Fakta Atau Mitos Jika Produk Frisian Flag Menyebabkan Batuk Dan Ruam Kulit

manfaat DHA

Source: The New Born Baby

Banyak sekali jenis susu produk Frisian Flag untuk ibu dan bayi. Meskipun sudah terbukti khasiat dan keamanannya, tetapi masih banyak yang berpikir jika susu yang diminum oleh bayi bisa menyebabkan batuk dan ruam kemerahan pada kulit bayi.

Pertanyaannya sekarang adalah fatka ataukah mitos? Telepas dari semua itu, Bunda pastinya sangat setuju jika susu ini merupakan makanan yang sangat sehat dengan kandungan paling lengkap guna mendukung tumbuh kembang si kecil.

Mulai dari kandungan nutrisi, vitamin, serta zat pelindung lain yang memang sangat dibuthkan oleh tumbuh kembang buah hati tercinta. Tetapi tidak jarang susu juga disalahkan atas timbulnya suatu gangguan kesehatan maupun alergi yang dialami oleh si kecil.

Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah apakah semua produk susu formula yang harus disalahkan? Tentunya sangat tidak etis jika Anda memiliki pemikiran seperti ini. Tentunya sebagai orang tua Anda harus bisa berpikir lebih rasional lagi.

Benarkah Produk Susu Formula Penyebab Batuk Dan Ruam Kulit

Memang benar, beberapa bayi memiliki toleransi sangat rendah pada susu, terutama susu sapi. Kondisi seperti inilah yang sebenarnya membuat tubuhnya bereaksi dengan keras saat meminum susu sapi.

Dan pada umumnya bayi yang alergi terhadap susu sapi inilah yang akan mengalami batuk, sakit perut, serta ruam kemerahan pada kulit. Jadi yang perlu ditekankan di sini adalah tidak melulu batuk dan ruam pada kulit bayi penyebabnya adalah susu formula, misalnya saja susu produk dari Frisian Flag.

Memang benar, ruang pada kulit bayi kemungkinan berasal dari susu yang dikonsumsinya. Tetapi ini hanyalah kemungkinan saja. Jadi bisa saja benar dan salah. Oleh sebab itu Bunda jangan membuat kesimpulan terlebih dahulu jika penyebabnya adalah susu yang diminumnya.

Ruam yang disebabkan karena susu ini sebenarnya merupakan gejala pada saat tubuh si kecil mengeluarkan histamin sebagai antibodi guna melawan protein susu. Pada saat inilah kemudian peradangan muncul dan selanjutnya membuat ruam kemerahan pada kulit bayi.

Tatapi yang perlu Bunda pahami adalah ini terjadi hanya pada bayi yang memang memiliki toleransi lemah terhadap laktisa dalam susu yang dikonsumsinya. Namun si kecil biasanya tidak ada masalah jika yang diminum adalah ASI maupun susu kedelai.

Dan ada fakta menarik lainnya yang penting untuk Bunda pahami juga, bahwa berdasarkan dari hasil penelitian ternyata susu ini tidak memicu terjadinya asma maupun alergi pernapasan.

Dan jika si kecil batuk pada saat munum produk susu formula lebih disebabkan karena si kecil minum susu dengan suhu yang rendan atau dingin. Oleh sebab itu kecil sekali kemungkinan bayi akan batuk jika minum susu hangat.

Kecuali jika memang si kecil memiliki toleransi yang rendah terhadap susu formula seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Maka potensi si kecil batuk pada saat minum susu akan sangat besar.

Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Formula

Sebenarnya bisa saja bayi alergi terhadap susu formula. Pada saat alergi menimpa bayi, secara otomatis sistem kekebalan tubuhnya juga akan melemah. Dikarenakan kekebalan tubuh bayi yang melemah inilah sehingga tidak dapat menerima protein yang terkandung di dalam susu tersebut.

Sebenarnya ciri-ciri bayi alergi susu formula seperti ini mudah sekali diketahui. Dan untuk ciri-cirinya adalah sebagai berikut ini:

  1. Bayi Kesulitan Bernapas

Pada saat si kecil minum susu formula lalu tiba-tiba nafasnya berbunyi maka ini pertanda jika si kecil kesulitan bernapas. Kondisi seperti ini terjadi lantaran saluran pernapasan inilah yang paling sensitif dengan alergi.

Kenapa? Sebab di dalam saluran pernapasan akan banyak lendir pada saat alergi terjadi. Dan parahnya kondisi seperti ini bisa berpotensi menimbulkan asma pada bayi.

  1. Batuk-batuk

Ciri selanjutnya ketika bayi alergi terhadap susu formula seperti halnya produk susu Frisian Flag adalah bayi jadi batuk-batuk. Dan batuk yang terjadi bisa berbentuk batuk berdahak maupun batuk kering.

Awalnya bayi mulai menunjukkan tanda suaranya menjadi serak, kemudian batuknya semakin parah setelah minum susu formula. Jika memang hal seperti ini terejadi pada si kecil, lebih baik segeralah untuk menghentikan konsumsi susu formula tersebut.

  1. Sering Menangis Saat Minum Susu

Memangnya kenapa bisa menangis saat minum susu? Hal ini disebabkan lantaran si kecil merasa sakit dan sesak pada saat minum susu. Tenggorokan yang alergi tadi memberikan respon terhadap protein susu formula yang diminum.

Oleh sebab itu, sangat wajar jika kemudian si kecil menagis pada saat minum susu dikarenakan rasa sakit yang disebabkan oleh alergi pada susu formula.

  1. Bayi Mengalami Diare

Diare ini terjadi lantaran pada saluran pencernaan bayi tidak mampu lagi menerima gula maupun kandungan dari susu formula. Lebih-lebih ada beberapa produk susu formula yang mencampurkan bahan kimia yang tidak bisa diterima oleh si kecil.

  1. Ruam Pada Kulit Bayi

Kulit bayi yang masih sangat lembut dan juga sensitif seperti ini membuat ada gangguan sedikit saja menjadikan ruam kulit. Ruam akibat alergi susu formula berbeda dengan ruam yang diakibatkan keringat.

Umumnya ruam akan dibarengi dengan gatal yang hebat. Bahkan ruam akibat alergi susu seperti ini bisa membuat ruam menumpuk banyak. Dan jika tidak segera diatasi potensi kulit bayi lecet akan semakin besar.

Jadi pada dasarnya tidak semua batuk dan ruam pada kulit bayi ini disebabkan oleh susu formula. Jadi bayi yang mengalami alergi susu formula saja yang akan mengalaminya. Maka dari itu susu formula produk Frisian Flag sudah pasti aman bagi bayi yang tidak ada riwayat alergi pada susu formula.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *