gizi. Carilah suplemen yang mengandung Vitamin A, D, E, dan K2 untuk dikonsumsi anak sehari – hari dan lihat hasilnya.

Gigi keropos berlubang

Memandang gigi yang putih tentu lebih indah dibanding gigi penuh plak dengan lubang. Tidak mengherankan iklan pasta gigi mengutamakan model dengan gigi putih cemerlang agar lebih menjual. Sama halnya dengan kulit gigi putih tidak hanya enak dilihat namun juga tanda kesehatan gizi seseorang. Banyak orang tua menganggap lubang gigi disebabkan terlalu banyak makan makanan manis, padahal sebenarnya tidak sepenuhnya tepat. Lubang gigi tidak selalu disebabkan makanan manis, memang bakteri mulut menyenangi gula dan bisa melubangi gigi, tapi dengan mineral cukup seharusnya gigi tetap kokoh. Balita yang tidak memperoleh asupan mineral hanya membuat gigi ringkih dan diperparah dengan makanan manis. Ahli gizi Dr.Price menuliskan dalam bukunya seputar gizi balita menjelaskan dirinya menemukan lubang gigi lebih banyak menyerang anak yang kekurangan vitamin dibanding anak yang gemar makanan manis.

Obesitas

Anak gemuk biasanya menggemaskan dan terlihat sehat, meski tidak sepenuhnya benar. Kegemukan disebabkan 2 hal, tubuh menyerap nutrisi sehingga badan membesar atau hanya tubuh berisi makanan sampah. Kadar lemak jenuh berlebih menyebabkan tubuh gemuk namun tidak ada isi yang berarti, menjadikan anak obesitas. Kegendutan di atas rata – rata namun berisi nutrisi penting akan jauh lebih bermanfaat dibanding mereka yang hanya gendut tapi tidak berisi. Begitu banyaknya jajanan instant membuat isi perut anak hanya sampah belaka sehingga tidak bergizi apapun. Padahal dengan pemberian tepat, hal ini seharusnya tidak terjadi.

Makanan sehat penuh nutrisi akan membuat anak kenyang, sedangkan makanan yang berisi sampah hanya membuat anak seolah kenyang padahal masih lapar. Tubuh tidak bisa bersuara, jika memang mampu pasti tubuh dengan terus terang mengatakan ingin makan 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang terlalu banyak diproses dalam restoran cepat saji hanya membuat tubuh menumpuk sampah sehingga tidak ada artinya. Jangan lupa menyediakan daging, ikan, telur dan semacamnya setiap kali makan jika kenaikan berat badan memang tujuan bunda. Susu nankidsphpro 3 juga

Anak gampang sedih dan cemas

Tidak semua anak berbahagia menghadapi dunia. Beberapa anak justru mudah merasa sedih dan tidak mau beraktivitas tanpa alasan yang jelas. Usut punya usut, gizi juga berpengaruh pada kebahagiaan anak. Banyak orang mengatakan hidup sehat bikin senang bukan sekedar perumpamaan. Orang dengan obesitas dan kekurangan gizi cenderung lebih sering merasa sedih dibanding mereka yang tidak. Terlepas dari kondisi hidup, kesedihan bisa disebabkan kemampuan otak yang tidak mampu memproduksi endorphin, suatu senyawa yang bertanggung jawab memproses kebahagiaan. Parahnya, kalaupun anak ditanya mereka tidak tahu penyebab sedih atau cemas. Ciri – ciri satu ini memang hanya terlihat jika diperhatikan dari dekat.

Asam amino merupakan bahan bakar otak yang membantu ‘hati’ merasa lebih bahagia. Tanpa asam amino tubuh tidak bisa memproses kebahagiaan sehingga hanya ada rasa sedih yang muncul. Protein dibangun dengan asam amino, sehingga semakin banyak protein yang dikonsumsi tentu asam amino juga makin tersedia dalam tubuh. Daging sapi, ayam segar adalah sumber protein yang sangat baik dan anak – anak umumnya gemar. Kalaupun tidak ingin mengeluarkan uang banyak, telur bisa menjadi pilihan utama. Gizi balita terbaik untuk asam amino bisa diperoleh dari telur.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *