Diskusi Kehamilan! Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Selama Masa Kehamilan

konsultasi tentang kehamilan

www.ibudanbalita.com

Selama masa kehamilan selalu melakukan diskusi kehamilan dengan dokter kandungan sangat penting untuk dilakukan. Tentunya Bunda tidak menginginkan jika lantaran keteledoran Bunda menyebabkan janin yang ada di perut terancam.

Selain itu, selalu update info kehamilan juga harus Bunda lakukan. Apalagi saat ini sudah banyak forum-forum diskusi yang bisa Bunda ikuti. Tidak perlu repot-repot mendatangi forum-forum diskusi seperti itu, sebab hanya dengan memanfaatkan smartphone, Bunda bisa dengan leluasa mengaksesnya.

Selain rutin memeriksakan kehamilan, mengikuti forum diskusi seputar kehamilan juga harus Bunda lakukan. Kenapa? Sebab dengan mengikuti forum-forum diskusi seperti ini Bunda bisa lebih tahu lagi perihal apa saja terkait dengan kehamilan.

Jangan pernah pasif dalam urusan yang satu ini. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali hamil. Tentunya banyak sekali permasalahan seputar kehamilan yang belum Anda ketahui.

Memang benar semua permasalahan ini bisa Anda konsultasikan dengan dokter kandungan, namun ada kalanya ibu hamil mendapati permasalahan yang membuat malu jika harus ditanyakan  ke dokter kandungan.

Nah, di sini Anda bisa merasakan pentingnya ikut gabung forum diskusi masalah kehamilan. Sebab Anda tentunya tidak akan sungkan lagi untuk bertanya apapun terkait dengan kehamilan lantaran dilakukan via online.

Bolehlah Ibu Hamil Memakai Sepatu Hak Tinggi?

Bagi Anda yang sudah terbiasa mengenakan sepatu hak tinggi pasti serasa ada yang kurang jika tidak memaikannya. Pertanyaannya sekarang adalah berbahayakan mengenakan sepatu hak tinggi untuk wanita yang sedang hamil?

Perlu Bunda tahu bahwa ternyata sepatu hak tinggi bisa menyebabkan peregangan otot-otot di daerah pinggang. Di sisi lain, ibu hamil sering sekali mengeluhkan adanya rasa sakit dan pegal di sekitar pinggangnya?

Kondisi seperti ini lumrah terjadi kepada semua wanita yang sedang mengandung. Mengapa demikian? Kondisi seperti ini disebabkan ketika hamil akan terjadi perubahan posisi tubuh, dimanan tubuh akan condong ke depan.

Perubahan posisi tubuh seperti ini akan membuat ibu hamil berusaha untuk menegakkan tubuhnya dengan cara meregangkan otot pinggang dan juga punggungnya. Lantas apa hubungannya dengan pemakaian sepatu hak tinggi?

Jika ibu menggunakan sepatu hak tinggi, peregangan otot di daerah pinggang dan punggung bisa semakin bertambah. Kondisi ini disebabkan beban ke depan menjadi semakin banyak, yang berasal dari kehamilan serta sepatu hak tinggi.

Kondisi inilah yang akan menyebabkan pinggang dan juga punggung ibu terasa cepat lelah dan semakin sakit. Lantatas sepatu model apa yang cocok untuk ibu hamil? Inilah pentingnya konsultasi kehamilan dengan doketer kandungan Anda. Dengan konsulatasi, ibu akan mendapatkan jawaban yang tepat dari dokter kandungan ibu.

Bolehkan Wanita Hamil Menggunakan Obat Anti Nyamuk?

Perlu Bunda tahu, obat anti nyamuk ada kandungan bahan kimia aktif yang termasuk golongan dari pestisida. Efek samping dari zat kimia seperti ini antara lain adalah bisa memicu kerusakan saraf.

Bahkan obat anti nyamuk semprot di dalamnya mengandung minyak tanah yang bisa beresiko menyebabkan kesusakan pada ginjal janin. Sedangkan untuk obat anti nyamuk dalam bentuk lotion maupun oles di dalamnya mengandung bahan korosif yang akan diserap oleh kulit dan pada akhirnya akan menjadi racun dalam tubuh.

Oleh sebab itu, penggunaan obat anti nyamuk baik dalam bentuk oles atau lotion, bakar, listrik, dan semprot sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Tetapi faktanya masih banyak ibu hamil yang belum paham hal seperti ini. Itulah kenapa menjadi sangat penting untuk selalu melakukan konsultasi masalah kehamilan dengan dokter kandungan.

Bolehkan Ibu Hamil Naik Mobil Atau Motor?

Banyak sekali pertanyaan terkait dengan boleh tidaknya ibu hamil mengendarai sepeda motor atau mobil. Bahkan banyak yang beranggapan jika ibu hamil tidak boleh mengendarai sepeda motor maupun mobil.

Bernarkah pendapat seperti ini? Dari banyaknya forum diskusi tentang kehamilan, rata-rata ketika ada pertanyaan seperti ini jawabannya adalah sebenarnya bukan mengendarai sepeda motor atau mobil yang tidak boleh, tetapi yang dilarang adalah naik motor atau mobil melewati jalan yang rusak.

Memangnya kenapa? Hal seperti ini bisa menyebabkan guncangan pada kehamilan. Guncangan yang terlalu sering akan memberikan trauma kehamilan. Bukan hanya itu saja, guncangan seperti ini bisa membuat otot punggung, pinggang, perut, serta paha ibu meregang sehingga pada akhirnya ibu akan mudah mengalami kelelahan.

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Obat-obatan Tanpa Resep Dari Dokter?

Perlu ibu pahami bahwa obat yang ibu konsumsi bisa masuk ke dalam plasenta serta sirkulasi janin. Bahkan ada jenis obat yang bisa disekresi melalui ASI sehingga kadarnya baik di dalam tubuh bayi dan yang ada di dalam darah ibu hampir sama. Kondisi seperti ini dalam beberapa situasi bisa membahayakan bayi.

Namun sebenarnya ada jenis obat yang boleh diminum selama masa kehamilan. Tetapi ada juga beberapa jenis obat yang tidak boleh diminum sebab beresiko membahayakan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan.

Diskusi tentang kehamilan seperti ini wajib untuk ibu lakukan. Sebab sudah pasti ibu tidak hafal semua jenis obat yang aman dan yang tidak aman dikonsumsi selama masa kehamilan.

Bolehkan Melakukan Diet Saat Hamil?

Pada dasarnya, melakukan diet selama masa kehamilan bisa membahayakan ibu dan janin. Alasannya adalah diet pada saat hamil bisa menyebabkan ibu dan janin kekurangan gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan.

Tetapi jika ibu benar-benar ingin diet, coba diskusikan dulu dengan dokter kandungan ibu. Apakah boleh atau tidak. Mungkin saja ada cara diet untuk wanita hamil yang aman dan tidak membahayakan ibu dan janin.

Pada dasarnya, informasi-informasi seputar kehamilan tidak harus dari dokter kandungan ibu. Apalagi saat ini banyak sekali forum diskusi kehamilan yang bisa dengan mudah Ibu ikuti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *