Dengar Dulu Penjelasan Dari Pakar Kesehatan Ibu Hamil Tentang Vitamin A

vitamin bagi kesehatan ibu hamil

www.ibudanbalita.com

Jika berbicara tentang kesehatan ibu hamil, maka rujukannya haruslah dari sang ahli seperti perawat, bidan, atau dokter kandungan. Jangan asal-asalan.

Dan salah satu situs yang menyediakan informasi paling kredible tentang kesehatan kehamilan adalah situs ibu dan balita. Situs tersebut dikelola oleh pakarnya. Selain mendapatkan informasi kesehatan terpercaya, ibu juga bisa melakukan konsultasi online dengan dokter kandungan.

Seperti contoh mengenai vitamin A. Jika awam tentang ilmu kesehatan ibu hamil, pasti mengira vitamin A ini tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan janin di dalam kandungan, kan? Padahal, bisa saja masalah pada saat hamil disebabkan oleh vitamin A lho.

Sisi Baik Vitamin A

Pada artikel tentang manfaat vitamin A untuk ibu hamil yang di posting di situs www.ibudanbalita.com, sudah dijelaskan bawasannya vitamin A sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Setidaknya ada dua manfaat utama. Yang pertama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu. Dan yang kedua untuk membuat perkembangan bayi di dalam kandungan optimal.

Ini yang diketahui oleh kebanyakan ibu hamil. Namun, tahukah ibu jika ternyata vitamin A bisa juga mengakibatkan masalah dengan kesehatan ibu hamil?

Ini tidak beda dengan protein. Di satu sisi, protein dibutuhkan untuk memastikan organ tubuh bayi di dalam kandungan berkembang normal. Dengan demikian, bayi dilahirkan dalam keadaan normal dan sempurna tanpa ada catat fisik. Tapi, di sisi lain, ada juga lho efek buruk dari protein.

Dan ini juga berlaku untuk vitamin A.

Sisi Buruk Vitamin A

Harus menjadi catatan bawasannya efek buruk ini mungkin terjadi. Namun, mungkin juga tidak. Yang menjadi perhatian adalah bagaimana mencegah kemungkinan buruk itu terjadi.

Fakta ilmiah menunjukkan ternyata vitamin ini bisa memperburuk kesehatan kehamilan. Hal ini bisa terjadi jika ibu hamil mendapatkan asupan vitamin A berlebihan. Sayangnya, tidak banyak yang tahu apakah ibu hamil kelebihan vitamin A atau tidak.

Menurut ahli kesehatan ibu hamil, kebutuhan vitamin A harian ibu hamil hanya sekitar 770 mg per hari saja. Dan kebutuhan ini bisa tercukup jika seorang ibu hamil mengkonsumsi telur dan sayuran hijau setiap hari.

Yang dikhawatirkan adalah ketika seorang ibu hamil menggunakan kosmetik atau obat jerawat yang rata-rata kandungan vitamin A nya sangat tinggi. Inilah yang perlu diantisipasi.

Kelebihan vitamin A tidak hanya buruk bagi kesehatan seorang ibu hamil saja, tapi juga bagi janin. Menurut penelitian, ada bayi yang lahir dalam keadaan cacat lantaran ibu hamil mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak kandungan vitamin A-nya. Dan yang lebih parah lagi, bayi yang dilahirkan juga ada yang mengalami keracunan hati.

Tentu hal buruk tersebut tidak ibu inginkan, bukan? Oleh sebab itu, ada dua hal yang penting untuk ibu perhatikan.

Yang pertama, pastikan ibu konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan satu kali dalam satu bulan. Konsultasi ini diperlukan untuk memastikan tidak hanya nutrisi ibu hamil terpenuhi tapi juga kandungan gizi tidak berlebihan, terutama vitamin A.

Yang kedua, ibu juga perlu memasak makanan yang bervariasi. Memasak makanan yang hampir sama setiap hari akan membuat ibu beresiko mengalami kelebihan gizi tertentu. Lain hal jika menu makanan bervariasi. Selain menghilangkan resiko mendapatkan asupan gizi berlebihan, ibu juga bisa mendapatkan semua nutrisi yang ibu butuhkan selama masa kehamilan mengingat tidak semua kandungan nutrisi ibu hamil terdapat pada satu jenis makanan.

Sesekali ibu bisa juga mengunjungi www.ibudanbalita.com untuk berkonsultasi tentang kesehatan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *