Daftar Belanja Perlengkapan Bayi

perlengkapan bayi

best strollers.com

Menyambut kedatangan buah hati, hmm..berjuta rasanya. Bahagia sekaligus cemas bercampur menjadi satu. Tidak hanya secara emosional namun juga fisik dan materi. Fisik dalam artian orang tua harus siap bangun tengah malam, bersabar menghadapi rengekan bayi dan banyak lagi. Materi tentu saja, ada perlengkapan bayi yang harus dipunya dengan kocek tidak minim.

Bicara mengenai keperluan bayi, kesalahan yang banyak terjadi karena sindrom orang tua adalah tidak membuat daftar perlengkapan bayi , padahal, tanpa daftar tersebut belanja perlengkapan bayi bisa kacau balau. Terlebih pada orang tua yang baru saja memiliki anak, rasa cemas kian menumpuk hingga mendorong pembelian produk yang sebenarnya tidak diperlukan. Hal yang sama terjadi pula karena dorongan rasa senang dan semangat menyambut kedatangan malaikat kecil.

Ambil nafas, mari kita lihat dari awal. Mayoritas penduduk Indonesia memakai mobil sebagai transportasi, meski ada beberapa menggunakan motor, namun menyambut bayi baru lahir akan sangat disarankan menggunakan kendaraan roda empat. Debu, dan polusi bukan hal pertama yang anak anda ingin rasakan dari buruknya dunia. Terlalu dini baginya melihat sisi gelap dari bumi. Produk tempat duduk bayi akan sangat diperlukan pada saat ini. Bentuknya seperti kursi mini dengan sabuk pengaman tersendiri untuknya. Ketika masih kecil, memang berat badan masih ringan sehingga bunda masih kuat menggendong. Harap diingat bayi tumbuh dengan sangat cepat. Akan tiba masa dimana tubuh bayi benar benar besar sehingga anda berharap ada kursi bayi tempat dimana anda meletakkan si kecil tanpa khawatir selama berkendara. Anda tentu sadar diri betapa banyak keperluan dalam mobil, bahkan jika anda tinggal di kota besar, separuh hidup anda bergantung pada kendaraan roda empat?

Urusan mobil boleh saja sudah selesai. Sekarang tiba saatnya memperkenalkan bayi pada rumahnya di dunia. Seperti yang kita tahu, tempat tinggal satu – satunya bayi terletak pada rahim. Ketika anda turun dari mobil, menggendong bayi bukan masalah mengajak bayi berkeliling rumah. Tapi, kala keluarga besar sudah datang dimana anda harus membawa bayi berkeliling, troli bayi akan menjadi sahabat anda. Tidak hanya meringankan beban anda untuk tidak menggendong bayi kemana – mana, troli bayi juga sangat nyaman untuk bayi. Anda bisa saja bersantai membawa bayi kemana – mana dan tanpa sadar, malaikat kecil anda sudah tertidur lelap dan tidak rewel. Sekarang, sudah banyak jenis troli dengan berbagai macam ukuran, bahkan untuk bayi kembar sekalipun.

Menyusui memiliki banyak manfaat. Mulai dari menyehatkan bayi, menghindarkan bunda dari derita menopause, sampai dengan menghemat biaya vaksin. Terlepas dari berbagai manfaat yang anda maupun bayi terima, menyusui itu memang melelahkan. Bagaimana tidak? ‘isi’ tubuh anda terserap oleh bayi ditambah dengan kenyataan anda harus siap menggendong bayi selama setengah jam lamanya bukan urusan mudah. Tangan pegal, dengan ditambah kondisi tubuh lelah. Anda akan mencapai titik dimana anda berharap mampu menyusui bayi dalam posisi tidur, apalagi jika anda dianugrahi anak kembar. Asal anda tahu saja, sebenarnya ada produk yang sangat memudahkan pekerjaan anda, yakni bantal menyusui. Produk satu ini dirancang agar seempuk lengan ibu saat memeluk bayi. Anda bisa menggunakan bantal bayi sambil tiduran dengan meletakkan bayi diatas bantal sambil menyodorkan payudara. Dijamin tidak mudah lelah dan anda lebih nyaman.

Salah satu tantangan menjadi orang tua yakni ketika bayi buang air besar atau bahasa tradisionalnya “cepirit” dan buang air kecil alias ngompol. Pada saat anda pertama kali sadar ada kotoran keluar dari tubuh bayi, apalagi di kerumunan banyak orang, anda baru sadar pentingnya popok bayi. Apapun alasannya, popok bayi menjadi prioritas utama. Bayi berusia 1 bulan hingga 3 bulan biasanya mengeluarkan kotoran paling tidak 8 kali dalam sehari! Angka yang cukup fantastis belum termasuk ngompol dan sebagainya. Jika ini anak pertama anda, cobalah tidak terburu – buru berfokus pada 1 merek atau jenis popok bayi. Cobalah berbagai jenis, merek, dan ukuran popok pada saat persiapan menyambut si kecil. Beberapa kasus menunjukkan kulit bayi cukup sensitive dan ekslusif sehingga memilih popok yang cocok untuk malaikat kecil anda bak penggila sepatu mencari pasangan yang pas untuk menghias kakinya. Warna merah di kulit, dan raungan bayi bisa menjadi tanda bahwa si kecil tidak menyukai popok yang ia pakai. Bisa anda bayangkan jika anda sudah membeli beragam stok untuk beberapa hari kedepan dan ternyata tidak sesuai dengan kondisi bayi?

Era modern menuntut orang tua selalu berpergian dengan bayi, terlebih jika ayah dan bunda lebih senang menjaga malaikat kecilnya dibanding menyerahkan segalanya pada jasa pengasuh. Melihat daftar diatas tentu hari anda sudah lebih selamat. Ketika anda masuk mobil, sudah siap kursi untuk melindungi bayi. Sampai tempat tujuan, anda tidak lagi menggendong si kecil kemana – mana. Anda tinggal menata malaikat kecil anda di troli, anda nyaman, bayi senang. Orang – orang mungkin mengkerumuni bayi anda yang memang memikat hati, tanpa terganggu dengan cairan tak diundang alias ompol. Kala bayi melepaskan ‘bom’ alias buang air besar, anda hanya perlu mencari tempat membersihkan dan mengganti popok bayi. Apakah sudah lengkap? Sepertinya anda melupakan tas bayi! Ya, tas yang dirancang untuk menyimpan perlengkapan bayi wajib anda punyai agar tidak ribet tiap mau pergi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *